Hetal’s Blog

Bahaya Kecanduan Game Online, Atasi dengan Langkah-Langkah Berikut

Posted: January 25th 2022

Bahaya kecanduan game online tentu akan berimbas pada tubuh si pemain, baik dalam waktu dekat atau jangka panjang. Kenapa? Apapun sesuatu yang orang lakukan secara berlebihan itu tidak bagus, apalagi sampai kecanduan.

Kecanduan game online dampaknya banyak sekali, mulai dari pengaruh kesehatan fisik hingga kesehatan mental. Game online akan membuat penggunanya tidak melakukan banyak aktivitas fisik.

Sehingga jika tidak mengimbanginya akan berimbas pada metabolisme tubuh yang terganggu. Kaku pada area sekitar leher, punggung, gangguan penglihatan, dan bisa saja mengalami gangguan tidur.

Imbasnya bisa berdampak juga pada psikis atau mental seseorang. Seringkali gamer sampai lupa waktu dan tidak tidur. Hal tersebut bisa memicu stres, sulit mengekspresikan diri, dan kurang sosialisasi.

Langkah-Langkah Mengatasi Bahaya Kecanduan Game Online 

Akan lebih bahaya lagi jika dampak tersebut terjadi pada si kecil yang masih di bawah umur. Pastinya akan sangat mengganggu tumbuh kembangnya nanti saat dewasa. Padahal pertumbuhan si kecil adalah masa yang penting sekali.

Oleh sebab itu, berikut ini kami akan berikan beberapa langkah untuk membantu mengatasi kecanduan game online.

  1. Membulatkan niat yang kuat untuk mau meninggalkan atau mengurangi bermain game;
  2. Membuat jadwal main game dengan tepat, misalnya tidak lebih dari 1 jam setiap hari. Pastikan juga untuk disiplin mentaati aturan itu;
  3. Meletakkan berbagai perangkat game di luar kamar, malah kalau bisa di jual. Jika game ada di dalam smartphone maka silakan uninstall terlebih dahulu. Dan tahan diri Anda agar tidak mengunduhnya lagi;
  4. Mengalihkan pikiran ke hal lain yang lebih positif dan produktif. Atau boleh juga ke aktivitas yang melibatkan fisik. Seperti melakukan hobi yang disukai, olahraga, dan sebagainya;
  5. Memulai untuk melakukan sosialisasi dengan teman atau keluarga di sekitar. Mengajak mereka berkomunikasi adalah cara yang lebih baik;
  6. Jika sudah parah, silakan berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk membantu Anda mengatasi kecanduan tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi bahaya kecanduan slot online terpercaya. Yuk, mulai kontrol diri dengan hal yang lebih bermanfaat demi masa depan yang lebih baik.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Penggunaan Video Game Sebagai Sarana Pendidikan Anak

Go to post

Dampak Bermain Game dengan Prestasi Anak, Orang Tua Harus Tahu

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php