go_blogs

bisnis & IT

Posted: November 7th 2012

Dengan semakin sedikitnya sumber daya alam, dunia bisnis kini mendapat tantangan besar untuk bisa memproduksi sesuatu sebanyak mungkin dengan menggunakan sumber daya sesedikit mungkin. Selain itu, dunia bisnis juga selalu menghadapi perubahan pesat, kompleksitas masalah, dan persaingan yang ketat. Untuk itu, sangat dibutuhkan peran IT di dalamnya. IT bisa sangat membantu dunia bisnis dan menjadikan suatu bisnis lebih unggul daripada bisnis lainnya. Ada pepatah “pelanggan adalah raja”. Di sini lah IT bisa berguna bagi suatu bisnis demi kepuasan pelanggan yang kemudian menjadikan bisnis itu unggul karena mendapat perhatian dari pelanggan. Customer relation menjadi suatu poin penting yang perlu dibangun dengan baik oleh sebuah bisnis. Lewat IT, pengelolaan data produk dan pelanggan akan menjadi lebih mudah. IT sangat bisa memudahkan bisnis maupun pelanggan. IT bisa menjadi jembatan antara bisnis dan pelanggan demi kepuasan dan kemudahan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan yang layak. Di samping itu, melalui IT, suatu bisnis juga bisa dengan mudah mendapatkan feedback dari para pelanggannya, entah itu melalui survey, atau yang lainnya. Saat ini, peran IT di bidang bisnis sudah banyak diterapkan. Salah satu contohnya adalah e-ticketing. Dengan adanya e-ticketing, ketika misalnya pelanggan butuh membeli tiket pesawat, mereka sudah tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke agen tiket untuk membeli tiket. Cukup dengan membeli tiket secara online dengan mengakses website maskapai penerbangan yang bersangkutan, pelanggan sudah bisa mendapatkan tiket yang mereka inginkan. Agen tiket bisa saja memiliki jam kerja tertentu. Tetapi dengan peran e-ticketing, pelanggan bisa membeli tiket kapanpun dan di manapun selama ada koneksi internet. Menurutku, jelas ini menjadi suatu kemudahan tersendiri bagi pelanggan dan bisa menarik minat pelanggan karena adanya kemudahan itu. Contoh lainnya lagi adalah m-banking yang memudahkan transfer antar rekening, pemesanan produk secara online melalui website khusus atau jejaring sosial, survey online untuk analisis kepuasan pelanggan demi peningkatan mutu pelayanan, katalog online perpustakaan dan toko buku, informasi jadwal tayangan film pada bioskop melalui internet atau mobile texting, dan masih banyak lagi. Kesimpulan yang bisa ditarik adalah: jangan pernah remehkan IT karena tanpa IT dunia bisnis akan kesulitan untuk terus maju di era globalisasi, apalagi dengan bermunculannya berbagai macam bisnis baru sehingga persaingan bisnis makin ketat. IT bisa menjadi jawaban bagi suatu bisnis yang ingin berkembang lebih unggul daripada bisnis-bisnis saingannya. Manfaatkanlah IT sebaik mungkin dalam dunia bisnis demi kebaikan pelanggan dan bisnis itu sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php