hana eka hargiyanti

PTI PERTEMUAN KE 6 [Mengelola Data dan Informasi Organisasi]

Posted: October 6th 2012

Dasar-dasar penyusunan dan akses data:
•    Recall …8 bits => 1 byte => 1 character
•    Field – Pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka
•    Record  – Pengelompokan logis dari field yang terkait
•    File – Pengelompokan logis dari records yang terkait
•    Database – Pengelompokan logis dari files yang terkait

Field adalah kombinasi dari satu atau lebih karakter. Unit terkecil dari data adalah Field size (jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuah field) , Field name ( Unik, sebagai identifikasi dari setiap field), dan Data type ( Jenis spesifik dari data yg ditampung).

Ada banyak beberapa masalah dalam Traditional File Environment,  yaitu : Data redundancy, Data inconsistency, Data integrity, Security, Data isolation, dan Application/ data dependence. Database approach merupakan data yang aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu dan banyak program dan pengguna menggunakan database approach. Dalam menempatan data di database ada dua pilihan, yaitu : Centralized dan Distributed.

Perkembangan  database Development,  yaitu : Pertama, Kembangkan Conceptual design – model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis,  Kedua, organisasikan dengan Entity-Relationship (ER) modeling,  Ketiga, analisa struktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi, dan  Keempat, implementasikan struktur data fisik dari basis data pada  database management system software. Databases Management System (DBMS)  merupakan software programs yang menyediakan akses ke database, data di simpan pada satu lokasi, dapat di ambil atau di update application programs yang diberikan akses pada data yang disimpan dengan berbagai mekanisme. Data Definition Language (DDL) digunakan untuk menjelaskan isi dan stuktur dari database. Data Manipulation Language (DML) digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau mengupdate informasi pada database dan mengembangkan aplikasi database. Data Dictionary digunakan untuk menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data. Keuntungan menggunakan DBMS adalah meningkatkan stategi penggunaan data suatu perusahaan, mengurangi kompleksitas dari IS environment, mengurangi redundan dan inkonsistensi data, meningkatkan keamanan data, meningkatkan akses data, meningkatkan fleksibility dari IS dan meningkatakan data integrity.

Logical Data Models adalah kemampuan manager untuk menggunakan basis data tergantung pada bagaimana basis data di strukturkan baik secara logika maupun fisik. Stored Data digunakan untuk Data warehouse:  Sistem basis data yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan dan terdapat Metadata (data tentang data) untuk membantu melacak isi dari data warehouse, Data mart: small scale, simpler data warehouse.  Easier to implement.  Targets smaller business segments, Data mining: mengekstrak pengetahuan dari data warehouse dan enggunakan algormitma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi, korelasi, dan relasi .

Tujuan pembelajaran ini adalah terminologi dasar dari manajemen data, menyimpan data dalam file tradisional dan permasalahan pada pendekatan tersebut, pendekatan basis data untuk menyimpan file, komponen dari DBMS, dan  di organisasikan data untuk membuat sebuah data base.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php