gregoriusardian

Internet, Intranet dan Ekstranet

Posted: November 5th 2012

Internet

Apa sih itu internet ? internet adalah jaringan yang sangat luas dan merupakan jaringan dari jaringan yang saling terhubung satu dengan yang lain. Internet memungkinkan kita untuk saling bertukar informasi dengan orang lain yang bertempatan dekat maupun jauh. Apa saja yang terdapat pada internet ? internet memiloki fitur E-mail, web, chat, file transfer dan lain sebagainya yang dapat kita gunakan untuk berhubungan dengan orang lain yang jauh sekalipun.

Perkembangan internet sangat pesat, dan ini adalah ilustrasinya :

Internet disediakan oleh penyedia layanan/Internet Service Provider(ISP), contoh : Speedy, JMN, Citranet, dll. Internet dapat dimanfaatkan sebagai penghubung jaringan usaha, pendidikan, administrasi, militer dan lain sebagainya. Internet dapat kita akses setelah kita memenuhi beberapa ketentuan yang berlaku dalam sebuah jaringan internet yaitu :

1. Harus memiliki Internet Protocol (IP)

2. Harus memiliki Transport Control Protocol (TCP)

karena internet adalah jaringan paket switching. Pesan yang terurai menjadi paket-paket, yang berisi bagian dari pesan, ditambah informasi tentang pengiriman dan penerimaan mesin dan bagaimana paket berkaitan dengan paket lainnya. Paket perjalanan secara independen dan mungkin pada rute yang berbeda melalui internet. Paket dipasang kembali dalam pesan di mesin penerima. Setiap komputer di internet diidentifikasi oleh IP address Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain Network Solution. Inc, memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai 2009. Saat ini, sekitar 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain. Cybersquatting, pemebelian nama domain dengan maksud untuk menjualnya kembali.Hasil tindakan legislatif pada November 2000.

Internet dapat dihubungkan dengan cara : melalui LAN server, melalui Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP), melalui Online service (AOL, MSN).

Intranet adalah jaringan yang sama fungsinya dengan internet dan memiliki fitur yang sama dengan internet. Namun berbeda dengan internet, intranet hanya dapat diakses oleh jaringan yang terbatas oleh suatu jangkauan tertentu yang tidak dapat kita akses pada tempat lain. Lebih luasnya tentang intranet adalah sebuah jaringan pribadi yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP / IP ,menyediakan karyawan dengan akses mudah ke informasi perusahaan , digunakan untuk menyebarkan aplikasi perusahaan ,langkah-langkah keamanan termasuk – keamanan kunci publik, enkripsi, sertifikat digital, firewall.

Extranet adalah ektensi dari intranet untuk partner bisnis dari luar, seperti distributor. Jadi extranet itu berfungsi sama dengan intranet, hanya saja dengan jaringan yang lebih luas, yaitu dapat menghubungkan antara beberapa perusahaan yang memiliki jaringan dan ke beberapa konsumen maupun distributor.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php