Manfaat Daun Jati Cina

Manfaat Daun Jati Cina

Apakah Anda tahu mengenai daun jati Cina? Daun jati Cina mungkin terdengar asing namun tanaman herbal yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ada banyak sekali manfaat daun jati Cina yang bisa Anda peroleh saat mengonsumsi teh atau ramuan lainnya dari tanaman tersebut.

Obat herbal yang sudah sangat dikenal di negeri panda sebagai obat pencahar yang paling mujarab. Meski demikian, apa saja manfaat yang bisa diambil dengan mengonsumsi ramuan dari tanaman herbal tersebut?

Manfaat daun jati cinaUntuk memaksimalkan manfaat daun jati Cina, biasanya tanaman obat ini dikeringkan kemudian dibuat teh.

Selain lebih mudah dalam penyajiannya, dengan dibuat dalam bentuk teh juga akan membuat obat herbal ini lebih awet serta tahan lama tanpa harus merusak kandungan yang ada dalam daun jati Cina.

Manfaat Daun Jati Cina untuk Kesehatan

Sebenarnya apa saja manfaat dari daun jati Cina khususnya untuk kesehatan yang harus diketahui?

Mengobati perut buncit

Manfaat daun jati Cina yang pertama adalah untuk mengobati atau untuk menghilangkan perut buncit. Memiliki perut buncit memang sangat menyebalkan khususnya untuk para wanita mengingat hal tersebut dapat merusak tampilan.

Dengan mengonsumsi secara rutin teh yang terbuat dari daun jati Cina akan menghilangkan lemak yang tertimbun dalam tubuh khususnya pada bagian perut. Sehingga jika Anda mengonsumsinya secara rutin maka lemak yang membuat perut buncit akan hilang.

Sebagai obat detox alami

Sadar atau tidak setiap hari tubuh dimasuki oleh zat racun yang berbahaya untuk kesehatan. Mungkin efeknya tidak akan terasa secara langsung namun jika terlalu lama tertimbun dalam tubuh maka dapat menimbulkan efek yang cukup mematikan.

Salah satu khasiat daun jati Cina bagi kesehatan adalah untuk menghilangkan dan mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Dengan mengonsumsi teh daun jati Cina, racun tersebut akan larut dan terbuang secara alami baik itu melalui urine, keringat, maupun kotoran.

Mempermudah saat ingin menguruskan berat badan

Menguruskan badan memang bukan hal yang mudah. Masing-masing orang memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri sehingga cara diet tiap orang pun berbeda-beda.

Manfaat daun jati cina untuk diet bisa Anda dapatkan karena kandungan dalam daun jati merah mampu meluruhkan lemak-lemak jahat yang menimbulkan berat badan berlebih.

Itulah mengapa, teh dari daun jati Cina menjadi minuman paling direkomendasikan bagi para wanita atau pria yang ingin menguruskan badannya. Untuk merawat kecantikan rambut, anda bisa membaca manfaat daun seledri untuk rambut.

Memperlancar metabolisme dalam tubuh

Manfaat daun jati Cina keempat adalah memperlancar metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu, tanaman herbal asal Cina ini juga mampu memperbaiki sistem metabolisme yang kacau karena adanya racun yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi ramuan dari daun herbal ini, lambat laun metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan mampu mengusir lemak jahat atau kolesterol yang bersarang dalam tubuh. Yang secara tidak langsung akan membuat Anda terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti stroke dan jantung.

Untuk bisa memperoleh beberapa manfaat daun jati Cina seperti di atas bukanlah hal yang sulit. Yang perlu Anda lakukan cukup mengonsumsi ramuannya baik itu berupa teh atau kapsul 2 kali sehari secara rutin.

Apakah akan ada efek samping setelah mengonsumsi ramuan dari obat herbal tersebut?

Jawabannya adalah iya namun efek samping yang akan diperoleh adalah tubuh Anda jauh lebih sehat dan lebih langsing tentunya.

Baca juga :

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

green alligator pear
Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Biji Alpukat untuk Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya – Mengkonsumsi buah alpukat mungkin merupakan hal yang biasa. Tapi bagaimana dengan bijinya?

