heridijajal

Pertemuan 11

Posted: December 1st 2012

Pertemuan 11

Wireless and Mobile

Pada pertemuan 11 ini kuliah PTI membahas semua yang berhubungan dengan piranti mobile, wireless dan lainya.mulai dari jaringan yang digunakan seperti satelite, tipe jaringan yang ada (wimax) sampai alat yang tertanam pada device seperti bluetooth, RFid dll. tidak hanya itu ukuran dari jaringan juga disinggung pada bab ini.karena penggunaan mobile device berhunbungan erat dengan aplikasi yang bersifat bisnis pada perkembangan teknologi mobile atau wireless saat ini.wireless sendiri adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.Standarisasi Jaringan WirelessKarena menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya, makakomponen wireless yang akan Anda gunakan harus memiliki standart frekuensi yangsama. Sehingga walaupun berbeda vendor pembuatnya komponen wireless tersebut tetapdapat berkomunikasi asalkan menggunakan standar frekuensi yang sama. Standarisasi pada jaringan wireless didefinisikan oleh IEEE (institute of Electrical and ElectronicsEngineers) Adapun Standarisasi tersebut adalah :
•IEE 802.11 Legacy yaitu standart jaringan wireless pertama yang bekerja padafrekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimum 2 Mbps
•IEE 802.11b yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyalsampai dengan 30 m.
•IEE 802.11a yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHzdengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.
RFID adalah teknologi identifikasi yang fleksibel, mudah digunakan, dan sangat cocok untuk operasi otomatis. RFID mengkombinasikan keunggulan yang tidak tersedia pada teknologi identifikasi yang lain. RFID dapat disediakan dalam devais yang hanya dapat dibaca saja (Read Only) atau dapat dibaca dan ditulis (Read/Write), tidak memerlukan kontak langsung maupun jalur cahaya untuk dapat beroperasi, dapat berfungsi pada berbagai variasi kondisi lingkungan, dan menyediakan tingkat integritas data yang tinggi. Sebagai tambahan, karena teknologi ini sulit untuk dipalsukan, maka RFID dapat menyediakan tingkat keamanan yang tinggi.Pada sistem RFID umumnya, tag atau transponder ditempelkan pada suatu objek. Setiap tag membawa dapat membawa informasi yang unik, di antaranya: serial number, model, warna, tempat perakitan, dan data lain dari objek tersebut. Ketika tag ini melalui medan yang dihasilkan oleh pembaca RFID yang kompatibel, tag akan mentransmisikan informasi yang ada pada tag kepada pembaca RFID, sehingga proses identifikasi objek dapat dilakukan.
Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang relatif pendek.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php