go_blogs

Electronic Commerce (E-Commerce)

Posted: November 8th 2012

Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan proses jual – beli, pertukaran informasi, barang maupun layanan melalui komputer dan juga jaringan. E-Commerce ini terbentuk karena adanya unsur – unsur :
• Communications
• Business process
• Service
• Online
• Collaborations
• Community
Adanya E-Commerce ini berawal dari beberapa tahap proses perdagangan, yaitu :
1. Traditional commerce
Traditional commerce ini merupakan proses yang sudah digunakan sejak zaman dahulu, termasuk proses perdagangan awal. Pada proses ini semua dilakukan secara fisik, tidak ada sedikit pun sentuhan on-line. Pihak – pihak yang bertransaksi harus bertatap muka untuk melakukan proses perdagangan.
2. Pure E-Commerce
Pada proses ini semua proses/ tahap perdagangan dilakukan secara digital. Ini termasuk model perdagangan yang baru dan lebih efisien dari cara tradisional. Semua proses perdagangan murni dilakukan secara on-line.
3. Partial E-Commerce
Tahap – tahap/ proses perdagangan pada jenis ini menggabungkan antara dimensi fisik dengan digital. Jadi pada proses perdagangan ini, seseorang pedagang membuat transaksi/perdagangan secara on-line, tetapi dia juga membuka tempat perdagangan secara nyata juga. Jadi tahap – tahap perdagangannya bisa di lakukan secara on-line maupun secara langsung.
E-business
E-business merupakan salah satu bagian besar dari E-Commerce. E-business tidak hanya menjangkau proses jual – beli, namun juga menjangkau :
• Pelayanan terhadap pelanggan
• Berkerja sama dengan partner bisnis
• Melakukan transaksi dengan organisasi
• Melakukan Pure E-Commerce juga Partial E-Commerce, tergantung pada penerapannya
Tipe dari E-Commerce :
• Business-to-business EC (B2B)
• Collaborative commerce (c-commerce)
• Business-to-consumer EC (B2C)
• Consumer-to-businesses (C2B)
• Consumer-to-consumer (C2C)
• Intrabusiness (intraorganizational) commerce
• Government-to-citizens (G2C) and others
• Mobile commerce (m-commerce)
Penerapan E-Commerce ini didukung oleh beberapa unsur, yaitu :
1. Infrastructure
2. People
3. Public policy
4. Technical standards and protocols
5. Business partners
6. Support services
Syarat – syarat yang dibutuhkan sebuah E-Commerce antara lain :
1. Infrastructure
Hardware, software dan jaringan dibutuhkan untuk bertransaksi, berkomunikasi dan berkerja sama.
2. Electronic Payment Mechanisms
Pembayaran secara on-line harus jelas tata caranya.
3. Security
Keamanan adalah bagian yang sangat penting dalam bertransaksi secara on-line agar data semua pihak tidak bocor dan disalah gunakan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php