Aktualisasi Informasi

Kenapa CMS WordPress Lebih Populer di Kalangan Pengguna Internet

Posted: May 14th 2019
CMS WordPress

Blogging pernah menjadi primadona kegiatan online  dalam dunia internet. Begitu banyak platform blog yang sempat menjamur di dunia, termasuk di Indonesia. Sebut saja blogspot, multiply, livejournal, vox, WordPress dan lain sebagainya.

Banyak dari platform tersebut yang kemudian harus ditutup. Dua di antaranya adalah Multiply, yang sempat tenar sebagai blog untuk berjualan online, dan juga vox, salah satu platform yang banyak digunakan dalam berbagi berita. Namun melewati puncak kejayaan blogging, yang mana kini kian tergeser dengan vlogging, tersisa nama blogspot dan wordpress yang tidak meredup.

Bahkan, WordPress sudah banyak dimanfaatkan dan dimonetisasi untuk menjadi mesin penghasil uang. Bukan hanya bagi individu, namun juga oleh perusahaan (korporasi). Banyak juga perusahaan jasa website SEO yang membantu untuk membuat WordPress jadi menghasilkan.

Apa Itu Wordpress?

WordPress adalah CMS paling populer di dunia yang digunakan oleh sekitar 59% oleh pengguna website berbasis Content Management System. Sementara jika dibandingkan dengan keseluruhan dari website di Internet, maka WordPress digunakan oleh 25% pengelola website. Sebuah angka yang fantastis tentunya.

Awalnya, WordPress merupakan platform khusus untuk blogging. Namun setelah bertahun-tahun kemudian, WordPress terus tumbuh dan berkembang. WordPress akhirnya menjadi go-to platform bagi mereka yang ingin menciptakan do-it-yourself website tanpa perlu menghubungi developer. Karena begitu dinamisnya fungsi WordPress, dan setiap pengguna bisa berkreasi sesuka hati, banyak pengguna yang tidak beralih pada CMS lain.

Plugins dan Extensions pada WordPress

Dilihat dari jenis plugins dan extensionnya, ada perbedaan dalam stuktur extensions pada WordPress dan Joomla. Lebih spesifik, WordPress mengelompokkan semua extensions di bawah satu istilah besar yang disebut plugins. Karena itu, plugins WordPress dianggap lebih praktis dan tidak ribet.

Plugins adalah bits of software yang diupload dalam rangka untuk memperpanjang dan memperluas fungsionalitas dari situs WordPress. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pada WordPress dengan bantuan plugins. Misalnya untuk membuat portal keanggotaan, online store, sekolah, portfolio, forum diskusi online, menjadi website bisnis, bahkan website berita dan majalah online serta  masih banyak lagi.

Monetisasi WordPress

Salah satu alasan lainnya kenapa WordPress banyak digunakan, karena saat ini, banyak dari pengguna menjadikan WordPress sebagai cara mencari uang. Anda pun tentu bisa untuk memanfaatkan WordPress milik Anda hingga dapat menghasilkan banya uang. Syaratnya, Anda harus bisa mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi pada website Anda.

Sebagus apa pun template yang Anda gunakan pada WordPress Anda, atau seseru apapun konten yang Anda posting, tentunya tidak akan berarti banyak jika tanpa pengunjung. Karena itu artinya, website Anda tidak laku, sama seperti toko yang sehari-harinya sepi pengunjung.

Lantas, bagaimana Anda bisa berjualan kalau kondisi Worpress Anda seperti itu? Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa Anda gunakan, adalah mencoba jasa SEO yang bisa mengotimalkan WordPress untuk bisa dimonetisasi.

Penyedia jasa website SEO akan membantu membuatkan konten yang efektif untuk menarik pengunjung dengan teknik copywriting yang tepat. Sehingga Anda akan bisa melihat hasilnya lebih cepat. Beberapa artikel dengan kualitas SEO yang baik, akan jauh lebih berharga dari setumpuk artikel yang tidak berkualitas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php