Masih sedikit orang yang mengkonsumsi biji dari buah alpukat ini. Padahal manfaat biji alpukat sangat baik untuk mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit berbahaya. Khasiat biji alpukat ini diperoleh berkat nutrisi yang dikandungnya. Biji alpukat kaya akan vitamin B2, B3 dan vitamin C.

Tidak hanya itu, biji alpukat juga banyak mengandung antioksidan, tanin, triterpenoid serta flavonoid.

Biji alpukat tentu tidak bisa langsung dikonsumsi. Untuk mengambil kegunaan biji alpukat ini, kita bisa merebusnya selama 5-10 menit. Kemudian air rebusan tersebut diminum.

Cara lainnya adalah dengan mengiris biji tipis-tipis, kemudian menjemurnya. Biji alpukat yang telah kering dapat disimpan untuk waktu yang lama. Jika hendak mengkonsumsinya, kita bisa menumbuk atau menggilingnya hingga halus, lalu menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya.

Dengan cara tersebut manfaat biji alpukat bisa diperoleh.

Manfaat Biji Alpukat untuk Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit

Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah:

Mengobati diabetes

Manfaat biji buah alpukat untuk menyembuhkan diabetes diperoleh berkat kandungan tanin, flavonoid dan juga triterpenoidnya. Tanin mampu berperan sebagai astrigen, yang bersama-sama protein membentuk lapisan pada permukaan usus.

Lapisan ini akan mengurangi penyerapan sari makanan dan glukosa. Flavonoid pada biji alpukat dapat menghambat kerja enzim yang akan memecah karbohidrat untuk membentuk gula sederhana. Selain itu, triterpenoidnya mampu meningkatkan kadar leptin maupun hormon insulin yang dibutuhkan untuk menurunkan gula darah.

Mencegah kanker

Tidak hanya diabetes, manfaat biji buah alpukat juga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. Senyawa flavonoid dalam biji ini terdiri dari myricetin, quercetin dan juga kaemferol yang merupakan zat anti-kanker.

Selain itu, biji alpukat juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kanker memang dapat disebabkan oleh radikal bebas yang dibawa oleh polusi udara maupun pengawet makanan. Dengan mengkonsumsi antioksidan pada biji alpukat, penyakit yang mematikan inipun dapat dicegah.

Mengobati penyakit maag

Penyakit maag telah menyerang begitu banyak orang. Terkadang kita meremehkan penyakit ini dan menganggapnya hanya sebagai penyakit ringan saja. Padahal jika dibiarkan, maag yang ringan dapat meningkat menjadi luka lambung ataupun menyebabkan lengketnya lambung.

Kedua kondisi ini dapat berakhir dengan kematian. Manfaat biji alpukat tentu akan lebih baik untuk menyembuhkan penyakit maag daripada obat yang dijual di warung. Biji alpukat tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan seperti obat-obatan tersebut.

Menurunkan kolesterol jahat

Buah alpukat memang telah diyakini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tetapi tidak hanya buahnya, biji alpukat pun memiliki kemampuan yang sama.

Manfaat biji alpukat untuk menurunkan kolesterol jahat ini bisa diperoleh berkat salah satu kandungannya, yaitu lemak monosaturated. Lemak ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol yang jahat.

Dengan turunnya kadar kolesterol ini berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti jantung juga dapat dicegah.

Mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi tidak hanya membuat kepala dan pundak terasa tidak nyaman, tetapi dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Stroke dan penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan kematian adalah penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

Karena itu, tekanan darah yang tinggi harus dapat diturunkan, salah satunya adalah dengan memaksimalkan manfaat biji alpukat. Biji ini kaya akan mineral kalium yang mampu menurunkan tensi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi biji alpukat secara rutin, berbagai penyakit berbahaya pun dapat dihindari.

Berbagai penyakit berbahaya memang dapat dicegah dengan bahan-bahan alami seperti biji alpukat. Tetapi manfaat biji alpukat tersebut hanya dapat diperoleh jika dikonsumsi secara rutin untuk waktu yang cukup lama.

