Membaca itu sangat penting, karna wawasan kita berasal dari membaca !!!!!!    helena ftb 2014/2015

Mau tau burung cantik Goura victoria Bahasa lokal (Burung Mambruk) Asal Papua

Posted: August 28th 2016

Goura victoria

Bahasa lokal (Burung Mambruk)

Asal Papua Burung Mahkota

Mambruk Victoria (Goura victoria)

Apakah kalian penasaran dengan burung cantik yang sampai saat ini hampir punah ? saya akan menjelaskan faktor-faktor apa saja yang membuat burung cantik  ini punah, silahkan dibaca!!!!!!!!!!!!!!!

Menurut IUCN Red List of Threatened Species BirdLife International (2012) hasil data yang diperoleh dari tahun 1988 hingga pada tahun 2012

  1. 2012 – Vulnerable (VU)
  2. 2008 – Vulnerable (VU)
  3. 2004 – Vulnerable (VU)
  4. 2000 – Vulnerable (VU)
  5. 1996 – Vulnerable (VU)
  6. 1994 – Vulnerable (VU)
  7. 1988 – Vulnerable (VU)

Mambruk atau dalam nama ilmiah Goura Victoria adalah sejenis burung yang terdapat didalam suku burung Columbidae. Goura Victoria adalah salah satu dari tiga burung dara mahkota dan merupakan spesies terbesar diantara jenis-jenis burung merpati. Burung Goura Victoria berukuran besar, dengan panjang mencapai 74cm dan memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, jambul seperti kipas dengan ujung putih, dada merah marun keunguan, paruh abu-abu,kaki merah kusam,dan garis tebal berwarna abu-abu disayap dan ujung ekornya. Disekitar mata terdapat topeng hitam dengan iris mata berwarna merah.burung jantan dan betina serupa. Populasi Goura Victoria terebar dihutan dataran rendah, hutan sagu dan dirawa dibagian utara pulau irian jaya.

Burung Goura Victoria berserang diatas dahan pohon. Sarangnya terbuat dari ranting-ranting dan dedaunan. Burung betina biasanya menetaskan sebutir telur berwarna putih.merupakan terestrial spesies. Burung ini mencari makan diatas permukaan tanah. Pakan terdiri dari aneka biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh ditanah. Spesies ini biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok.mempunyai bulu yang menutupi sayap (remiges), bulu menutupi ekor (rektrices),bu;u yang menutupi truncus (tectrices), dan bulu yang menutupi paha dan kaki (parapterum). Kaki bertipe paaerine (posisi jari 3 kedepan dan 1 jari kebelakang). Ekor panjang dan memakan biji-bijian (victoria crowned pigeon,2012)

Sistem pencernaan meliputi tombolok (crop), lambung kelenjar, dan lambung muskular (gizzard empedal), 2 buah secum, usus besar, dan kloaka. Sistem sirkuler yaitu dengan jantung berdiri dari 2 aurikel dan 2 ventrikel. Respirasi dengan paru-paru yang berhubungan dengan sejumlah kantung-kantungudara. Kantung udara berfungsi untuk membantu burung bernafas saat terbang serta melindungi bagian jantung. Sistem ekskresi dengan ginjal bertipe mesonefros. Fertilisasi internal dengan dioceus yaitu alat kelamin jantan dan betina terpisah. Bersifat ovipar yaitu dengan cara bertelur (David Gibbs dan Eustace Barnes 2001).

Disebut burung dara mahkota karena memiliki mahkota yang indah terutama Gaura victoria sehingga penduduk papua menjadikan satwa ini sebagai burung hias atau burung piaraan bahkan lambang salah satu kabupaten dipapua (kabupaten manokwari). Selain aspek keindahan burung ini mempunyai bentuk relatif besar hampir sama dengan ayam jantan sehingga oleh masyarakat setempet memburu untuk dikonsumsi atau dijual guna menambah penghasilan keluarga. Intensitas perburuan burung ini tergolong cukup tinggi sehingga mengancam kepunahan satwa (David Gibbs dan Eustace Barnes 2001).

Akibat perburuan,penangkapan secara liar dan perusakan habitat alam karena penebangan hutan oleh perusahaan-perusahaan dibidang perkayuan atau perusahaan –perusahaan lainnya serta pembentukan lahan pertanian secara berpindah-pindah oleh masyarakat,akibat ketersediaan sumber makanan semakin berkurang sehingga mengganggu perkembangbiakan dialam. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pelestarian melalui penangkaran (konservasi). Dalamproser konservasi (budidaya) pakan erupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangbiakan burung dara mahkota victoria.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

BirdLife International (2012). Goura victoria. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Retrieved 26 November 2013.

victoria crowned pigeon – Calling and Displaying. YouTube (2012-04-25). Retrieved on 2012-08-23.

David Gibbs, Eustace Barnes & John Cox. “A Guide to the Pigeons and Doves of the World”. Yale University Press (2001), ISBN 0-300-07886-2.

Victoria crowned pigeon. Toronto Zoo. Retrieved on 2012-08-23.

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php