Membaca itu sangat penting, karna wawasan kita berasal dari membaca !!!!!!    helena ftb 2014/2015

Ayo menolong Anoa Yang Terancam Punah !!!!!!!!!!

Posted: December 1st 2018

Bubalus depressicornis

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Artiodactyla
Famili : Bovidae
Genus : Bubalus
Spesies : Bubalus depressicornis

Anoa dataran rendah atau sering disebut Bubalus depressicornis dan dengan bahasa lokal yaitu kerbau kerdil. Anoa adalah hewan endemik Pulau Sulawesi, hewan ini dilindungi di Indonesia dan memiliki status saat ini yaitu keterancaman punah yang sangat tinggi. Jumlah populasi Anoa dataran Rendah tidak diketahui dengan pasti namun diperkirakan kurang dari 2.500 ekor yang hidup terpisah-pisah di beberapa bagian pulau Sulawesi dan Buton. Secara alami tidak mempunyai predator. Penurunan populasi Anoa Dataran Rendah lebih disebabkan oleh perburuan untuk dimanfaatkan dagingnya, konversi hutan menjadi daerah pertanian, pembukaan lahan untuk pertambangan emas, dan aktivitas perambahan hutan lainnya.
Action plan saya:
Dilakukan konservasi eks-situ yaitu sebagai back-up populasi in-situ. Populasi anoa eks-situ akan mendukung populasi anoa yang aman atau sintas viable, yang menjaga dan meminimalisasi efek negatif in-breeding ataupun out-breeding. Populasi anoa eks-situ berfungsi sebagai gene-bank yang mewakili keseluruhan populasi, serta untuk program reintroduksi apabila diperlukan. Untuk mencapai tujuan ini diperkirakan bahwa 90% keragaman genetik harus dipertahankan dalam kurun waktu paling tidak 100 tahun ke depan.
Dikarenakan data yang masih kurang sehingga dibutuhkan informasi penyebaran anoa yang dikumpulkan dari sekitar 60 peserta workshop serta hasil dari berbagai penelitian, laporan dihimpun dan kemudian disajikan dalam suatu peta dimana saja tempat jelajah anoa tersebut.
Tahapan konservasi :
1. Pengolahan habitat dengan cara sosialisasi bersama para bidang konservasi
Stakeholder : Balai setempat seperti taman nasional didaerah sulawesi dan BKSDA.
2. Unit pengolahan yang mempunyai data lengkap sebaran
3. Kawasan prioritas konservasi anoa butuh orang banyak dan juga memliki satu pikiran agar tercapai konservasinya anoa.
Sumber:
Peraturan Menteri Kehutanan No P. 54 Tahun 2013 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Anoa (Bubalus depressicornis dan Bubalus Quarlesi) Tahun 2013-2022.


2 responses to “Ayo menolong Anoa Yang Terancam Punah !!!!!!!!!!”

  1. ansello99 says:

    Artikelnya Menarik dan informatif. Anoa memang harus dilindungi melalui konservasi seperti di sebutkan di dalam uraian, Sukses untuk konservasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php