Berbagai Macam Teknik Keterampilan Gerak Jalan Cepat

Berbagai Macam Teknik Keterampilan Gerak Jalan Cepat! Keterampilan gerak jalan cepat merupakan gerak yang dilakukan cukup dengan maju melangkahkan kaki tanpa terputus dengan tanah. Gerak cepat ini merupakan salah satu keterampilan dari cabang atlentik. Yang merupakan bagian dari induk segala cabang olahraga. Hal ini menjad sesuatu yang penting karena sangat berguna bagi kebugaran jasmani anda sendiri.

baca juga artkel lain di : https://blogs.uajy.ac.id/hidayat/

Bagi anda khusunya yang sangat tertarik pada dunia atlentik, harus bisa melatih keterampilan ini dengan sebaik mungkin. Disamping itu, gerak jalan cepat sendiri mempunyai berbagai macam jenisnya yang perlu untuk anda perhatikan dengan benar ketika melakukan gerakan jalan cepat ini. Karena gerak jalan ini sangat bervariatif dan mudah untuk dilakukan.

Dibawah ini ada berbagai macam teknik keterampilan gerak jalan cepat yang perlu anda ketahui untuk bisa dilakukan dalam olahraga atlentik. Tidak hanya itu loh, jika anda mengikuti gerak jalan cepat ini anda juga bisa menggunakan beberapa teknik ini. Mau tahu teknik apa saja yang bisa anda lakukan ketika melakukan gerak jalan cepat? Yuk simak ulasan dibawah ini!

Keterampilan Gerak Start

Teknik utama yang perlu anda perhatikan ketika melakukan gerak jalan cepat ialah gerak start. Dimana dalam melakukan gerakan ini, hal utama yang harus anda lakukan ialah membuat barisan sebanyak tiga saf. Untuk barisan terdepan, berdiri dengan melakukan sikap melangkah pada belakang garis start yang telah tersedia. Anda hanya perlu mencondongkan badan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan lalu selanjutnya berjalan dengan cepat. Jangan lupa, pandangan mata anda juga harus lurus kedepan.

Keterampilan Kaki Jalan Cepat

Teknik keterampilan gerak jalan cepat selanjutnya ialah kaki jalan cepat. Dimana teknik ini dilakukan dengan membentuk barisan sama seperti gerak start yaitu tiga saf dan barisan yang terdepan juga harus berdiri dengan sikap melangkah pada belakang garis start, tidak lupa dengan mencondongkan badan ke depan dan anda hanya perlu mendorong dari kaki bagian belakang pada tumit telapak kaki dan juga jari-jari kaki anda. Jangan lupa anda juga harus meletakkan kaki dengan ringan, gerakan kaki yang anda lakukan cukup dengan mendatar, tidak harus melompat-lompat. Pandangan mata juga harus tetap lurus ke depan.

Keterampilan Gerak Lengan Jalan Cepat

Selanjutnya mengenai teknik keterampilan gerak jalan cepat yang bisa anda gunakan ialah gerak lengan jalan cepat. Barisan yang dibuat sama dengan barisan yang terdapat pada teknik-teknik sebelumnya, cukup dengan membuat barisan tiga saf. Namun teknik gerak ini hanya dilakukan di tempat dengan bahu yang rileks dan tidak tegang. Anda hanya perlu mengayunkan lengan dengan wajar namun ayunan tersebut lebih masuk dan jangan lupa untuk mempertahankan kondisi agar keseimbangan tidak terganggu yaitu dengan menekuk siku kurang lebih 90 derajat.

Untuk info olahraga lainnya, klik https://penjaskes.co.id/ ya!