hana eka hargiyanti

PERTEMUAN KE 4

Posted: September 24th 2012

PERTEMUAN KE 4

PERANGKAT KERAS PADA KOMPUTER

Pada pertemuan ke 4 kita diajarkan untuk mengidentifikasi komponen hardware utama sistem komputer, menjelaskan desain dan fungsi CPU, mendiskusikan hubungan antara desain komponen mikroprosesor dan kinerja, menjelaskan jenis utama penyimpanan primer dan sekunder, membedakan berbagai jenis input dan teknologi output, dan membedakan antara penyimpanan primer dan sekunder sepanjang dimensi kecepatan, biaya & kapasitas.

Komponen perangkat keras dari sistem informasi:
1. CPU (central processing unit) / unit sistem
2. Memori (penyimpanan primer dan sekunder)
3. Masukan (input):  adalah setiap komponen hardware yang digunakan? Untuk memasukkan data atau instruksi. Ada dua tipe yaitu data (teks yang belum diolah berupa angka,  gambar, audio, dan video) dan instruksi (program, perintah tanggapan pengguna)
4. Keluaran(outout): adalah setiap komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi.

 

Motherboard merupakan sirkuit utama pada system unit, berisi tentang adapter card, processos, dan memory . motherboard sering disebut systemboard.

Komponen pada motherboard:

  1. CPU adalah melaksanakan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan dan disebut juga processor.
  2. Memory adalah tempat sementara untuk melakukan penyimpanan data dan melakukan instruksi.

CPU adalah Sebuah mikroprosesor yang mengeksekusi instruksi untuk melakukan tugas pengolahan.

Komponen pada CPU:

  1. Processor
  2. Memory
  3. Adapter cards: Sound card, Modem card, Video card, dan Network card
  4. Ports
  5. Drive bays
  6. Power supply

CPU sebagai Control Unit berfungsi mengakses instruksi program, sebagai decode (menafsirkan) petunjuk, mengontrol aliran data di seluruh sistemdan arus data melalui jalur yang disebut buses. CPU sebagai Arithmetic-Logic Unit berfungsi melakukan perhitungan data dan melakukan perbandingan data. CPU sebagai Register berfungsi penyimpanan kecepatan tinggi daerah dan menyimpan data dan instruksi. Memory juga dikenal sebagai memori utama. Merupakan  komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil. Terdiri dari satu atau lebih chips Motherboard dan Setiap byte disimpan di lokasi yang unik yang disebut alamat.
terbagi atas memoi primer dan memori sekunder. Media penyimpanan bahan fisik yang digunakan untuk penyimpanan (juga disebut penyimpanan sekunder). Penyimpanan Primer adalah tempat penyimpanan sementara yang memegang tiga hal yaitu informasi yang bekerja dengan
perangkat lunak aplikasi yang digunakan perangkat lunak sistem operasi, meningkatkan kapasitas memori meningkatkan kinerja sistem, dan mempunyai kapasitas penyimpanan tinggi. Jenis penyimpanan primer:

  1. Register merupakan bagian dari CPU, sangat cepat, kapasitas yang sangat terbatas.
  2. Random Access Memory (RAM) adalah memori  pada motherboard, penyimpanan umum dari instruksi program dan data; volatil.  Chip memori yang dapat dibaca dari dan ditulis oleh prosesor.
  3. Cache Memory adalah lebih cepat dari RAM, digunakan untuk menyediakan penyimpanan intermediate antara penyimpanan sekunder dan RAM.
  4. Read-only Memory (ROM)  merupakan memori menyimpan petunjuk permanen dibutuhkan oleh komputer, non-volatile. Ada tiga tipe ROM yaitu Frimware, Prom, dan Eeprom.

Memori Sekunder aalah medi yang bersifat nonvolatile memori yang dapat dihapus secara elektronik dan memprogram, kapasitas penyimpanan besar, lebih murah daripada Penyimpanan Primer, lebih lambat dari Penyimpanan Primer, dan magnetik dan optik media penyimpanan.

Siklus mesin instruksi adalah instruksi diambil dari penyimpanan utama oleh Control Unit lalu ke Control Unit decode instruksi lalu ALU menerima data dan instruksi dan melakukan perhitungan atau perbandingan dan hasilnya disimpan dalam penyimpanan utama.

 

Komputer umumnya diklasifikasikan oleh kekuatan pemrosesan mereka:

1.Superkomputer: Sangat canggih, komputasikompleks, CPU tercepat, simulasi besar, komponen State of the art, dan harganya mahal

2. Mainframe: merupakan perusahaan terbesar komputer, 5o Megabyte untuk lebih dari satu Gigabyte RAM, data besar, digunakan untuk komersial, ilmiah, aplikasi militer.
3. Midrange: 10 Megabyte untuk lebih dari satu Gigabyte RAM, digunakan Sebagai Front-end Processor pada mainframe, untuk uiversitas, pabrik, labs.
4. Workstation
5. Microcomputers
6. Komputasi peralatan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php