heridijajal

Pertemuan-4 PTI

Posted: September 23rd 2012

COMPUTER HARDWARE
Perangkat Keras Komputer
http://www.zipservice.am/img/services/d308e4a.jpeg
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)

Keyboard alat masukan yang berupa papan dengan tombol alfabet dan numerik dengan berbagai macam tambahan tombol lainnya dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda.
Mouse alat input yang berbentuk seperti tikus digunakan untuk mengerakan kursor pada layar.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

2. Process device (unit Pemrosesan)

CPU (Central Processing Unit) :

Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung.
Prosesor (unit pemprosesan)
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks.
RAM (Random Access Memory)
Merupakan singkatan dari Random Access Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder.
Power Supplay
Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer.

3. Output device (unit keluaran)

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Hardisc
disc

5. Periferal ( unit tambahan)
Modem
Wifi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php