handpump06

Hoka-Hoka Bento

Posted: May 26th 2018

 

Hokbe (Hoka-Hoka Bento) merupakan makanan cepat saji yang menyajikan makanan jepang yang berbasis dijakarta,Indonesia. Hokben pada pertama kali dibangun oleh PT.Eka Bogainti pada tahun 1985 . Hokben ini didirikan oleh Hendra Arifin .  menyajikan makanan bergaya jepang variatif , higienis , cepat saji denngan harga yang relatif terjangkau serta suasana yang nyaman . Hal ini menjadikan Hokben menjadi restoran jepang cepat saji tersebesar di Indonesia . Hendra Arifin mengembangkan restoran cepat saji ini bergaya jepang karena dengan gaya ini belum ada di indonesia . Awal nya hokben ini berbisnis dengan take away (pesan ambil / bawa pulang).

Logo Hokben merupakan 2 anak kecil.yaitu Taro : anak laki-laki  dan Hanako : anak perempuan . Kedua karakter ini menjadikan logo sekaligus maskot restoran . Hokben juga menerapkan 5S(Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) atau dalam bahasa indonesia 5R(Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin).

  1. Ringkas : memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpan.
  2. Rapi : menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat diperlukan dengan mudah. Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan dimana benda-benda harus diletakkan untuk mempercepat waktu untuk memperoleh barang tersebut.
  3. Resik : membersihkan tempat/lingkungan kerja, mesin/peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat debu dan kotoran. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap orang dari CEO hingga pada tingkat office boy.
  4. Rawat : mempertahankan hasil yang telah dicapai pada 3R sebelumnya.
  5. Rajin : kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. RAJIN di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di tempat kerja. Prinsip RAJIN di tempat kerja adalah “LAKUKAN APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN JANGAN MELAKUKAN APA YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN”.

Pada Hokben juga ada community pattern pada dinding hokben , yang memiliki arti sendiri-sendiri

  1. Parent and Kid : Simbol ini menggambarkan rasa sayang orang tua kepada anaknya.Dikarenakan Hokben ini restoran yang cocok untuk keluarga
  2. Welcoming Hello : Jika diperhatikan baik-baik, simbol ini menggambarkan orang yang sedang melambaikan tangannya . Artinya selalu menerima dengan ramah customers yang datang ke HokBen.
  3. Friendship : Simbol ini menggambarkan kedekatan dua orang bagaikan sahabat . Maksud dari simbol ini adalah HokBen merupakan tempat yang tepat untuk berbagi waktu dengan para sahabat, sambil menikmati sajian hokben yang lezat dan bergizi.
  4. Respect : Simbol ini menggambarkan orang yang sedang membungkuk untuk memberikan salam, sesuai dengan budaya Jepang . Maksud dari simbol ini adalah hokben selalu menghormati customers yang datang.
  5. Pride : Pride artinya kebanggaan . Maksud dari simbol ini adalah kita harus merasa bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar HokBen yang kredibilitasnya terjaga dengan baik, dan menjadi brand yang dipercaya oleh customers untuk menjadi bagian yang tak terlupakan oleh seluruh keluarga, sahabat dan kerabatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php