Jangan mudah merasa bosan, karena bahan alami biasanya bereaksi tidak secepat obat-obatan kimia. Walaupun lebih lambat, tetapi efek samping yang berbahaya juga bisa dihindari.

Selain itu, Anda juga bisa membaca manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Karena tidak hanya bijinya saja, buahnya pun memiliki khasiat yang baik.

Artikel Lainnya :

Fungsi dan Cara Kerja HTTP Injector, Psiphon Pro, KPN Tunnel, AnonyTun, dll

person holding blue ipod touch
Fungsi dan Cara Kerja HTTP Injector, Psiphon Pro, KPN Tunnel, AnonyTun, dll

Fungsi & Cara Kerja HTTP Injector, Psiphon Pro, KPN Tunnel, AnonyTun, dll – Bagi para pengguna inject nampaknya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi tersebut, karena dengan aplikasi ini mereka dapat memanfaatkan berbagaimacam paket internet yang bersifat terbatas agar dapat dirubah menjadi kuota unlimited / reguler yang bisa mereka pakai secara bebas tanpa ada batasan.

Banyak orang berfikir bahwa aplikasi injek ini memungkinkan para penggunanya untuk dapat internetan secara gratis, namun hal itu tidaklah benar melainkan hanya dapat merubah paket kuota tertentu menjadi kuota biasa sehingga nantinya bisa digunakan untuk semua media yang membutuhkan akses internet.

Selain aplikasi diatas banyak juga aplikasi injec lainnya yang bisa kalian jumpai di google playstore maupun di browser, meskipun aplikasi ini bersifat gratis tak sedikit orang kebingungan untuk memakai aplikasi tersebut. Lantas bagaimana sih cara menggunakan aplikasi http injektor, anonytun, kpn tunnel, atau psiphon pro ini? Berikut penjelasannya :

Kegunaan http injector, kpn tunnel, psiphon pro, dan anonytun

Semua aplikasi ini memiliki sifat yang sama yakni sebagai media untuk merubah kuota tertentu menjadi kuota biasa. Misalnya saja kuota chat, game, line, whatsapp, fb, bbm, kuota malam, dan kuota lainnya yang terbatas dapat dirubah menjadi kuota regular / unlimited dengan bantuan aplikasi tersebut.

Jadi jangan berfikir deh jika aplikasi injec ini membuat penggunanya bisa internetan secara gratis, meskipun bisa akan tetapi tidak mampu memberikan banyak kuota gratis hanya beberapa MB saja. Cukup jelas yah fungsi dari aplikasi ini? nah kita lanjut membahas cara kerja aplikasi injek.

Cara kerja http injector, anonytun, kpn tunnel, dan psiphon pro :

Agar aplikasi inject diatas dapat berfungsi tentu kamu harus memiliki kuota dari paket tertentu terlebih dahulu, sebagai contoh saya memiliki paket kuota videomax dari telkomsel dan ingin merubahnya menjadi kuota unlimited.

Nah selain paket tertentu anda juga membutuhkan config sesuai kartu yang anda pakai, config ini bisa kalian cari di internet maupun di grup facebook dengan kata kunci Config videomax telkomsel (karena contoh yang saya pakai adalah paket videomax telkomsel), untuk kartu lain tinggal sesuaikan saja. Download config tersebut lalu unggah di dalam aplikasi inject yang kamu pakai.

Kemudian anda juga perlu membuat akun SSH yang nantinya bisa kamu sinkronkan ke dalam salah satu aplikasi injek yang kamu pakai. Kamu bisa membuat akun ssh ini di internet dengan kata kunci Creat akun ssh. Setelah akun ssh sudah dibuat anda masukan data akun tersebut ke aplikasi injec, misalkan saja saya memakai aplikasi injek http injector, buka aplikasi http injector, lalu buka setelan ssh, kemudian tinggal masukan user name dan password sesuai akun ssh yang sudah anda buat. Jika sudah klik simpan.

