Semakin Berpengetahuan Semakin Bahagia

Penderitaan datang dari kekhawatiran, kekhawatiran datang dari ketidak-pastian dan ketidak-tahuan. Ketidak-tahuan adalah kata sifat negatif dari kata tahu. Kata benda tahu adalah Pengetahuan. Sama halnya dengan rasa takut seseorang terhadap kegelapan. Hal itu disebabkan bahwa ia tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang ada di dalam kegelapan tersebut.

Ini menunjukkan bahwa satu-satunya yang dapat menghantarkan manusia pada kebahagiaan adalah Pengetahuan. Dengan pemahaman ini tidak saja seseorang akan menjadi semakin mencintai kecerdasan dan pengetahuan, ia juga akan semakin bersemangat untuk memahami dan mengenali dirinya. Sebab, secara tidak langsung pengetahuan yang didapatkan atau dipahami oleh seseorang akan membentuk kejiwaan dan karakter orang tersebut. Ini juga akan membuat manusia semakin mengedepankan penemuan solusi dari setiap permasalahan yang ia hadapi dalam kehidupan. Bukankah mereka yang menyerah dari kehidupan dikarenakan tidak adanya semangat untuk menjalani kehidupan ini? Tidak punya harapan dan tidak punya kejelasan tentang masa depan?

Dan yang dapat menyelesaikan problem tersebut adalah pengetahuan.

Namun, apakah pengetahuan datang dengan begitu saja. Mengalir seperti air di sungai-sungai, atau berhembus seperti angin yang mengalun di udara. Ataukah pengetahuan itu berawal dari keisengan dalam membaca suatu artikel dan buku, atau pula bisa jadi berawal dari hobby mengobrol dengan beberapa rekan dalam kehidupan…?

Ada banyak jalan untuk mendapatkan pengetahuan, namun yang pasti adalah bagaimana usaha kita dalam memperoleh pengetahuan tersebut. Karena hal itu akan mempengaruhi sejauh mana kita menghargai dan mencintai pengetahuan tersebut.

Ini bukan soal seberapa tinggi pendidikanmu, melainkan seberapa kamu memahami bahwa manusia benar-benar membutuhkan pengetahuan untuk menjalani kehidupan ini. Walaupun pendidikanmu di perguruan tinggi bisa menjadi salah satu jalan penunjang bagi diri untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Ya, dalam beberapa hal pengetahuan membutuhkan suatu metode atau cara khusus untuk dapat memahami dan menerapkannya dalam kehidupan.

Bukankah pengetahuan adalah seperti cahaya yang menerangkan. Maka dengannya manusia yang berada dalam kegelapan akan menemukan sebuah cahaya harapan yang penuh dengan kejelasan dan kebahagiaan.

Panjang Umur Pengetahuan…