go_blogs

system telekomunikasi

Posted: November 8th 2012

Apa yang dimaksud dengan Telecommunication System? Apa saja komponennya? Secara harafiah sistem telecomunikasi diartikan sebagai telekomunikasi jarak jauh. Sistem telekomunikasi adalah seluruh unsur/elemen baik infrastruktur telekomunikasi, perangkat telekomunikasi, sarana dan prasarana telekomunikasi, maupun peyelenggara telekomunikasi, sehingga komunikasi jarak jauh dapat dilakukan. Dalam sistem telekomunikasi terjadi suatu komunikasi antar komputer yang disebut dengan Computer comunication. Computer comunication Artinya adalah suatu proses yang melibatkan 2 atau lebih komputer/piranti untuk melakukan transfer data,informasi,dan instruksi.

Suatu Sistem Telekomunikasi membutuhkan komponen-komponen untuk berjalann dengan baik. Komponen tersebut adalah :
1. Hardware :berupa perangkat telekomunikasi . Mis.modem,multipex,dan front end user.
2. Media :sebagai perantara komunikasi , mis.kabel, radio,sinar laser,atau infra red.
3. Network :jaringan.Mis.LAN,WAN,
4. Software :bertugas untuk memfungsikan hardware, media dan network. Mis. Network operating sistem,dan Network management System.
5. Provider :Sebagai penyedia layanan telekomunikasi
6. Protokol :Sebagai aturan komunikasi data agar bisa di tampilkan.

Macam-macam sinyal yang digunakan dalam telekomunikasi pad umumnya dibedakan menjadi 2 yaitu : Sinyal analog (Sinyal kontinu dan tidak terputus serta mudah untuk dimanipulasi) dan Sinyal digital (bentuknya tidak kontinu dan berupa discrete impuls serta lebih mudah dimengerti komputer).

Beberapa pengertian yang biasa digunakan dalam media telekomunikasi adalah sperti berikut:
-Kecepatan transmisi(transmition spee): Bandwidth(besar frekuensi dalam suatu channel)
-Model transmisi(transmition mode) :Asyncronous(character by character) dan syncronous(stream of charater). Suatu transmisi dikatakan baik berkaitan dengan kontrol yang dibuat dalam pengiriman data yaitu banyak error, bagaimana securitynya, dan corection yang dibuat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php