Tips Atur Keuangan Bagi Pemilik Bisnis Kecil

Jika sudah menjalankan bisnis bukan lagi saatnya memikirkan pinjam dana untuk mengembangkan usaha, tetapi yang perlu diperhatikan sebagai fundamental dalam membangun bisnis adalah mengatur keuangan usaha dengan tepat.

Pasalnya masih banyak yang gagal dalam membuat laporan keuangan, apalagi jika diminta untuk menghitung berapa sebenarnya keuntungan dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis yang sudah dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan bagi para pelaku bisnis kecil agar bisnis yang dijalankan bisa stabil dan berusia panjang.

1. Pahami Kondisi Finansial dan Risiko yang Dihadapi

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa kondisi finansial setiap pebisnis berbeda-beda. Ada yang punya modal besar dan berlimpah, tapi ada juga yang menggunakan modal pas-pasan. Bisa berasal dari tabungan atau kepercayaan beberapa investor. 

Nah, kondisi itulah yang harus dipikirkan secara seksama mulai dari besarnya modal, potensi keuntungan, hingga risiko yang dihadapi. Dengan memahami kondisi finansial usaha sendiri, setidaknya ada langkah-langkah dan target tertentu yang harus dicapai untuk menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. 

Dengan memahami kondisi finansial diri sendiri sudah jadi modal utama untuk mengembangkan usaha. Begitu juga dengan risiko yang dihadapi, sehingga sudah sejak dini bisa menyiapkan strategi lain sebelum terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. 

2. Ketahui Biaya Operasional dan Produksi

 Formula kedua adalah memahami berapa sebenarnya biaya operasional atau biaya produksi yang dibutuhkan setiap bulan. Sehingga kita bisa tahu sampai berapa lama lagi usaha masih bisa eksis dijalankan meskipun belum menghasilkan keuntungan. 

3. Buat Sistem Keuangan yang Aman

Sudah cukup banyak aplikasi kasir bahkan alat kasir yang memanfaatkan kecanggihan teknologi serta memberikan jaminan keamanan. Dengan menggunakan teknologi inilah semua transaksi arus masuk dan arus keluar bisa tercatat dengan baik. Sehingga ketika menjalankan bisnis, kita bisa melihat perkembangannya dari waktu ke waktu.

4. Lebih Cermat dalam Melakukan Pembelian

Pengeluaran terbesar dalam menjalankan bisnis adalah saat melakukan pembelian stok atau barang-barang produksi. Perhatikan juga ketika akan menambah aset apakah benar-benar dibutuhkan atau masih bisa digantikan dengan menyewa dengan biaya lebih murah karena bebas biaya perawatan. Hal-hal seperti itulah yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembelian. 

5. Kunci Sukses Bisnis adalah Pengeluaran Terukur

Salah satu kunci bisnis yang paling signifikan adalah melakukan pengeluaran yang terukur dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, tentu semua ada perhitungannya. Semakin besar pengeluaran seharusnya seimbang dengan pendapatan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang alias besar modal daripada untung yang didapatkan.

Terkait soal modal, bagi yang sudah menjalankan bisnis, jangan ragu untuk mengembangkan usahanya jika memang punya potensi dan sedang ada peluang yang tidak bisa ditunda. Modal untuk mengembangkan usaha kini lebih mudah dengan hadirnya fintech yang memberikan kemudahan pinjam dana untuk modal usaha. Salah satunya yang menyediakan kredit limit cukup besar adalah Kredivo. 

Kredivo telah terdaftar dan mendapatkan izin resmi dari OJK. Lewat Kredivo, proses pinjam dana bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi saja. 

Inilah Syarat Mendaftar Sebagai Anggota Kredivo

Mau pinjam dana melalui Kredivo sangat mudah kok. Cukup gunakan aplikasi resminya saja. Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penuhi dulu prasyarat tersebut, agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses persetujuan permohonan pinjam dana untuk usaha lewat Kredivo.

Jika digunakan untuk belanja online, periode cicilannya bisa hingga 12 bulan. Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi keuangan calon debitur.

Untuk bunga pinjaman cepat maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk besaran pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total dana yang dipinjam. Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.  

Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti bayar berbagai tagihan dalam satu akun, belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu.

Itulah beberapa tips atur keuangan bagi para pemilik bisnis kecil. Jika butuh dana untuk pengembangan usaha dari fintech yang beroperasi di Indonesia, pahami cara kerjanya, bunga, biaya admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya. 

JIka tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.