Escherichia coli

Pantai Greweng, A Touchable Paradise

Posted: June 9th 2014

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan eksotisme wisata alamnya, sebut saja pegunungan kapur, gua, ataupun pantai. Daerah yang sebenarnya relatif gersang karena terletak di daerah karst (kapur), justru menyimpan berbagai tempat luar biasa yang menjadi surga para petualang. Dari tempat wisata yang sudah dibuka untuk umum ataupun tempat-tempat yang masih tersembunyi, dan dibutuhkan perjuangan khusus untuk mencapainya.

6

Pantai Greweng merupakan satu dari sekian banyak tempat yang wajib dikunjungi oleh traveler yang menyukai jelajah alam, ketenangan, dan tentunya keindahannya. Pantai Greweng terletak di Kabupaten Gunungkidul. Dari Pantai Wediombo, pantai ini bisa dicapai dengan berjalan kaki karena memang belum ada jalan yang bisa dilalui dengan mengendarai motor ataupun mobil.

Keindahan Pantai Greweng

Keindahan Pantai Greweng

Pantai Greweng terletak di sebelah timur pantai Wediombo tepatnya di kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai Greweng aksesnya tidak sulit, pertama anda harus menuju pantai Wediombo terlebih dahulu. Dari kota Jogja menuju kota Wonosari melalui jalan Wonosari, lalu menuju arah Tepus dari pertigaan Tepus, ambil jalan kekiri (selatan) ikuti jalan tersebut lalu ikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke pantai tersebut. Jika ragu, jangan malu bertanya pada penduduk setempat. Perjalanan dari kota Jogja ke Wediombo memakan waktu sekitar 2 jam lebih. Menurut para petani untuk menuju ke pantai Greweng bisa ditempuh sejauh 2 km melalui jalan setapak di sebelah parkiran atas Wediombo. Dari jalan setapak tersebut akan menemui beberapa persimpangan jalan setapak.

4

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya untuk menuju obyek wisata Gunung Kidul tersebut diperlukan perjalanan menakjubkan baik pemandangannya maupun medan yang harus dilalui. Melalui ladang—ladang yang ditanami jagung bisa jadi tidak setiap orang mengalaminya. Maupun melihat ternak yang sedang digembalakan oleh penduduk sekitar. Usai melalui ladang-ladang tersebut akan bertemu dengan hutan. Bukan hutan tanaman melainkan batu-batu kapur. Sehingga tidak heran, ada sebagian orang yang pernah mengunjungi Pantai Greweng Gunung Kidul kemudian menamakannya dengan Hutan Batu.

3

Setelah melalui ladang dan hutan dengan banyak batu kapur, selanjutnya akan bertemu perbukitan yang dari celah-celahnya bisa dilihat birunya laut yang akan dituju. Begitu berada di bawah bukit, maka dua sumber mata air akan terlihat. Dimana sumber air yang berada di sebelah utara bisa langsung diminum namun tidak dengan sumber mata air yang sebelah selatan karena sering digunakan untuk mandi.

Dari sumber mata air tersebut, melalui jalan setapak selanjutnya akan bertemu dengan hutan yang sejuknya. Selanjutnya, sebuah pantai yang menjorok ke dalam dengan diapit dua bukit yang tinggi akan terlihat oleh kedua mata, begitu pula dengan hamparan baru karang yang kokoh, itulah Pantai Greweng. Perjalanan melelahkan menuju Pantai Greweng Gunung Kidul akan terbayarkan dengan keindahannya dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

1

 

Pantai Greweng merupakan salah satu kawasan pantai yang sangat bisa dikembangkan menjadi objek wisata yang amat menarik dikunjungi. Namun, permasalahan utamanya terletak pada bagian akses jalan. Untuk memberikan kemudahan akses jalan, dinas PU dan pemerintahan kabupaten Gunung Kidul harus saling bekerja sama demi mewujudkan hal ini. Selain itu, diperlukan adanya pemikiran mengenai pengunjung yang akan datang apabila akses jalan telah dibenahi. Tanpa pemikiran yang matang dan tepat, pantai Greweng dapat tercemar oleh gunungan sampah dan ekosistem alaminya dapat rusak seperti pada pantai Parangtritis.

Manajemen yang tepat perlu diberlakukan untuk mencegah rusaknya ekosistem pantai Greweng. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pembagian zonasi. Selain pembagian zonasi, penambahan sarana umum seperti tempat sampah wajib hukumnya. Tidak lupa, menambahkan pemberian penintensi bagi pengunjung yang secara sengaja mengotori atau merusak ekosistem alami pantai Greweng.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php