Yang terakhir anda perlu menyetel bagian SSL / TLS sesuai kartu sim yang sobat pakai, tipe port proksi http yang biasa dipakai adalah 443, 2323, 80. Tinggal sesuaikan dengan kartu sim anda, untuk telkomsel biasanya port 80, untuk axis dan xl 443, dan untuk indosat 2323. Jika sudah langsung klik Connect. Tunggu beberapa saat jika setingannya benar maka akan konek, bila tidak konek juga kamu bisa memakai cara on off kan data seluler lalu klik konek lagi, lakukan cara ini berulang kali hingga muncul status connect di aplikasi tersebut.

Catatan : Meskipun umumnya aplikasi inject ini membutuhkan config atau settingan ssh / tls dan semacamnya akan tetapi ada juga yang tidak mememlukan itu semua, alias langsung tekan Connect jika memang anda memiliki paket tertentu dan ingin merubahnya ke kuota regular.

Cukup jelas yah dan mungkin hanya itu yang dapat kami jelaskan mengenai fungsi dan cara kerja aplikasi http injector, kpn tunnel, spiphon pro, anonytun untuk anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan kepada orang lain yang belum tau kegunaan dari aplikasi-aplikasi tersebut, jangan sampai mereka salah menggunakan. Terima kasih 🙂

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

plate of cookies and glass cup filled with red liquid
Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Sudah tahukah Anda mengenai manfaat teh hitam? Teh hitam merupakan sebuah teh yang bahan dasarnya terbuat dari tanaman teh hijau dan teh putih. Tanaman teh hitam sudah dikenal dari dulu, tanaman ini juga sering digunakan sebagai minuman herbal karena memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Berbagai macam variasi bahan herbal atau bahan alami menjadi sebuah komposisi pembuatan teh karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena terdiri dari berbagai macam jenis sehingga perbedaannya pun hampir bersifat signifikan.

Salah satu perbedaan teh hitam dengan teh lainnya terletak pada waktu penjemuran daun teh hitam yang lebih lama jika dibandingkan dengan penjemuran pada teh lainnya.

Manfaat teh hitam untuk kesehatan manusia

1. Mencegah penyakit jantung

Sudah banyak sekali penelitian yang di lakukan mengenai manfaat teh hitam dan hasilnya bahwa dengan meminum teh hitam dengan rutin maka akan membuat hidup menjadi lebih sehat.

Salah satu penelitian mengenai manfaat teh hitam yaitu penelitian yang dilakukan di wilayah timur tengah tepatnya Arab Saudi. Penelitian ini tidak main-main karena melibatkan sekitar lebih dari 3.400 orang dewasa.

Dari hasil penelitian itu, masyarakat uang suka meminum teh hitam lebih dari 6 cangkir dalam kurun waktu 1 hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, presentasenya sekitar 50%. Hasil ini di karenakan ada kandungan antioksidan atau yang biasa di sebut flavonoid, senyawa ini dapat mencegah penyakit jantung.

2. Mengatasi penyakit stroke

Manfaat teh hitam untuk kesehatan lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, penyakit ini di akibatkan berkurangnya aliran darah yang di karenakan penyumbatan atau adanya pendarahan. Terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa penyakit stroke dapat dicegah dengan meminum teh hitam secara rutin.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat teh hitam lainnya yaitu digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh pada manusia. Memiliki kekebalan tubuh yang baik tentu akan menguntungkan untuk diri kita sendiri. Di dalam teh hitam terkandung banyak zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menghilangkan virus atau bakteri di dalam tubuh. Selain itu dengan meminum teh hitam setiap hari anda tidak akan terkena penyakit diare, infeksi kulit berlebihan dan pneumonia.

4. Manfaat teh hitam untuk kecantikan

Penuaan dini bisa di sebabkan karena gaya hidup kita tidak baik, seperti kurang tidur dan stress. Dengan teh hitam, anda dapat mencegah penuaan dini.

