Gejala Hipoglikemia pada Anak

Hipoglikemia jarang terjadi pada anak-anak kecuali mereka yang aktif dirawat untuk diabetes Tipe 1. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak harus dijaga dengan hati-hati karena mereka sering tidak dapat merasakan tanda-tanda peringatan.

Dalam kondisi ini, dokter merekomendasikan untuk mengawasi anak-anak saat mereka bermain atau ketika mereka terlibat dalam kegiatan yang membutuhkan energi yang konsisten. Mengenali tanda-tanda awal hipoglikemia pada anak-anak adalah aspek penting dalam mengendalikan penyakit, yang dapat menyebabkan stabilitas dan penyembuhan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa contoh gejala hipoglikemia pada anak-anak dengan diabetes:

SAKIT KEPALA

Anak-anak yang cukup tua untuk berbicara dapat mengeluh sakit kepala, yang merupakan tanda potensial hipoglikemia ringan. Seorang anak kecil mungkin menunjukkan bahwa dia merasa “lucu” atau anak mungkin memberikan sinyal lain yang menunjukkan sakit kepala. Misalnya, anak-anak kecil dapat mencoba meraih kepala mereka menunjukkan masalah dengan penglihatan.

Orang dewasa tidak boleh mengabaikan tanda-tanda ini. Jika ini terjadi, Anda dapat memeriksa tingkat glukosa atau mengajukan pertanyaan untuk mengambil tindakan yang tepat berdasarkan jawaban yang diberikan.

KELAPARAN INTENS

Tidak semua episode hipoglikemia dimulai dengan sakit kepala. Seringkali, tanda pertama serangan ringan memicu rasa lapar yang hebat. Seorang anak mungkin mengeluh sakit kelaparan atau memberi tahu Anda bahwa perut mereka terasa kosong. Jika anak diberi makan dengan baik, mengeluh kelaparan yang intens setelah makan adalah tanda potensial dari serangan ringan.

Di sisi lain, jika anak aktif terlibat dalam aktivitas fisik, mengeluh perut kosong tidak boleh menyebabkan kepanikan. Dalam kondisi seperti ini, lebih baik membiarkan anak-anak rileks dan memberikan perawatan sesuai dengan situasi.

MUAL DAN MUNTAH

Hipoglikemia dapat menyebabkan mual dan muntah, terutama pada anak kecil. Terkadang, muntah dan mual dapat terjadi tanpa tanda sakit kepala atau sakit kelaparan. Para ahli juga menyarankan bahwa muntah adalah reaksi alami tubuh untuk menguras dirinya dari zat beracun.

Mungkin, hal terbaik untuk dilakukan adalah mengawasi tanda-tanda mual. Jika anak muntah tanpa tanda-tanda mual sebelumnya, jangan panik karena reaksi mendadak terhadap muntah dapat memperburuk keadaan. Tetap tenang dan cobalah untuk menyebarkan situasi senyaman mungkin.

KERINGAT DAN PUCAT

Tubuh sering menanggapi hipoglikemia dengan melepaskan adrenalin, yang menyebabkan berkeringat dan pucat. Seringkali orang tua melaporkan bahwa warna kulit anak berubah menjadi keabu-abuan ketika gula darah mereka rendah. Jika Anda melihat tanda-tanda keringat atau pucat, segera bereaksi terhadap tanda-tanda ini berdasarkan tindakan yang direkomendasikan oleh dokter.

Ingat, berkeringat adalah proses normal selama aktivitas fisik. Dengan demikian, orang tua tidak boleh bereaksi berlebihan terhadap keringat selama berlalunya aktivitas bermain dan memakan energi.

PUSING DAN VERTIGO

Pusing dan vertigo juga merupakan gejala umum hipoglikemia. Pada anak-anak, Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka sering jatuh ketika mencoba untuk berdiri. Jika Anda melihat perilaku yang tidak biasa ketika anak mencoba berjalan, buat anak duduk atau berbaring untuk menghindari kemungkinan cedera. Biarkan anak rileks dan berikan dosis yang sesuai.

MASALAH DENGAN VISI

Tanpa tanda sakit kepala dan kelemahan sebelumnya, penglihatan kabur seringkali merupakan tanda utama hipoglikemia. Anak-anak yang lebih tua selalu lebih rentan terhadap penglihatan kabur dibandingkan dengan anak-anak kecil.

Setiap kali anak-anak yang lebih tua mengeluh penglihatan kabur atau ganda, katakan kepada mereka untuk duduk atau berbaring di permukaan yang datar. Setiap kali masalah dengan penglihatan terjadi, beri tahu anak-anak bahwa mereka harus memberi tahu orang lain tentang kondisi mereka untuk memastikan bahwa seseorang selalu berada di dekatnya untuk membantu.

PERNAPASAN DAN KESEMUTAN YANG DIPERCEPAT

Seorang anak dengan gula darah rendah sering bernapas lebih cepat dari biasanya. Mereka juga dapat mengeluhkan sensasi kesemutan atau menyengat di sekitar mulut.

KETIDAKSTABILAN, KELEMAHAN, DAN KECANGGUNGAN

Tanpa glukosa yang cukup untuk mempertahankan aktivitas otak dan otot, episode hipoglikemia dapat menyebabkan hilangnya kekuatan otot dan koordinasi. Anak dapat menjatuhkan barang-barang atau tersandung saat berjalan. Pidato mereka dapat terputus-putus. Pada bayi, Anda mungkin melihat kurangnya gerakan dan gerakan fisik yang lambat.

IRRITABILITY, PERUBAHAN SUASANA HATI, DAN PERUBAHAN PERILAKU

iribilitas, perubahan suasana hati, hipoglikemia pada anak-anak
Kurangnya perilaku normal adalah tanda pertama hipoglikemia pada anak kecil. Pada anak-anak diabetes, dokter sering merekomendasikan mencari tanda-tanda abnormal sepanjang hari. Jika anak-anak bereaksi berbeda terhadap situasi normal, biarkan mereka rileks sebelum menyelidiki tanda-tanda.

Lekas marah dan perubahan suasana hati yang tiba-tiba adalah gejala umum hipoglikemia. Anak-anak mungkin tampak cemas atau gugup selama episode seperti itu. Mereka mungkin memiliki ledakan kemarahan atau menangis tanpa penyebab yang jelas. Perilaku yang tidak menentu, tidak pantas, kurangnya kerja sama, dan combativeness adalah petunjuk yang mungkin dari gula darah rendah.

Leave a Reply