Life, Knowledge, Faith

IT dalam Organisasi Modern

Posted: September 10th 2012

Materi ini membahas mengenai penggunaan Information System (IS) dalam suatu organisasi. Pembahasan mencangkup konsep, arsitektur, infrastruktur, dan seperti apa Information System (IS) digunakan dalam perusahaan.

Information Infrastruktur adalah fasilitas fisik, services, dan managemen seluruh sumber computer yang digunakan di organisasi. Infrastruktur itu terdiri dari Hardware – Software – Networks – Database – Personal Managemen Informasi. Infrastruktur berfungsi mengintegrasi, mengoperasikan, mengelola, dan merawat seluruh computer.

Information Architecture merupakan struktur yang lebih tinggi yang berfungsi memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan organisasi dan mengatur informasi itu supaya dapat digunakan. Hal ini membantu supaya Information Technologies organisasi cocok dengan strategi bisnis yang diperlukan.

Jenis-jenis Information System (IS)  yang digunakan dalam organisasi sebagai berikut :

Transaction Processing System (TPS) : merupakan sistem yang berada di dasar Information System (IS) organiasasi. Berfungsi mengurusi transaksi bisnis yang memiliki alur kerja collect – store – process. C

Knowledge Management System : berfungsi mengukur sistem secara kualitas dan kuantitas.

Support System :

  • Decision Support System             : berfungsi membantu managerial untuk membuat keputusan.
  • Intelligent Support System          : berfungsi memberi saran/keputusan dengan cara menganalisa data-data sampai ke history kegiatan.

Management Information System (MIS) : Berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan sistem dibawahnya dan untuk membuat keputusan taktis. Contoh : Sebuah distrubutor mobil ingin mengetahui jumlah penjualan dalam setahun dan berapa pendapatan yang diperoleh.

Executive Information System : Suatu sistem tertinggi yang dikendalikan oleh tim eksekutif organisasi untuk membuat keputusan strategis.

Office Automation System : sebuah sistem operasi otomatis yang berfungsi membantu pekerjaan kantor dan pekerja kelas bawah.

End-User Computing : pengunaan atau pengembangan sistem yang dilakukan pengguna hasil keluaran atau output.

Mobile Computing : sistem informasi yang dapat dipergunakan di berbagai tempat termasuk diluar gedung fisik.

Data Warehousing : gudang data atau penyimpanan data dan informasi untuk mendukung kerja sistem lainnya.

Dalam organisasi ada beberapa point penting yang harus dilakukan. Yaitu, tanggung jawab sumber informasi dipegang oleh departemen IS dan end-user. Kemudian, organisasi harus mengatur siapa penanggung jawab setiap bagian. Yaitu seperti bagian perencanan, pembelian, pengembangan, dan perawatan IS. Dan yang terpenting adalah organisasi adalah bagian yang terpenting dan harus diutamakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php