ghitamanda

Bangkitkan kesadaran diri :)

Posted: December 7th 2016

Hallo hallo halloooo semua, kembali lagi bersama penguasa bayangan yang berasal dari Raja Ampat yaitu Hiu Karpet. Telah kita ketahui bahwa satatus kepunahan Hemiscyllium freycineti dalam IUCN Redlist itu Near Threatened, jika kita dibiarkan begitu saja Hiu Karpet ini pasti akan punah karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab, sangat disayangkan bila penghuni bawah laut ini punah begitu saja. Hmmm jadi saya berencana untuk membuat aksi konservasi yang kecil dengan harapan dapat membantu agar Hiu Karpet tidak punah begitu saja :))))))))))

Gambar terkait

Disini saya akan mengajak teman-teman untuk melihat apa saja yang menjadi ancaman bagi Hiu Karpet ini. Jadi untuk saat ini ancaman yang mempengaruhi spesies ini masih belum jelas, tetapi mengingat bahwa ia adalah sebuah spesies yang sangat menarik untuk perdagangan akuarium, baik digunakan untuk aquaria publik dan pribadi. Serta spesies ini sangat rentan terhadap penghancuran habitat melalui praktek-praktek memancing dinamit, dengan tingkat jarak penghancuran habitat yang tidak pasti. Dampak kegiatan memancing spesies ini juga belum diketahui, tetapi tekanan memancing di lingkungan inshore dangkal (termasuk terumbu dangkal yang merupakan habitat dari hiu karpet itu rusak). Kegiatan penangkapan ikan juga menimbulkan ancaman dalam habitat dari spesies ini, dan penangkapan ikan liar (yang termasuk trawl) adalah isu berlangsung dalam perairan Indonesia.

Nahhh…… menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) sendiri tidak ada tindakan konservasi saat ini. Pengembangan kegiatan ekowisata yang berpusat pada istimewa keragaman kehidupan laut di Papua Barat dapat memberikan dorongan untuk perlindungan habitat spesies ini. Jadi rencana aksi konservasi yang saya lakukan yaitu, dengan mengajak masyarakat untuk memperbaiki hidup dan lingkungannya serta menggerakkan masyarakat untuk memiliki rasa memiliki hasil alam dan untuk mengelola sumber daya laut. Lalu membantu penguatan ekonomi lokal dengan fokus pada ekowisata yang berpusat pada kehidupan laut dan melindungi keanekaragaman hayati yang tinggi. ¬†Sebagai contoh, mendirikan suaka margasatwa bagi hiu dan pari manta, dan mempromosikan daerah tersebut sebagai tujuan wisata laut kelas dunia serta merancang dan mengimplementasikan sistem pembayaran inovatif yang memastikan bahwa manfaat langsung diberikan kepada masyarakat sebagai upaya mendukung konservasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php