Hetal’s Blog

Penggunaan Video Game Sebagai Sarana Pendidikan Anak

Posted: January 20th 2022

Ternyata game tidak hanya untuk hiburan bermain saja, melainkan sekarang video game sebagai sarana pendidikan anak. Iya, jadi game-game yang anak-anak mainkan dapat menjadi pembelajaran untuk anak juga.

Di era teknologi yang canggih, permainan anak sekarang tidak seperti dulu lagi. Dulu masih banyak yang bermain kelereng, lompat tali, petak umpet, gobak sodor, dan lainnya. Tetapi permainan anak sekarang berupa game COC, Mobile Legends, Lords Mobile, dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua harus berhati-hati untuk memilih game untuk anak tercintanya. Jika tidak akan berdampak fatal yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Sekarang terdapat video game untuk bahan pembelajaran anak. 

Video Game Sebagai Sarana Pendidikan Anak

Video game untuk pendidikan disebut dengan game edukasi. Game edukasi merupakan sebuah perangkat permainan yang telah dibuat untuk konteks pendidikan atau permainan yang menjurus pada hal yang mendidik.

Video game edukasi berfungsi untuk memberikan pelajaran pendidikan pada anak melalui permainan. Sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan akan lebih mudah memahami pelajaran.

Manfaat Video Game Edukasi untuk Anak

Pada saat bermain game, otak akan memikirkan berbagai macam cara untuk menyelesaikan permainan atau permasalahan dalam game tersebut. Bermain game tidak hanya berpengaruh pada otak besar, bahkan otak kecil pun yang dapat memiliki fungsi yang tidak terduga.

Berikut beberapa hal manfaat dan yang dapat terpengaruh ketika bermain video game edukasi:

1. Perkembangan Neurologi

Ketika anak bermain video game berulang ulang maka akan ada perubahan saraf pada otak.

2. Perkembangan Kognitif

Dengan bermain video game edukasi maka anak akan dapat mengatasi permasalahan dari waktu ke waktu.

3. Perkembangan Motorik

Ketika anak bermain dengan tangkas maka sistem motoriknya akan berkembang.

4. Perkembangan Sosial

Si anak akan mampu berinteraksi dengan apa yang ada di sekitarnya. Walaupun, tidak secara nyata hanya secara multiplayer.

5. Perkembangan Bahasa

Dengan bermain game anak akan mengerti bahasa asing maupun lokal. Karena di dalam video game terdapat bahasa asing sehingga akan menuntut anak mengerti dengan bahasa asing.

Oleh karena itu, peran orang tua harus memberikan sesuatu yang terbaik untuk anaknya. dengan menggunakan video game slot online sebagai sarana pendidikan anak, maka anak bisa belajar sambil bermain.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Bahaya Kecanduan Game Online, Atasi dengan Langkah-Langkah Berikut

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php