heridijajal

Pertemuan 5

Posted: September 28th 2012

Software

Perangkat Lunak

Pada minggu ke 5 kuliah PTI dipelajari Type, Perkembangan, Kegunaan, Macam-macam, dan  Bahasa Pembangun Software. Disini software berperan besar sebagai penentu persaingan dalam dunia bisnis dan juga digunakan untuk mengimbangi perkembangan dari hardware. Software memiliki 2 kriteria yang biasanya digunakan pada perangkat computer,yaitu System software yang biasanya digunakan  untuk membuat hardware berfungsi dan Application software digunakan untuk menjalankan sesuatu tugas yang spesifik.
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : microsoft DOS, microsoft windows, ubuntu (linux), macintosh dan yang lainya
Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan dengan sistem operasi. Perangkat lunak ini secara khusus menangani kebutuhan pekerjaan dari pengguna seperti mengetik, membuat tabel, memainkan musik, memutar video, dan browsing internet atau interkoneksi dengan sesama komputer lokal.
Masing-masing program aplikasi komputer dibuat dan dikembangkan secara khusus pada bidangnya masing-masing. Aplikasi perkantoran yang terkenal adalah produk microsoft, yaitu microsoft office.
microsoft office terdiri dari microsoft word untuk mengetik dan pengolah kata, microsoft excel untuk aplikasi tabel dan spreadsheet, dan microsoft powerpoint untuk keperluan presentasi.
jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan dan dari itu sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Dalam arti yang luas, software komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian
Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php