go_blogs

teknologi informasi dalam organisasi modern

Posted: November 8th 2012

Di dunia modern jika belum ada teknologi informasi itu rasanya kayak makan sop gak pake kuah, nge game tanpa tanpa cocotan, nge galau tanpa shower #okesip. Teknologi Informasi di dunia modern memiliki banyak peran penting contohnya, untuk memajukan suatu perusahaan dengan memanfaatkan teknologi dalam bidang bisnis seperti postingan saya dulu.

Konsep dasar dalam teknologi informasi atau IT itu terbagi menjadi 2 yaitu infrastruktur dan arsitektur.
Untuk Informasi Infrastruktur:
adalah suatu rangkaian antara komputer-komputer dalam suatu perusahaan yang melakukan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi.
Sedangkan Informasi Arsitektur:
Berguna bagi suatu perusahaan untuk mendapatkan informasi dan infrastruktur informasi agar perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan strategi organisasi bisnis. *bukan kayak anak2 arsitek lho ya, bedo kui*

Sistem Informasi
Sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan data, mengolah, memproses, menganalisis, dan menyebarkannya untuk maksud tertentu.
Sistem informasi memiliki cara sendiri untuk memajukan suatu perusahaan, pertama mempertimbangkan terlebih dulu bagai mana perusahaan tersebut terstrukur, lalu mengklarifikasinya, lalu membuat suatu aplikasi untuk mengembangkan perusahaan tersebut dengan cara tertentu.

Sistem Informasi terbagi dari beberapa tipe yaitu:

ü  Transaction Processing System
Sistem ini biasanya yang mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan suatu data untuk maksud tertentu, biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, dan hal ini penting untuk bisnis sekarang ini.

ü  Management Information Systems
:Sistem ini memberikan suatu dukungan pengambilan keputusan suatu perusahaan lalu dapat mengatur, mengakses, dan meringkas suatu informasi. Sistem ini juga biasanya yang melaporkan isu-isu yang diketahui dan dapat diantisipasi.

ü  Office Automation System
Sistem ini yang mengembangkan sistem pengolah kata yang akan digunakan untuk pekerjaan kantor atau administrasi suatu perusahaan.

ü  Decision Support Systems
memiliki Excecutive Information Systems yang memiliki dukungan tinggi dalam tingkat manajer, lalu meilikiGroup Support Systems yang mempekerjakan groupware untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok *kayak pendemo aja*

ü  Intelligent Support System (ISSs)
Sistem cerdas dengan menggunakan mesin yang memberikan pengetahuan dan memiliki kemmampuan utuk belajar dari  suatu kasus sejarah. *disuruh ngerjain tugas bisa gak ya? #eh*

ü  End-User Computing
Pengembangan sitem informasi oleh pengguna utama dari sistem, seperti analis dan manajer.

ü  Knowledge Management Systems
Mendukun dalam menciptakan, mengatur, dan mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan *malesi banget*

ü  Data Warehousing
Database yang dirancang khusus untuk mendukung DSS, kegiatan analisi dan yang lainnya.

ü  Mobile Computing
Sistem informasi yang mendukung karyawan-karyawan yang bekerja diluar batas perusahaannya dan didukung oleh perangkat nirkabel yang efektif dan bisa dibawa kemana-mana.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php