Apabila teh hitam di gunakan pada bagian wajah maka akan mengurangi atau pencegah keriput pada kulit wajah dan mata kelopak mata yang bengkak. Saai ini sudah banyak teh yang di jadikan ekstrak untuk di jadikan minuman kecantikan ataupun kesehatan. Sekarang sudah saatnya anda mulai mencoba kebaikan teh hitam untuk perawatan kecantikan anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Apakah saat ini anda sedang menjalani program diet? Khasiat teh hitam juga dapat menurunkan berat badan anda. Kandungan di dalamnya dapat membakar lemak, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu anda tidak cukup meminum teh hitam saja, namun juga harus di imbangi dengan olahraga secara teratur, agar pembakaran lemaknya menjadi lebih sempurna.

Manfaat teh hitam untuk diet memang sudah banyak di ketahui oleh masyarakat, khususnya indonesia. Apabila anda baru mengetahuinya setelah membaca artikel ini, maka saya sarankan untuk segera mencoba minuman ini

Perbedaan manfaat teh hitam dan teh hijau

Pada umumnya, teh hitam dan teh hijau mempunyai manfaat yang hampir sama. Persamaannya teh hitam dan teh hijau yaitu, manfaat teh hijau dapat digunakan untuk kesehatan namun juga dapat digunakan untuk metode kecantikan. Untuk perbedaan teh hitam dan teh hijau terletak pada sistem apa yang bisa atau dapat diobati.

Manfaat teh hitam lainnya dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena teh hitam mempunyai kandungan polifenol catechin yang bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker.

Jika seorang wanita sering mengkonsumsi teh hitam ini maka akan terhindar dari penyakit kanker rahim. Maka dari itu agar tetap subur cobalah mengkonsumsi teh hitam setiap hari.

Efek samping teh hitam

Pada umumnya teh hitam dan teh hijau bisa digunakan untuk segala pengobatan berbagai jenis penyakit. Namun jika Anda memilih menggunakan teh hitam untuk pengobatan maka sebaiknya periksa tekanan darah Anda terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai tekanan darah yang tinggi maka sebaiknya menghindari untuk meminum teh hitam.

Namun jika Anda tidak memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari. Selain itu, teh hitam juga mengandung sebuah kafein yang dapat memberikan dampak buruk kondisi pada penderita tekanan darah tinggi.

Nah, itulah dampak negatif dari manfaat teh hitam jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi. Silakan baca artikel menarik lainnya tentang ‘manfaat kunyit untuk kesehatan’ yang tidak kalah menarik.

Artikel lainnya :

Rekomendasi Gadget Terbaru dan Terbaik 2020/2021

Rekomendasi Gadget Terbaru dan Terbaik 2020/2021

Gadget merupakan barang yang saat ini dibutuhkan oleh setiap orang baik untuk bekerja maupun belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa rekomendasi gadget terbaru dan terbaik 2020/2021.

Gadget merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki peran penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Saat ini gadget menjadi salah satu barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Apalagi dengan adanya pandemic gadget bukan hanya menjadi alat komunikasi namun juga menjadi alat untuk bekerja dan belajar dan inilah rekomendasi gadget terbaru.

Rekomendasi Gadget Terbaru dan Terbaik 2020/2021

Seiring dengan berkembangnya jaman, jenis dan teknologi dari gadget semakin canggih. Sehingga, tidak heran jika perusahaan elektronik akan terus memperbaharui gadget untuk memuaskan pasar. Bagi kalian yang sedang mencari gadget, inilah rekomendasi gadget terbaru dan terbaik 2020/2021.

1. iPhone 12 Pro

Isu perusahaan apel digigit yang akan mengeluarkan seri terbarunya sudah menyebar sejak beberapa bulan terakhir. iPhone 12 pro merupakan gadget kualitas premium yang sudah pasti mahal namun memiliki keunggulan. Fitur yang ada dibuat seramping mungkin sehingga terlihat mawah seperti biasanya.

Gadget yang satu ini memberikan pita frekuensi yaitu 5G dengan prosesor A4 Bionic. Fitur yang menjadi salah satu kelebihan iPhone 12 pro yaitu kualitas kamera yang terbaik bahkan sampai saat ini masih menjadi yang terbaik. Apple memang tidak pernah membuat pasar kecewa dengan produk yang mereka keluarkan.

