greesgrees

Observasi PT. WACOAL INDONESIA

Hallo guys aku Graciella dari Prodi Sistem Informasi,hari senin lalu aku dan teman-temanku disuruh oleh bu Clara untuk melakukan observasi di AMPLAZ mengenai Budaya Organisasi.Sebelum pergi ke AMPLAZ kami kumpul dulu di kampus 3 UAJY untuk briefing terlebih dahulu agar nggak rusuh disana hehehe.Jadi,kami dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing 3 orang.Kebetulan aku satu kelompok dengan Aditya Gian dan Ardy W.Awalnya kami ingin melakukan observasi tentang makanan tapi nggak jadi karena sedikit ada kesulitan.Akhirnya,setelah keliling-keliling mal akhirnya kami memutuskan untuk melakukan observasi di Wacoal.Berikut adalah laporan observasi kami mengenai budaya organisasi di Wacoal.

LAPORAN OBSERVASI PT.INDONESIA WACOAL

 

 

 

 

UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA

SISTEM INFORMASI

2018

 

 

ANGGOTA :

Aditya Gian N.                                              171709334

Ardi Wibowo                                                 171709331

Graciella Mawiney Alexander Arif            171709270

SEJARAH SINGKAT DARI WACOAL

Pada awal berdirinya Wacoal Bergerak dalam bidang penjualan produk-produk aksesoris dengan nama Wacoal Shoji Ltd., yang berdiri pada tahun 1946. Kemudian pada tahun 1949 melebarkan usaha di bidang garment yaitu pakaian dalam wanita dan di tahun 1957 nama Wacoal lebih di sempurnakan lagi, menjadi “WACOAL INTERNATIONAL CORPORATION”, Bersama dengan ini mulai dirintis pengembangan penjualan produk Wacoal di luar Jepang, seperti Singapore, Amerika, Hongkong, Philipine, Korea, Taiwan dan termasuk juga Indonesia, tepatnya di tahun 1978-1981.

Tujuan didirikannya Wacoal adalah: membantu wanita dalam mewujudkan penampilan dirinya agar lebih cantik, dan membuat penampilan tubuh lebih proporsional.

Di Indonesia sendiri Wacoal didirikan pada tanggal 01 September 1981, dengan nama PT. SUMBER INDAH PERMAI sebagai distributor tunggal, karena pada tahun-tahun pertama produk yang dijual adalah benar-benar masih didatangkan dari Negara asalnya yaitu Jepang. Melihat perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, maka pada tanggal 5 Juni 1991 telah ditandatangani persetujuan pola usaha joint venture yang pada akhirnya nama PT. Sumber Indah Permai berganti menjadi PT. Indonesia Wacoal.

Kedudukan PT. Indonesia Wacoal, untuk kantor pusat berada di Bogor, yakni di jalan Tarikolot 59 Citeureup Kab. Bogor sedangkan marketing Office berada di Komp. Kota Grogol Permai Blok A31 – 33, Jl. Prof Dr. Latumenten Jakarta Barat.

Saat ini produk-produk Wacoal sudah tersebar di seluruh wilayah nasional, baik di department store maupun di mall-mall di kota-kota besar di Indonesia.

 

 

MOTO PERUSAHAAN :

Hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini.

 

 

ARTI DARI “WACOAL” :

W        onderful           artinya indah

A         ttractive           artinya menarik

C         omfortable      artinya nyaman

O         utstanding       artinya terkemuka

A         nd                    artinya dan

L          asting              artinya awet atau tahan lama

 

 

SASARAN PERUSAHAAN :

Menciptakan pelanggan yang loyal dengan produk yang bermutu dan pelayanan yang terbaik

 

 

 

 

 

 

 

 

ETIKA KERJA SPG

Etika kerja adalah hal-hal yang dilakukan pada saat jam kerja, seperti:

  1. Mengerjakan administrasi secara teratur setiap hari, tidak menunda.
  2. Melakukan stock fisik barang-barang jual yang ada di counter setiap tanggal 15-25 setiap bulan.

Tidak boleh :

  1. berbicara atau bercanda dengan suara keras, tidak berada di atas counter.
  2. Menggunakan seragam tidak sesuai peraturan.
  3. Bersandar atau duduk di atas counter/customer ketika mengerjakan sesuatu di counter.
  4. Membelakangi counter/customer ketika mengerjakan sesuatu di counter.
  5. Berkumpul di area belakang counter.
  6. Mengirimkan sms omzet paling lambat jam 08.30 pagi.
  7. Mengirimkan laporan per bulan dengan tepat waktu.
  • Tanggal 05 untuk counter kecil
  • Tanggal 10 untuk counter besar

 

 

FILOSOFIS PELAYANAN SPG :

Agar pelayanan seorang SPG dapat maksimal maka harus memperhatikan :

  1. Utamakan keramahan
  2. Selalu siap sedia melayani customer
  3. Mengutamakan kepuasan customer

 

 

PRODUCT KNOWLEDGE

Klasifikasi brand:

  1. Wacoal : untuk target market, semua kalangan/ jenis umur dari pemula sampai ke ibu-ibu.
  2. Sorci Age : untuk wanita muda yang trendi dan modis.
  3. Luludi : untuk wanita yang menyukai desain yang simple dan sederhana dengan harga                yang terjangkau.

CUSTOMER SERVICE

Untuk keberhasilan penjualan SPG perlu melaksanakan customer service awal (4S) yang terdiri dari :

  1. SMILE

Dalam melaksanakan pekerjaan SPG harus menjalankan dengan penuh senyum.

  1. SMART

SPG harus pintar/cepat tanggap dalam melayani pelanggan.

  1. SINCERITY

Dalam menjalankan tugas SPG harus dengan sepenuh hati, tidak setengah-setengah dalam melayani pelanggan dan tidak membedakan pelanggan.

  1. SPEED

SPG harus gesit dan tangkas dalam melayani pelanggan, tidak membuat customer menunggu.

 

 

 

BUDAYA PERUSAHAAN

  1. Pengembangan mutu.
  2. Pengembangan pelayanan.
  3. Pengembangan moral dan disiplin.
  4. Pengembangan kreatifitas dan inovasi.
  5. Pengembangan dalam kerja sama dan saling menghargai.

Semoga artikel ini bermanfaat guys.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Blog Terbaru

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php