Campur Aduk

Pertemuan 11 : wireless and mobile

Posted: December 7th 2012

Wireless
Komunikasi nirkabel/wirelles adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung dengan konduktor listrik. Teknologi nirkabel yang paling umum menggunakan telekomunikasi nirkabel elektromagnetik, seperti radio. Dengan gelombang radio jarak bisa pendek, seperti beberapa meter untuk remote control televisi, atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer untuk deep-ruang komunikasi radio. Ini meliputi berbagai jenis aplikasi tetap, mobile, dan portabel, termasuk dua arah radio, telepon selular, personal digital assistant (PDA), dan jaringan nirkabel. Contoh lain dari aplikasi teknologi radio nirkabel termasuk unit GPS, pembuka pintu garasi, tikus komputer nirkabel, keyboard dan headset, headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi dan telepon tanpa kabel.

WLAN (wireless local area network)
adalah jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan beberapa metode distribusi nirkabel (biasanya menyebar-spektrum atau OFDM radio), dan biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses ke internet yang lebih luas. Hal ini memberikan pengguna mobilitas untuk bergerak dalam area cakupan lokal dan masih terhubung ke jaringan. WLAN paling modern didasarkan pada IEEE 802.11 standar, dipasarkan dengan merek nama Wi-Fi.

Mobile Computing
Mobile Computing adalah interaksi komputasi manusia-komputer. Mobile computing melibatkan komunikasi mobile, perangkat handphone biasanya, dan perangkat lunak mobile. Masalah komunikasi termasuk ad-hoc dan jaringan infrastruktur serta properti komunikasi, protokol, dan format data. Hardware mobile computing meliputi perangkat mobile serta perangkat-perangkatnya. Software mobile berkaitan dengan karakteristik dan persyaratan aplikasi mobile.

Wireless Security
Untuk memproteksi wifi agar tida terhack biasanya digunakan cara-cara :
Memblokir jaringan yang tidak sah melalui netslumber.
Memblokir SSIDs.
Mengekripsi wifi dengan WPA.

Sebuah jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan beberapa metode distribusi nirkabel (biasanya menyebarspektrum atau OFDM radio), dan biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses ke internet yang lebih luas. Hal ini memberikan pengguna mobilitas untuk bergerak dalam area cakupan lokal dan masih terhubung ke jaringan. WLAN paling modern didasarkan pada IEEE 802.11 standar, dipasarkan dengan nama merek WiFi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php