2. iPhone 12

iPhone 12 memang memiliki kualitas di bawah iPhone 12 pro namun masih tetap premium dengan harganya yang mahal.

Spesifikasi iPhone 12 hampir sama dengan iPhone 12 pro dan memiliki peningkatan kuliatas dibandingkan dengan iPhone 11 pro. Sistem charger juga menggunakan wireless atau nirkabel dengan daya 15 watt.

3. Samsung Galaxy S20 FE

Samsung memang menjadi salah satu gadget yang banyak diminati oleh masyarakat karena fitur, spesikasi, dan harganya yang merakyat.

Saat ini, Samsung merilis seri terbaru yaitu Samsung galaxt S20 FE dengan harga di bawah 10 juta. Besar layar yaitu 6,4 inch serta pro 5G, kecepatan 120Hz, dan kamera yang bisa zoom sampai 30x.

4. Samsung galaxy note 20 ultra 5G

Samsung tidak henti-hentinya mengeluarkan gadget terbaru untuk memuaskan pelanggan mereka.

Salah satunya dengan merilis Samsung galaxy note 20 ultra 5G sebagai yang sangat canggih. Dengan besar layar 6,9 inch serta adanya fitur S pen yang terbaik.

Samsung tipe ini sangat cocok untuk game dan bisa dikatakan sebagai mini komputer. Semua aplikasi yang ada bisa disambungkan ke TV. Kamera yang ada yaitu 108 MP juga bisa zoom 50x dengan autofocus. Perusahaan gadget asal korea ini memang selalu membuat produk yang pasar inginkan sehingga laris di pasaran.

5. Oppo Reno5

Oppo menjadi salah satu gadget yang banyak diminati dan terknal karena kualitas kameranya yang bagus. Baru-baru ini oppo mengeluarkan series terbarunya yaitu oppo reno5 5G dan oppo reno5 pro 5G.

Tentu saja series terbaru dari oppo sangat dinantikan oleh masyarakan dan menjadi rekomendasi bagi kalian yang membutuhkan gadget baru. Dengan kualitas serta fitur yang baik membuat series ini akan banyak diminati oleh masyarakat.

Demikian, informasi mengenai rekomendasi gadget terbaru 2020/2021 yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Semua gadget di atas merupakan yang terbaru dan terbaik sehingga saat kalian memilihnya tidak akan ketinggalan jaman.

Selain itu, semua gadget di atas juga sudah pro 5G yang digadang-gadang akan mulai hadir ditahun 2021 dengan kecepatan yang tinggi.

Artikel lainnya :

Lailatul Qadar

person reading open booked
Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja akan mendapatkan keutamaan malam tersebut, karena itu adalah janji Allah kepada kita. Karena itu mengisinya dengan serangkaian ibadah merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda,” Barangsiapa mencari lailat al qodr, hendaknya ia mencarinya pada malam kedua puluh tujuh” (HR. Ahmad).

Jatuhnya Lailatul Qadar
Para ulama bersepakat bahwa Lailatul-Qodar terjadi pada malam bulan Ramadhan. Dan terus berlangsung pada setiap bulan Ramadhan untuk mashlahat umat Muhammad, sampai terjadinya hari qiyamat.

Adapun tentang penentuan kapan persis terjadinya, para ulama berbeda pendapat disebabkan beragamnya informasi hadits Rasulullah, serta pemahaman para shahabat tentang hal tersebut. Sebagaimana tersebut dibawah ini:

1. Lailatul-Qodar itu jatuh pada malam 17 Ramadhan, yaitu malam diturunkannya Al Qur‘an. Hal ini disampaikan oleh Zaid bin Arqom, dan Abdullah bin Zubair ra. (HR. Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan Bukhori dalam tarikh).

2. Lailatul-Qodar itu jatuh pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Diriwayatkan oleh Aisyah dari sabda Rasululah SAW:
“Carilah lailat al qodr pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhori, Muslim dan Baihaqi)
Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 21 Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Abi Said al Khudri yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.

