Campur Aduk

Pertemuan ke 12 : Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Posted: December 10th 2012

Pada pertemuan ke 13 kita membahas data, pengetahuan dan pendukung keputusan. Dan berikut adalah poin-poin penting dari bab ini yang telah saya rangkum. Cekidot!

Apa tugas manajer?

  • Membuat keputusan untuk mencapai tujuan
  • Peran Informational, Peran Interpersonal
  • Mengambil keputusan: entrepreneur, mengetasi permasalahan, mengalokasikan sumber daya, negosiat

Kenapa manajer membutuhkan bantuan IT?

  • Jumlah informasi yg tersedia sangat banyak
  • Pengelolaan informasi secara manual semakin sulit
  • Komputerisasi membantu mengelola hal yg kompleks
Sumber Data :
  • internal
  • personal
  • eksternal

Teknik pengumpulan data :

  • Manual
  • Dengan sensor dan peralatan
  • Scanning atau electronic transfer
Karakteristik high quality data :
  • akurat
  • aman
  • relevan
  • tepat waktu
  • lengkap, dan konsisten
Penyimpanan Data :
  • Basis Data
  • Data warehouse
  • Data mart

Decision Support Systems :
adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

Executive Information Systems :
  • Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif
  • Perlu untuk memonitor tren permasalahan
  • Membutuhkan informasi dari internal dan eksternal
  • Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives
  • user interface yg mudah dipahami
  • Berbasis tampilan grafik
  • Sering terkoneksi dengan layanan informasi online
  • Terintegrasi dengan email
Group Decision Support Systems :
  • Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan
Implementasi GDSS :
  • Pertemuan Face-to-face meetings – menggunakan komputer  dan aplikasi GDSS yang saling terhubung,
  • Corporate ‘war room’ – Informasi di analisa dan tampilkan secara grafis kepada semua anggoyta
  • Support for virtual teams – mendukung proses kolaborasi untuk team yg terpisah secara geografis

Yang dilakukan stored data adalah :

  • Analytical Processing – kegiatan menganalisa data yg sudah terakumulasi
  • Online analytical processing (OLAP)
  • Dilakukan oleh end-user
  • Melibatkan kumpul data besar dengan relasi yg kompleks

Online Analytical Processing (OLAP) :

  • Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets
  • Menganalisa relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis
  • Melibatkan aggregated data (ringkasan dari berbagai kumpulan data)
  • Menampilkan data dari berbagai sudut pandang
  • Melibatkan perhitungan kompleks antara elemen
  • Merespon permintaan user dgn cepat

Yang dapat kita lakukan dengan stored data :

  • Data mining – Pencarian cerdas pada data yg tersimpan di data marts/ warehouses
  • menemukan predictive information
  • Menemukan pola baru (unknown patterns)
  • Memerlukan mining tools yg powerful
  • Mining tools menerapkan teknik komputasi cerdas (learning, intelligence)
Knowledge identification – apa yang penting?
Knowledge discovery and analysis – menemukan & mengorganisir pengetahuan.
Knowledge acquisition – mengumpulkan pengetahuan yg dibutuhkan.
Knowledge distribution and use – memastikan siapa saja yg membutuhkan pengetahuan bisa mengaksesnya.
Establishment of organizational knowledge bases – menyimpan dan mengorganisasikan pengetahuan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php