Gib's Blog

Teknologi Informasi Dalam Organisasi Modern

Posted: September 22nd 2012

Pada minggu ke-3 mata kuliah PTI,saya mendapatkan pelajaran mengenai IT dalam organisasi modern. Tujuan dari pembelajaran mengenai IT dalam organisasi modern ini sendiri semata-mata agar para mahasiswa dapat saling mendiskusikan mengenai Konsep Dasar Infrastruktur dan Konsep Dasar Arsitektur dalam suatu Sistem Informasi(IS), agar mahasiswa mengerti mengenai  struktur hirarki dari suatu organisasi dan sistem informasi, mahasiswa dapat mengerti mengenai dukungan-dukungan apa saja yang diberikan kepada berbagai jenis karyawan dalam suatu organisasi, mahasiswa dapat memahami bagaimana cara mengelola suatu sumber informasi.

Hal Pertama yang disampaikan pada minggu itu adalah mengenai Infrastruktur Informasi. Fasilitas, layanan, dan manajemen yang dapat mendukung dalam suatu pengelolaan organisasi sendiri adalah:

  • Perangkat Keras Komputer
  • Perangkat Lunak Komputer
  • Jaringan dan Fasilitas Komunikasi
  • Database
  • Manajemen Informasi Perseorangan

Konsep Fundamental dari Infrastruktur Informasi itu sendiri adalah menjelaskan mengenai integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi dan mendefinisikan tentang bagaimana cara agar sumberdaya itu dapat diatur, dioperasikan, dan dikelola.

Hal Kedua yang disampaikan adalah mengenaiArsitektur  Informasi. Berikut adalah detail dari suatu perencanaan yang matang dalam Atsitektur Informasi,yang pertama adalah persyaratan dari Organisasi Informasi dan yang kedua adalah bagaimana cara agar persyaratan tersebut dapat dipenuhi. Arsitektur Informasi dapat menggabungkan kebutuhan informasi yang sudah dengan infrastruktur informasi dan aplikasi perangkat lunak yang sudah direncanakan. Dengan hal itu Arsitektur Informasi dapat membantu memastikan bahwa organisasi IT telah memenuhi kebutuhan strategis dalam organisasi bisnis.

Hal yang ketiga adalah mengenai Sistem Informasi(IS). Pada tahun 2003 orang yang bernama Turban dan Rainer mendefinisikan bahwa Sistem Informasi(IS) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Tipe-tipe dari Sistem Informasi(IS) sendiri adalah:

  • Transaction Processing System: Keuntungan dari sistem ini sendiri adalah dapat mendukung, melakukan, dan mengotomatisasi kegiatan bisnis yang rutin, dapat mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar, dapat menyediakan data dasar bagi beberapa sistem yang lain, mungkin lebih kompleks dan canggih, sangat penting untuk keberhasilan dalam dunia bisnis saat ini.
  • Management Information System: Keuntungan dari sistem ini adalah secara rutin dapat mendukung suatu pengambilan keputusan, dapat mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi, dapat mempertegas laporan rutin tentang isu-isu yang diketahui yang dapat diantisipasi.
  • Office Automation System: Semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi.
  • Decision Support Systems: Kompleks pendukung yang tidak secara rutin mengambil keputusan manajerial.
  • Knowledge Management Systems: Mendukung penciptaan, pengumpulan, pengaturan, pengintegrasian, dan penyebaran pengetahuan dari suatu organisasi.
  • Data Warehousing: Database yang dirancang untuk mendukung DSS, kegiatan analisis dan pengguna akhir ESS dll.
  • Mobile Computing: Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel ataupun nirkabel jaringan

Nah,dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa detail informasi dari Arsitektur Informasi merupakan suatu persyaratan dan bagaimana persyaratan yang ada itu akan dilaksanan agar mencapai suatu kepuasan, infrastruktur informasi terdiri dari semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi, sistem Informasi diklasifikasikan berdasarkan jenis (TPS, MIS, Support, Intelligent), sistem informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi, pengelolaan sumber daya Sistem Informasi adalah tanggung jawab bersama pengguna Sistem Informasi di awal dan akhir.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi para pengunjung gubuk saya ini. Terimakasih ^^


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

IT Dalam Lingkungan Bisnis

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php