handpump06

Creating a Cube in Manajemen Bisnis

Posted: May 24th 2018

    1. Globalization Strategy : Strategi dimana dunia adalah pasar besar sehingga membuat produk standart dan iklan sebanyak mungkin
    2. Multidomestic Strategy : Strategi yang mengkostumisakan produk dan iklan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan lokal
    3. Transnational Strategy : Strategi yang mencari efisiensi global dengan cara memperhatikan pasar lokal
  1. Strategi Alliances :Alianas yang terdiri dari dua tau lebih organisasi yang bekerja sama untuk mencapai tujuan mepentingkan bersama
    1. Out sourcing Alliance : satu organisasi kontrak untuk membeli layanan penting , seperti IT , SDM dan lainnya
    2. Supplier Alliance : Hubungan antar pemasok yang menjamin aliran pasokan yang berkualitas , lancar dan tepat waktu diantara para mitra
    3. Distribution Alliance : perusahaan bergabung bersama sebagai mitra untuk menjual dan mendistribusikan produk/jasa
  2. Co-operttion adalah salah satu cara bekerja dengan rival projek yang saling menguntungkan. yaitu meretas dapat bekerja sama satu sama lain walaupun sebenernya mereka bersaing . (Contoh T*y*ta dan D*ih*tsuĀ adalah perusahaan mobil yang bersaing namun mereka bekerja sama dalam membuat mobil yang sama)
  3. Differentiation strategy adalah suatu strategi dimana perusahaan berusaha meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menciptakan perbedaan yang unik diantara produknya dengan produk perusahaan pesaing(contoh : Apple jelas memiliki perbedaan dengan pesaingnya,salah satunya ia menggunakan Sistem Operasi yang berbeda dengan yang lain, yaitu IOS)
  4. Cost Leadership adalah strategi kepemimpinan dengan mencari keunggulan kompetitif dengan beroperasi dengan biaya lebih rendah dari pada pesaing(contoh:mitsubishi mengeluarkan mobil Expander dengan fitur yang melebihi dari pesaingnya namun dengan harga yang terjangkau untuk fitur tersebut)
  5. Focus Strategy adalah berfokus untuk melayani segmen oasar yang unik dimana lebih baik dari yang lain.Macam-macam focus strategy:
    1. Focused defferentiation strategy :menawarkan produk yang unik ke segmen pasar . (contoh:maskapai penerbangan G*ruda berfokus pada masyarakat yang bergolongan menengah ke atas)
    2. Focus cost leadership : Mencarai biaya operasi terendah dalam segmen pasar khusus(contoh:maskapai penerbangan masih mendapat keuntungan dengan harga terendah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php