Life, Knowledge, Faith

Computer Software

Posted: September 29th 2012

                    Software komputer terdiri menjadi 2 yaitu software sistem dan software aplikasi. Software sistem merupakan sistem yang mengatur instruksi hardware yang membuat komputer mengerjakan fungsinya. Sedangkan software aplikasi merupakan suatu software yang bekerja dalam suatu sistem software dan berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang spesifik. Program dapat dimengerti oleh hardware karena bahasa programming yang tertulis di program diterjemahkan secara Assembler, Compiler, Intepreter kemudian ditulis dalam bahasa mesin dan diposes CPU. Bahasa programming secara umum merupakan bahasa yang membuat manusia dapat menginstruksikan apa yang dilakukan komputer. Bahasa programming dimulai dengan bahasa biner/bahasa mesin, bahasa assemble, bahasa prosedural, bahasa non-procedural, Intelligent Languages. Perkembangan bahasa pemrograman berusaha mendekati bahasa manusia.

                    Sistem software secara spesifik berisi kendali dan bantuan untuk aktifitas sistem, membantu software aplikasi untuk menggunakan fungsi dasar komputer, memfasilitasi pengembangan, percobaan, dan debugging program, serta bersifat independent atau bebas terhadap aplikasi lain. Umumnya software sistem berupan OS (Operating System) yang berfungsi mengatur kesuluruhan operasi komputer, mengalokasikan waktu dan memori utama dalam CPU untuk program yang berproses dalam komputer, memberikan tatap muka antara pengguna dan hardware. Operating system memiliki process management yang bersifat multitasking, multithread, timesharing, multiprocessing, dan fault tolerance. Multitasking, mampu mengerjakan dua atau lebih program komputer dalam satu waktu. Multithread, mampu mengerjakan dua atau lebih proses dari satu aplikasi. Timesharing, membagi input/output terminal CPU kepada beberapa pengguna. Multiprocessing, memproses menggunakan banyak CPU. Fault tolerance, sistem dapat memproses hasil dan melanjutkan operasi walau terdapat error. Contoh OS yaitu Windows dari Microsoft, Linux, Macintosh OS, dll.

                    Software aplikasi bekerja untuk tujuan yang spesifik dan bekerja sesuai fungsional yang dikerjakan pengguna. Software aplikasi terbagi menjadi 2 jenis yaitu Proprietary application Software dan Off-the-shelf application Software. Proprietary application Software merupakan software yang berfungsi spesifik untuk bisnis atau perusahaan. Off-the-shelf application Software merupakan software yang di kembangkan untuk dijual luas. Off-the-shelf application Software bisa berupa software aplikasi personal seperti Spreadsheets, Data management, Word processing, Dekstop publishing, Graphics, Presentation, Multimedia, Communication, Speech-recognition, Groupware. Software-software secara umum meliki lisensi berupa Copyright dan Licenses. Copyright, hak eksklusif untuk menjual, memproduksi, dan mempublikasikan software tersebut. Namun ada juga yang Freeware atau gratis, Open Systems atau produk komputer yang dapat digunakan bersama, dan Open Source atau kode software ditawarka secara bebas oleh pengembang. Software memiliki perbaruan atau Software Upgrades yang berfungsi untuk memperbaiki bugs, menyesuaikan dengan perkebangan hardware, dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php