Maria’s Blog

Teknik Sipil, Jurusan Dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Posted: May 23rd 2022

Insinyur teknik sipil merupakan merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan , bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran. Insinyur atau ahli teknik sipil sering bekerja bersama berbagai macam tim, di mana mereka memakai teori dan model bangunan untuk memperkirakan kinerja suatu desain atau bangunan. Mereka umumnya menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. Dalam mengambil suatu keputusan, mereka wajib mempertimbangkan kegunaan bangunan, manfaatnya untuk masyarakat keselamatan pekerja dan anggaran.

Pekerjaan teknik sipil dan arsitektur ini berbeda, meski jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur sama-sama mempelajari bagaimana membangun gedung, ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Jurusan teknik sipil ini mempelajari cara membuat struktur bangunan yang kokoh dan ekonomis, sementara jurusan arsitektur lebih fokus pada desain bangunan yang menarik. Singkatnya, teknik sipil ini membuat gambar atau desain seorang arsitek menjadi bangunan nyata, dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti guna bangunan, keamanan dan ketahanan bangunan, anggaran dan faktor yang lain.

jasa pengaspalan teknik sipil

Seperti Apa Perkuliahan Teknik Sipil?

Jurusan teknik sipil ini tersusun dari banyak mata kuliah yang memaksa anda untuk berhitung. Apabila anda berencana untuk mengambil jurusan teknik sipil, anda perlu mempunyai dasar matematika dan fisika yang kuat. Dua keahlian dasar ini diperlukan untuk bisa menyelesaikan berbagai macam tantangan dan masalah yang dihadapi di dunia karir teknik sipil.

Jurusan teknik sipil ini juga melibatkan praktik geometri, trigonometri dan kalkulus serta fisika dan kimia. Ada banyak spesialisasi yang dapat dipilih dari jurusan teknik sipil, misalnya struktur bangunan, sumber daya perairan, lingkungan, konstruksi, transportasi, geoteknik dan masih banyak yang lain. Jika anda tidak gemar bermain dengan angka, tapi berniat kuat masuk ke jurusan teknik sipil, jangan mundur dulu. Selama anda tak masalah dengan logika dan memiliki passion yang kuat di bidang teknik sipil, anda juga dapat menjadi lulusan teknik sipil yang berprestasi.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Sipil

Tiap negara ingin terus maju dan berkembang, berbagai macam bangunan, fasilitas dan infrastruktur terus dibangun untuk meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat. Maka dari itu itu, lowongan kerja untuk jurusan teknik sipil ini selalu ada. Menurut data terbaru dari biro tenaga kerja untuk jurusan teknik sipil selalu ada.

Menurut data terbaru dari biro tenaga kerja amerika, gaji per tahun dari mereka yang berkarir di bidang teknik sipil berkisar antara $68,220 -$82,220. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan teknik sipil, antara lain sebagai berikut.

Konsultan atau Kontraktor Bangunan

Lulusan jurusan teknik sipil dapat bekerja di bidang pembangunan suatu konstruksi, contoh posisinya sebagai: structural engineer, site engineer, drafter dan estimator.

Program atau Proyek Pembangunan

Mahasiswa teknik sipil nanti dapat bekerja dalam suatu rencana pembangunan, sebagai contoh jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain-lain. Negeri anda ini adalah salah satu negara yang masih menggencarkan pembangunan, jadi menjadi mahasiswa teknik sipil dan kelak turut berkarir di bidang pembangunan fasilitas adalah salah satu peluang yang baik.

Aparatur Sipil Negara

Instansi-instansi pemerintah juga memerlukan lulusan teknik sipil. Sebagai contoh badan dan dinas seperti badan perencanaan daerah, PMU bina marga, rumah sakit, departemen ESDM, dinas tata kota dan pertamanan.

Badan Usaha Milik Negara

Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk sarjana teknik sebagai contoh di cipta karya atau perencanaan, waskita karya atau bangunana gedung, hutama karya atau jalan dan jembatan dan BUMN-BUMN lainnya.

