gregoriusardian

Telekominukasi dan Jaringan

Posted: October 29th 2012

Halo, saya akan membahas apa yang saya pelajari pada materi minggu lalu tentang Telekomunikasi dan Jaringan. Apa sih jaringan itu ? jaringan adalah kumpulan dari 2 atau lebih komputer yang terhubung dan dapat salaing berkomunikasi. Hubungan itu dapat terjadi karena adanya penghubung antara komputer satu dengan komputer lain. Sistem telekomunikasi itu saling terima-mengirim data yang berupa sinyal analog dan sinyal digital. Singal analog adalah sinyal gelombang kontinue, informasi yang disampaikan dari karaktristik gelombang berubah(radio). Sinyal digital adalah gelombang biner, alat yang digunakan untuk menerima dan mengirim sinyal adalah modem. Perangkat keras yang mendukung sistem telekomunikasi adalah modem, multiplex dan font-end processor.

Perangkat pendukung lainnya adalah kabel, kabel penghubung itu bermacam ragam yaitu: twisted-pair wire(murah, mudah untuk dipakai, namun lambat), coaxial(lebih cepat, mahal,susah untuk digunakan dan kurang aman), fiber optik (sangat cepat, sangat mahal, namun rawan akan rusak). Dan yang lainya adalah satelit(samgat cepat, sangat mahal namun memiliki cangkupan yang sangat luas).

lingkungan jaringan itu terbagi menjadi 2 yaitu LAN dan WAN. Lan adalah Local Area Network dan WAN adalah Wide Area Network. LAN itu memiliki cangkupan yang kecil dan biasa digunakan untuk jaringan didalam gedung, terdapat berbagai topologi yang dapat digunakan dan memiliki Gateway sebagai penghubung ke jaringan. WAN memiliki cangkupan yang luas contoh internet, WAN juga terbagi menjadi dua, yaitu Value-added networks (VAN). VAN bersifat privat, dan data hanya dapat di akses oleh pelanggan. Jenis WAN yang lain adalah Virtual private network (VPN). VPN bersifat jenis gateway yang aman bagi perusahaan sistem dan internet.

Fungsi dari Network Communication Software adalah unuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi, mem-format pesan, memelihara komunikasi harian, menjada keamanan dataa dan privasi, selain itu menyediakan penerjemahan pesan. Komponen dari Network Communication Software adalah NOS (Network Operating System), NMS (Network Management System), dan Protocol. NOS  berfungsi untuk memungkinkan alat dalam jaringan untuk berkomunikasi, kemudian NMS berfungsi untuk mempermudah penggunak dalam mengelola tugasnya, dan protocol berfungsi untuk mengatur jalur kerja dari jaringan. Tipe-tipe dari protocol adalah Ethernet, protocol jenis ini merupkan protocol jenis biasa. Tipe protocol yang kedua yaitu TPC/IP, protocol jenis ini biasanya mnegirimkan file-file yang besar dengan teliti ke beberapa sistem yang berbeda. Protokol jenis ini juga merupakan protocol standar dari internet.

Penggunaan jaringan dalam telekomunikasi banyak disebut Client processing dan peer-to-peer processing. Client processing adalah adanya server yang melayani permintaan dari pelanggan atau dapat dikatakan bahwa pelanggan tidak dapat mengakses data tanpa melaui server sedangkan peer-to-peer processing mampu untuk menyederhanakan bentuk dari server, juga mudah untuk di stel dan mudah dalam pemeliharaannya.

Aplikasi dalam telekomunikasi ada beragam yaitu: E-mail(surat elektronik), faxemail, telecommuting, videoconferencing, electronic Data Interchange dan yang baru-baru ini adalah facebook juga twitter.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Pengolahan data dan Informasi

Go to post

Internet, Intranet dan Ekstranet

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php