Aktualisasi Informasi

5 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Bahan Epoxy Sebagai Pelapis Lantai

Posted: May 15th 2019

Belum banyak yang mengetahui bahwa bahan epoxy memiliki manfaat yang sangat besar dalam bidang industri terutama pembangunan infrastruktur. Bahan epoxy merupakan salah satu bahan kimia resin yang memiliki beragam jenis tergantung pada aplikasinya, resin diperoleh dari suatu proses polimerisasi dan juga epoksida. Biasanya digunakan sebagai bahan perekat, coating, dan campuran pada cat yang dapat diaplikasikan untuk beragam material. Salah satunya adalah sebagai bahan campuran pelapis anti air, yang dikenal dengan waterproofing membrane bakar.

Hampir seluruh penyedia jasa waterproofing membrane bakar menggunakan campuran bahan ini dalam komponennya, terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan menjadi kebutuhan penting industri kontruksi, biasanya dipasang pada dinding beton, balkon bangunan, atau gedung-gedung bertingkat.

Kualitas bahan epoxy sudah tidak diragukan lagi, bahkan hampir seluruh pembangunan infrastruktur menggunakan cat pelapis berbahan epoxy sebagai komponen utama pada pelapis lantai, biasanya sering disebut epoxy lantai atau epoxy coating.

Manfaat Penggunaan Bahan Epoxy Sebagai Pelapis Lantai

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui untuk lebih memahami bahan epoxy sebagai pelapis lantai, atau yang sering disebut epoxy coating, diantaranya adalah:

1. Memiliki Ketahanan yang Kuat

Setelah bahan epoxy diaplikasikan pada banyak material, misalnya pada cat pelapis lantai, maka lantai akan menjadi sangat kuat dan tidak mudah rusak, bahkan jika terjadi adanya benturan atau tekanan.

2. Mengandung Unsur Estetika

Bahan epoxy pada cat pelapis lantai jika digunakan akan membuat lantai menjadi hidup dan sedap dipandang mata. Hal ini karena biasanya cat epoxy memiliki beragam variasi dan warna yang dapat kita pilih sesuai selera.

3. Tidak Terpengaruh oleh Bahan Kimia

Hal yang sangat menarik, meskipun bahan epoxy pada pelapis lantai merupakan bahan kimia, namun faktanya bahan ini tidak akan bereaksi bila terkena paparan bahan kimia lain, sehingga sangat aman dalam pemakaiannya.

4. Merupakan Bahan Kimia yang Aman

Cat pelapis dengan bahan epoxy (waterproofing epoxy coating) sangat terkenal di kalangan industri pabrik maupun pergudangan, hal ini karena bahan epoxy sangat aman dan ramah lingkungan. Mampu bertahan dalam cuaca dan suhu yang ekstrim, bahkan bila terjadi kebakaran tidak akan membahayakan.

Artikel menarik lainnya: Tren Wallpaper Terbaru

5. Dapat Bertahan Lama

Bahan Epoxy memang berkualitas tinggi, faktanya penyedia jasa waterproofing membrane bakar yang merupakan pelapis anti air juga biasa menggunakan campuran bahan ini dalam pengerjaannya. Begitupun pada aplikasinya sebagai cat pelapis lantai, sudah dapat dipastikan lantai akan mampu bertahan sangat lama tanpa adanya kerusakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php