Life, Knowledge, Faith

Computer Hardware

Posted: September 18th 2012

Materi kali ini membahas mengenai komponen-komponen hardware computer. Hardware computer dibagi menjadi 4 bagian : CPU (Central Processing Unit), Memory (Primary and secondary storage), input device, output device. Pembahasan utama minggu ini adalah mengenai CPU. CPU secara umum memiliki komponen-komponen yang terdiri dari processor, memory, adapter card, ports, drive bays, power supply.

Adapter card terdiri dari sound card yang mengendalikan processing suara, modem card yang mengatur jaringan internet, video card bagian processing grafis video, network card yang menyambungkan komputer pada jaringan. Ports merupakan tempat untuk menyambungkan perangkat lain ke CPU, contohnya yaitu mouse, printer, keyboard,dll. Power supply adalah tempat sumber daya bagi CPU didapat. Drive Bays merupakan tempat untuk menambah hardware kedalam CPU. Processor terdapat di motherboard bersama dengan adapter card dan memory chips. Processor sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu, control unit, arithmetic-logic unit (ALU), registers, primary storage. Control unit berfungsi memproses instruksi, mengeksekusi instruksi, mengatur aliran data dan data processing. ALU berfungsi untuk mengerjakan komputasi data dan membandingkan data hasil dari control unit. Register berfungsi mengingat data dan instruksi. Register memiliki kecepatan yang tinggi. Proses kerja register yaitu menyimpan instruksi sementara saat di proses, menyimpan data secara sementara sebelum proses, menyimpan data yang diproses ALU, dan menyimpan hasil kalkulasi.

Memori utama adalah komponen elektrik yang menyimpan instruksi, data dan hasil. Terdiri dari 1 atau lebih chips dalam motherboard atau papan sirkuit. Setiap byte dalam memori disimpan di lokasi yang disebut address. Memori terdiri dari primary dan secondary storage. Primary storage menyimpan informasi yang dikerjakan, aplikasi yang dijalankan, dan operation system dari komputer. Menambah kapasitas primary storage bisa meningkatkan performa. Primary storage memiliki beberapa jenis yaitu registe : cepat dan kapasitas terbatas, Random Access Memory (RAM) : penyimpanan instruksi dan data umum, cache memory : penyimpanan antara secondary storage dan RAM ; ukuran kecil hanya beberapa MB. Read-only Memory (ROM) : penyimpanan instruksi permanen yang diperlukan komputer (BIOS). Secondary storage memiliki kapasitas yang besar, lebih lambat, lebih murah, tanpa listrik data tidak hilang, dan berupa optical atau magnetic storage. ROM yang sering digunakan yaitu EEPROM, ROM berisi code programmer yang bisa dihapus secara elektrik.

Siklus instruksi dalam mesin, instruksi dari primary memory diambil oleh CPU, CPU membaca instruksi, ALU menerima data dan instruksi kemudian memproses kalkulasi atau perbandingan, hasil disimpan di primary storage. Kemampuan komputer berdasarkan seberapa cepat melakukan siklus tersebut dalam 1 detik. Faktor-faktor tersebut termasuk, Clock Speed, Word Length, Bus Width, dan Line Width.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php