10 Cara Mengamankan HP Anda

HP atau smartphone adalah salah satu barang pribadi yang bisa dikatakan sangat penting dewasa ini.

Jangan biarkan statistik yang membaik membuat Anda berpuas diri. Kemungkinan ponsel cerdas Anda bisa hilang atau dicuri masih sangat tinggi. Memang 44 persen pencurian disebabkan oleh pemilik yang tidak berpikiran absen meninggalkan ponsel mereka di tempat umum.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi hp Anda dan informasi sensitif apa pun yang mungkin ada didalamnya:

[1] Amankan data Anda … menggunakan kode PIN atau kata sandi 4 digit sederhana untuk mengunci layar ponsel. Jika Anda menggunakan kunci layar yang tidak memerlukan kode untuk mengakses telepon, Anda membiarkan kontak, pesan teks, email, dan akun jejaring sosial Terbuka untuk siapa saja yang mendapatkan telepon Anda.

[2] Buat lembar kontak… gunakan wallpaper ponsel cerdas Anda (wajah yang Anda lihat di layar saat Anda mengambilnya) sebagai lembar kontak-saya yang mencantumkan nama Anda, nomor telepon alternatif, alamat email, dan hadiah keuangan untuk mengembalikannya.

[3] Cadangkan data Anda … ke komputer Anda secara berkala. Cara paling sederhana untuk mencadangkan barang-barang Anda (gambar, detail kontak dll) adalah dengan menyambungkan ponsel cerdas Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Lalu, seret dan letakkan item dari perangkat ke desktop Anda.

Untungnya saat ini, lebih banyak ponsel secara otomatis mencadangkan kontak dan data Anda secara online, seperti dengan perangkat Android yang terhubung ke akun Google Anda dan Apple yang terhubung ke iTunes dan iCloud.

[4] Instal perangkat lunak pelacakan … menggunakan aplikasi pelacakan yang memungkinkan Anda menemukan ponsel anda di peta jika hilang atau dicuri. Beberapa bahkan memungkinkan Anda menampilkan pesan, mengunci perangkat Dari jarak jauh dan memutar suara alarm keras, bahkan jika itu diatur ke diam. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dari toko ponsel lokal Anda.

[5] Gunakan kill-switch… dengan mendapatkan telepon dengan kill-switch atau mengaktifkan kill-switch yang sudah Anda miliki.

Perhatikan bahwa beberapa sistem smartphone mengharuskan konsumen untuk ikut serta dalam kill-switch, yaitu mereka tidak terlindungi ketika ponsel beroperasi dalam mode default.

[6] Berhati-hatilah saat menginstal aplikasi… dan pastikan mereka aman. Pertama, baca ulasan pengguna untuk memeriksa masalah dengan aplikasi tertentu. Selama instalasi, perhatikan jenis akses yang diminta aplikasi. Jika Anda merasa meminta akses ke lebih banyak informasi daripada yang diperlukan untuk berjalan dengan benar, mundur dan jangan menginstalnya.

[7] Matikan Wi-Fi dan Bluetooth… ketika tidak digunakan untuk mengurangi kemungkinan peretas dapat terhubung ke ponsel cerdas Anda dan mencuri informasi pribadi dan keuangan Anda.

[8] Jangan simpan detail login aplikasi… untuk aplikasi atau situs web sensitif di browser seluler Anda, seperti situs perbankan atau media sosial. Pastikan Anda harus benar-benar masuk ke aplikasi setiap kali Anda ingin menggunakannya.

Jika Anda menyimpan detail login dan ponsel Anda jatuh ke tangan yang salah, orang asing akan dapat masuk ke rekening bank Anda atau akun sensitif lainnya dengan informasi yang disimpan.

[9] Buat ponsel Anda ambil-bukti … simpan di saku Anda dan jangan pernah meninggalkannya tanpa pengawasan. Trik kecil sederhana ini hanyalah masalah mengembangkan kebiasaan.

[10] Beli alarm kedekatan… untuk memperingatkan Anda ketika Anda smartphone lebih dari beberapa meter dari Anda.

Alarm kedekatan datang dalam dua bagian, pemancar dan penerima. Pasang pemancar ke ponsel cerdas Anda. Jika pemancar diambil lebih dari 15 hingga 25 kaki dari penerima, alarm akan berbunyi.

Tes sebelum Anda membeli. Alarm pada beberapa alarm kedekatan tidak terlalu keras.

Sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi smartphone Anda … Lakukan!

Leave a Reply