hana eka hargiyanti

PTI PERTEMUAN 8 [THE INTERNET, INTRANETS AND EXTRANETS]

Posted: November 2nd 2012

Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia (jaringan jaringan). Internet adalah ertukaran informasi dengan menggunakan mulus terbuka, non-eksklusif standar dan protokol, dalam jaringan interkoneksi. Layanan apa saja yang ditemukan di Internet adalah E-mail, web, file transfer,message broad,  dan instant messasing. Internet yang akan datang adalah internasional, dengan pengguna di semua benua. Jaringan besar yang menghubungkan komputer, jaringan usaha, organisasi, lembaga pemerintah, dan sekolah-sekolah di seluruh dunia, cepat, mulus, dan murah. Biaya komputer pribadi dan koneksi internet yang sangat tinggi untuk sebagian besar populasi dunia. Hambatan politik, budaya, dan peraturan telah memperlambat tingkat adopsi internet internasional. Sebagian besar situs dalam bahasa Inggris. Sebagian besar konten yang dihasilkan di Amerika Serikat. Infraktruktur pada internet adalah komersial komunikasi perusahaan penyedia utama dari jaringan backbone fisik Internet, pemerintah AS menyumbang sejumlah dana untuk proses administrasi penting, infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan, dan sambungan antara dan aliran informasi antara penyedia backbone telah terbuka dan gratis. Masa depan internet inisiatif, yaitu : Internet2 (Sebuah kolaborasi antara lebih dari 180 universitas AS untuk mengembangkan terdepan jaringan dan aplikasi canggih untuk pembelajaran dan penelitian), Next Generation Internet (Pemerintah Federal dipimpin inisiatif untuk memajukan teknologi Internet dan aplikasi), Multiagency A (pemerintah federal AS penelitian dan program pembangunan yang sedang mengembangkan aplikasi revolusioner yang memerlukan jaringan canggih).Operasi internet terdiri dari paket arus informasi antara mesin diatur oleh aturan umum (protokol): Internet protocol (IP) dan Transportasi control protocol (TCP), Internet adalah jaringan packet-switching, setiap komputer di Internet diidentifikasi oleh alamat IP, sebagian besar komputer juga memiliki nama domain, Network Solutions, Inc memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai 1999. Cybersquatting – pembelian nama domain dengan maksud untuk menjualnya kembali. Tindakan legislatif mengakibatkan November 2000. Baru tingkat atas zona domain: Pada bulan November 2000, penambahan pertama dari top-level domain global untuk Internet sejak tahun 1980-an terjadi.Servis komunikasi internet adalah E-mail (pesan elektronik), Newsgroup USENET (forum yang mengumpulkan kelompok pesan dari pengguna berdasarkan tema-tema umum), LISTSERV (mendistribusikan pesan email ke semua pelanggan), Chatting (hidup, interaktif, percakapan tertulis berdasarkan kelompok topik), Instant messaging (teks pesan instan antara pengguna internet), Telnet (pengguna pada satu komputer melakukan pekerjaan di komputer lain), Internet telephony (melakukan percakapan suara melalui Internet), Internet faks (waktu pengiriman dokumen nyata), Streaming audio, dan video.

Servis internet Information Retrieval terdiri dari File Transfer Protocol (transfer elektronik file dari satu komputer ke komputer lain), Archie (alat untuk memungkinkan mencari file pada situs FTP), Gophers (menu informasi berbasis alat pencarian),
Veronica (teks pencarian melalui situs Gopher), dan Lebar Information Server Area (WAIS) database alat pencarian, Web Services (Pengiriman komponen perangkat lunak melalui situs web daripada melalui cara tradisional (disk, CD)), World Wide Web (Sebuah sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi melalui arsitektur client / server), HTML(standar hypertext bahasa yang digunakan di Web), Home page (teks dan tampilan layar grafis, pertama, halaman pengantar dalam situs web), Web Site (semua halaman dari sebuah perusahaan atau individu), Hyperlink (cara untuk menghubungkan dan menavigasi di sekitar halaman di situs web), Webmaster (orang yang bertanggung jawab dari sebuah situs Web), Uniform Resource Locator (URL) menunjuk ke alamat sumber tertentu di Web, Hypertext Transport Protocol (HTTP) komunikasi standar yang digunakan untuk mentransfer halaman di bagian WWW Internet, Browser (software grafis yang memungkinkan pengguna WWW untuk meminta dan melihat dokumen web), Offline Browser (software yang mengambil halaman dari situs web secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan), Search Engine (program yang mengembalikan daftar situs web atau halaman yang cocok dengan beberapa kriteria yang dipilih pengguna), Mesin metasearch (secara otomatis memasukkan permintaan pencarian ke sejumlah mesin pencari lain dan mengembalikan hasil), Informasi Filter (metode otomatis menyortir / penyaringan konten WWW), Kliping Jasa (pengambilan otomatis artikel dan berita dari publikasi), Personalized Web Services (kemampuan untuk menghasilkan konten web pribadi), Web Authoring (untuk halaman dan desain situs), Standar HTML (common denominator), CompuServe Graphics Interchange Format (GIF) dan Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format umum file grafis.

Internet Challenges terdiri dari New Technologies (merupakan diadopsi oleh vendor lebih cepat dari pengguna dan pelanggan dapat menerapkannya) dan Internet Peraturan Organisasi teknis (misalnya, World Wide Web Consortium) mengembangkan standar yang mengatur fungsi Internet. Mengontrol konten kontroversial di Web dengan Internet Ekspansi (Internet pertumbuhan lalu lintas yang luar biasa telah tegang beberapa elemen jaringan), Internet Privasi (situs Web mengumpulkan informasi dengan dan tanpa sepengetahuan konsumen), Cookie (kecil file data ditempatkan pada hard drive pengguna bila sebuah situs pertama kali dikunjungi). Intranets merupakan sebuah jaringan pribadi yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP / IP. Extranets merupakan perpanjangan intranet untuk dipilih mitra bisnis di luar, seperti pemasok, distributor, dan pelanggan utama. Jaringan pribadi virtual (VPN) yang sering digunakan untuk menambah keamanan untuk komunikasi internet. Extranet konfigurasi merupakan salah satu perusahaan set up Extranet untuk dealer, pelanggan, atau pemasok perusahaan dalam suatu industri mendirikan Extranet kolaboratif untuk saling menguntungkan. Manfaat meliputi Lebih rendah biaya komunikasi, komunikasi yang lebih baik, peningkatan order entry dan layanan pelanggan, peningkatan efektivitas bisnis. Other Web-based Applications terdiri Informasi Enterprise Portal (pengguna memiliki titik akses ke informasi yang tersimpan internal dan eksternal) dan Mobile Internet (penggunaan perangkat telekomunikasi komunikasi nirkabel untuk mengakses aplikasi berbasis web).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php