go_blogs

database managemen system

Posted: November 8th 2012

Pada pertemuan yang ke-6 dalam kuliah kami adalah membahas tentang Data Management . Dan kali ini saya akan mencoba membahas kembali tentang Data Management dalam blog saya ini.Data management/manajen data sering disebut sebagai DataBase Management System(DBMS). DBMS adalah suatu sistem atau tools yang digunakan untuk megolah, mengatur,dan menyimpan data.Tujuan dibuatnya database adalah untuk kemudahan bagi user untuk mengakses/mengambil data.

Suatu database berisikan file,file berikan record,dan record berisikan field.Jadi, Data base merupakan pengelompokan logis dari file-file yang ada.File adalah pengelompokan dari record-record yang ada dan record adalah pengelompokan dari field-field yang ada. Sedangkan field adalah kumpulan dari beberapa karakter yang membentuk sutau kata atau kalimat.dan field merupakanunit terkecil dari data yang diakses pengguna.

Suatu field memunyai ciri khas masing-masing atau boleh dikatakan unik.Jadi apabila kita memasukkan data yang sama, maka field akan secara otomatis mengingatkannya/menolaknya. Suatu field juga mempunyai batas kapasitas menampung karakter yang disebut dengan fieldsize.Field mempunyai data types yang berbeda-beda, Contohnya: Data Numeric,Data Text,Data Date, Data Currency,Data Hyperlink, Data Memo,danLainnya.

Beberapa kegunaan dari data base adalah :
1. Mengurangi redudancy /inconsistecy data
2. Mengurangi kesulitan untuk mengakses data
3. Pengisolasian data
4. Memungkinkan multiple user
5. Menjamin stabilitas keamanan dan kebebasan data.
Beberapa istilah yang biasa digunakan dalam data base :
DDL/Data Defenition Languange:Bahasa yang membentuk struktur data,
DML/Data Manipulation Languange:Bahasa yang digunakan untuk memanipulasi data,
Data Dictionary:Mendefinisikan elemen dan dan karakteristik dari suatu data.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Data management,Semoga dapat bermanfaat.Jika ada kesalahan mohon saran dan kritik yang membangun.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php