Insinyur Konstruksi

Seorang insinyur konstruksi bertanggung jawab akan desain, manajemen dan supervisi dari berbagai macam proyek konstruksi, baik itu merupakan proyek bangunan, jalan, jembatan, perairan, sistem drainase dan lain-lain. Insinyur konstruksi bertugas untuk mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, perairan konstruksi dan menentukan di mana sebaiknya bangunan dibangun.

Selain itu, insinyur konstruksi juga harus memprediksikan masalah-masalah yang mungkin hadir beberapa tahun ke depan sesudah bangunan tersebut jadi dan bagaimana solusinya. Dalam pekerjaan, insinyur konstruksi akan kerja sama dengan arsitek, manajer konstruksi, bagian perencanaan dan surveyor.

Insinyur Struktur

Pada biasanya, seorang insinyur struktur bertindak sebagai konsultan untuk para arsitek dan kontraktor. Sesudah seorang arsitek selesai merancang bangunan, insinyur struktur akan membuat total hitungan dan estimasi, seperti bahan bangunan apa yang akan dipakai mengestimasi daya tahan bangunan dalam contoh dalam cuaca ekstrim seperti salju, musim panas.

Lalu berdiskusi dengan anggota tim lain, misal insinyur bahan bangunan dan ahli lingkingan. Insinyur struktur juga menangani perobohan bangunan atau pemeliharaan bangunan. Sewaktu dan sesudah bangunan dibangun, insinyur struktur akan mengunjungi lapangan untuk memastikan segalanya berjalan sesuai dengan prosedur dan tahap yang sudah direncanakan.

Surveyor Kontrol Bangunan

Tanggung jawab dari profesi ini untuk memastikan semua proyek bangunan bisa mematuhi peraturan dan hukum yang ada. Menguji ketahanan dari pondasi, bahan bangunan, drainase dan inspeksi lain juga adalah tanggung jawab dari surveyor kontrol bangunan. Apabila suatu proyek ternyata tak memenuhi kriteria yang disebutkan dalam peraturan dan hukum, surveyor kontrol bangunan harus memberikan suatu solusi, dengan mempertimbangkan anggaran dan penggunaan yang mungkin terjadi.

Mereka juga akan diminta untuk mensurvei bangunan rusak sebab bencana alam dan memberikan solusi bagaimana cara untuk membangun ulang atau memperbaikinya.

Insinyur Sumber Daya Perairan

Profesi ini bertanggung jawab dalam membangun suatu fasilitas suplai air, dalam merancang sistem perairan, mereka harus mempertimbangkan desain, manajemen dan pemeliharaan sistem atau sumur bawah tanah dan sumber mata air alami. Profesi ini memastikan komunitas sekitar bisa mendapatkan sumber daya air yang higienis dan bebas kontaminasi.

Dalam pekerjaannya, insinyur sumber daya perairan bekerja sama dengan insinyur struktur untuk memperoleh informasi bangunan bendungan atau bangunan air yang lain.

Insinyur Pemeliharaan Bangunan

Profesi ini mengiris desain, pemasangan dan pemeliharaan dari semua layanan yang dibutuhkan suatu bangunan untuk berguna dengan baik, baik itu untuk pencahayaan, daya listrik air, sistem keamanan, sistem darurat dan lain-lain.

Bidang Umum

Lulus teknik sipil masih memiliki berbagai macam alternatif, contohnya mereka dapat bekerja di BUMN yang tak berkaitan dengan industri di bidang konstruksi untuk pembangunan misalnya telkom dan PLN. Pekerjaan yang dilakukan teknik sipil pada perusahaan ini contohnya pada prasarana tower telekomunikasi serta bendungan untuk membangkitkan listrik. Perusahaan-perusahaan swasta juga bisa menjadi tempat bekerja lulusan teknik sipil termasuk perusahaan minyak dan pertambangan.

Jadi lulusan teknik sipil ini memang bisa untuk mana saja, termasuk jasa pengaspalan karena memang di jasa pengaspalan ini membutuhkan seseorang yang memang ahli di bidangnya. Sebabnya dalam pekerjaan pengaspalan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh ahli, dalam hal ini teknik sipil seperti rancangan RAB dan lain sebagainya.


One response to “Teknik Sipil, Jurusan Dengan Peluang Kerja Menjanjikan”

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php