Hana Yanita

PTI-03 IT dalam Organisasi Modern

Posted: September 17th 2012

INFORMATION TECHNOLOGIES IN MODERN ORGANIZATIONS

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai sistem informasi arsitektur dan infrastruktur,  deskripsi dari struktur hierarki organisasi yang sesuai dengan IS nya masing-masing, dukungan yang diberikan kepada berbagai jenis karyawan dalam sebuah organisasi, dan bagaimana sumber daya informasi yang dikelola.

Sebelum menjelaskan tentang IT dan penglolaannya, kita perlu tahu konsep dasarnya yang sangat penting ini, yaitu :

        1.  Information Infrastruktur

Merupakan fasilitas-fasilitas fisik, jasa, dan pengaturan yang mendukung semua sumber daya komputasi organisasi. Supaya lebih mudah memahami, kita ambil saja contoh misal kita ada di kelas, infrastruktur yang dibutuhkan adalah meja, kursi, dan papan tulis. Seperti halnya di atas, dalam sistem informasi kita membutuhkan informasi infrastruktur berupa computer hardware, General-purpose software, Networks and communications facilities, Databases, Information management personnel. Informasi infrastruktur lebih menekankan tentang ”What”/ apa saja yang dibutuhkan. Informasi infrastruktur dapat menetapkan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi dan memberitahu bagaimana sumber daya komputasi spesifik diatur, dioperasikan, dan dikelola.

       2.  Information Architecture

Informasi arsitektur lebih mendeskripsikan tentang ”How” atau bagaimana kebutuhan-kebutuhan informasi dalam organisasi terpenuhi atau terwujud dalam rancangan tingkat tinggi yang merupakan informasi arsitektur itu sendiri. Informasi arsitektur merupakan gabungan dari kebutuhan informasi yang sudah ada, informasi infrastruktur yang sudah direncanakan, dan aplikasi software. Informasi arsitektur ini dibuat untuk membantu meyakinkan bahwa IT itu sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Nah, setelah mengetahui konsep di atas kita akan mempelajari tentang sistem informasi. Masih ingatkah anda apa itu sistem informasi? Jika tidak, saya akan mengulas kembali apa itu sistem informasi.

Sistem Informasi (Information Systems) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.(Turban & Rainer, 2003)

IS dibagi menjadi 8 jenis, antara lain:

  •  Transaction Processing System

TPS adalah system yang memproses transaksi. Sistem ini mendukung even-even rutin dalam bisnis. Sistem ini sangat penting untuk kelancaran dan kesuksesan bisnis, bisa bersifat rumit dan kompleks, dan menjadi dasar untuk pengembangan sistem yang lain.

Tugasnya : mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data tentang transaksi bisnis sehari-hari.

  •  Management Information System

MIS membantu mendukung pengambilan keputusan yang sifatnya rutin.

Tugasnya : Mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi.
Menegaskan laporan rutin tentang isu-isu yang diketahui dan diantisipasi.
Menjawab pertanyaan dan tren perkiraan

  • Support Systems

Dibagi menjadi 2 :

  1.   Office Automation System

seperti sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi.

2.Decision Support Systems

Mendukung pengambil keputusan manajerial yang tidak rutin. Sistem ini terbagi menjadi 2 :

– Executive Information Systems

– Group Support Systems

  •   Intelligent Systems

Dilengkapi dengan expert system yang memberikan ilmu yang tersimpan dari si expert untuk non-expert dan tipe baru dari sistem cerdas dengan kemampuan  mesin-belajar yang bisa belajar dari kasus-kasus sejarah.

  • End- User Computing

Penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem , seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.

  • Knowledge Management System

System informasi yang mendukung pembuatan, pengumpulan, pengelolaan, pengintegrasian, dan penyebaran pengetahuan dari organisasi.

  • Data Warehouse

Data warehouse adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis dan pengguna akhir lainnya.

  • Mobile Computing

Sistem informasi pendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka. Dapat dilakukan melalui jalur kabel atau jaringan nirkabel.

Lalu bagaimana Sistem Informasi dapat mendukung suatu organisasi?

  1. Pertama, dengan mempertimbangkan bagaimana suatu organisasi terstruktur: Biasanya oleh departemen fungsional, bisa juga dalam hirarki, dan mungkin oleh proyek atau dalam struktur matriks.
  2. Dua klasifikasi yang paling umum adalah:
    Klasifikasi oleh napas dukungan
    Klasifikasi menurut tingkat organisasi
  3. Sistem Informasi dalam suatu organisasi dikembangkan untuk mendukung cara organisasi terstruktur.
  4. Sistem informasi terdiri dari beberapa aplikasi yang mempunyai fungsinya sendiri-sendiri.
  5. Aplikasi dan sistem dapat mendukung
    1. Individu / tim
    2. departemen
    3. Divisi / Unit
    4. seluruh perusahaan
  6. Sistem informasi juga dapat menjadi antar-organisasi
    Artinya dapat menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau kebutuhan bisnis. Hal ini sangat penting dalam  memfasilitasi e-commerce.

IS memberi dukungan yang diperlukan oleh orang-orang tergantung pada peran mereka dalam organisasi.
–  Top Managers membuat keputusan strategis -> menggunakan  Executive Information System.
–  Manajer menengah membuat keputusan taktis -> menggunakan Management Information System.
–  Line managers membuat keputusan operasi -> menggunakan Decision Support System.

–  Pekerja berpengetahuan membuat dan mengintegrasikan pengetahuan -> menggunakan Knowledge Worker System.

–  Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi -> menggunakan Transaction Processing System.

Bagaimana Sumber Daya Informasi dapat dikelola dalam Organisasi?

Sumber daya informasi mencakup banyak hal, termasuk
–  Hardware (komputer, server, perangkat lain)
–  Software (development tools, bahasa, aplikasi)
–  database
–  Jaringan (area lokal, wide area, internet, intranet)
–  prosedur
–  Physical buildings

  • Jadi, sumber daya sangat mahal, untuk itu manajemen yang tepat sangat penting.
  • diperlukan tanggung jawab atas sumber daya informasi bersama oleh Departemen IS dan pengguna akhir.
  • Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pengembangan, dan pemeliharaan sumber informasi.
  • Kerjasama itu sangat penting

Peran IS Departemen.

  • Peralihan dari orientasi teknis ke manajerial.
  • Meningkatkan fokus pada penambahkan nilai strategis bagi organisasi.
  • Karena IS ditantang untuk menambah nilai strategis, maka manajemen IS menjadi lebih kompleks.
  • Information Officer (CIO) memimpin IS di banyak organisasi.
Jadi kesimpulannya,
  • Informasi Arsitektur mendeskripsikan tentang ”How” atau bagaimana kebutuhan-kebutuhan informasi dalam organisasi terpenuhi atau terwujud dalam rancangan tingkat tinggi.
  • Informasi Infrastruktur terdiri dari fasilitas-fasilitas fisik, jasa, dan pengaturan yang mendukung semua sumber daya komputasi organisasi.
  • Sistem Informasi diklasifikasikan berdasarkan jenis (TPS, MIS, Support, Cerdas).
  • Sistem informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi.
  • Pengelolaan sumber daya IS adalah tanggung jawab bersama IS  Dept dan pengguna akhir.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Komponen Komputer

Go to post

PTI-04 Computer Hardware (Perangkat Keras Komputer)

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php