3. Lailatul-Qodar jatuh pada malam tanggal 23 bulan Ramadhan,
Berdasarkan hadits riwayat Abdullah bin Unais al Juhany, seperti dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.

4. Lailatul-Qodar jatuh pada malam tanggal 27 bulan Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Ibnu Umar, Seperti dikutip oleh Ahmad. Dan seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, bahwa Umar bin al Khoththob, Hudzaifah serta sekumpulan besar shahabat, yakin bahwa lailat al qodr terjadi pada malam 27 bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, juga pernah menyampaikan kepada shahabat yang telah tua dan lemah tak mampu qiyam berlama-lama dan meminta nasehat kepada beliau kapan ia bisa mendapatkan lailat al qodr, Rasulullah SAW kemudian menasehati agar ia mencarinya pada malam ke 27 bulan Ramadhan (HR. Thabroni dan Baihaqi).

Seperti difahami dari riwayat Ibnu Umar dan Abi Bakrah yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim, terjadinya lailat al qodr mungkin berpindah-pindah pada malam-malam ganjil sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Sesuai dengan informasi terakhir ini, dan karena langka dan pentingnya, maka selayaknya setiap muslim berupaya selalu mendapatkannya pada sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Tanda-tanda terjadinya Lailatul Qadar
Seperti diriwayatkan Oleh Imam Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi,
Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: ” Pada saat terjadinya Lailatul-Qodar itu, malam terasa jernih, terang, tenang, cuaca sejuk tidak terasa panas tidak juga dingin. Dan pada pagi harinya matahari terbit dengan jernih terang benderang tanpa tertutup sesuatu awan”.

Sedangkan yang harus dilakukan agar dapat menggapainya:

  1. Lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari itu. Dalam peribadatan ini juga dengan mengikutsertakan keluarga. Hal itulah yang dahulu dicontohkan Rasulullah SAW.
  2. Melakukan i‘tikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
  3. Melakukan qiyamullail berjama‘ah, sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.
  4. Memperbanyak do‘a memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah dengan lafal: “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibul afwa fa‘fu ‘anni”.

Hal inilah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah ra ketika beliau bertanya:
“wahai Rasulullah, bila aku ketahui kedatangan lailat al qodr, apa yang mesti aku ucapkan”? (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Wallahu a‘lam bis-shawab.

Artikel lainnya :

Kaitan Puasa dan Al Quran

brown and black dome building
Kaitan Puasa dan Al Quran

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al-Baqarah: 185).

Pendahuluan

Puasa di bulan Ramadhan erat kaitannya dengan Al Qur’an. Dalam surat yang berkaitan dengan turunnya kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan disebutkan pula mengenai diturunkannya Al Qur’an. Bahkan dalam Tafsir Ibnu Katsir dikatakan, Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Nabi lainnya juga pada bulan Ramadhan. Oleh sebab itulah maka kedudukan bulan Ramadhan penting sekali. Dari bulan inilah bermula firman-firman Allah yang mulia ini disampaikan kepada Rasulullah SAW untuk generasi terakhir dari umat manusia. Al Qur’an yang turun berangsur-angsur diturunkan Mekkah dan Medinah memberikan kerangka yang jelas bagi umat manusia bagaimana way of life yang dikehendaki oleh-Nya.

Satu generasi terbaik zaman Rasulullah SAW telah membuktikan dengan berbekal Al Qur’an ini seluruh pencapaian peradaban bisa diwujudkan. Prestasi itu tidak hanya secara individual tercipta manusia-manusia shaleh kelas dunia tetapi juga secara kolektif Al Qur’an telah mencetak generasi baru yang berkiblat kepada pengabdian semata-mata kepada Allah SWT. Generasi umat Islam pertama yang tidak diperhatikan dunia telah melahirkan peradaban selama tujuh abad dan dibanggakan sampai sekarang. Mereka lahir ke pentas peradaban dunia dengan panji-panji Islam yang didasarkan kepada Al Qur’an.

Begitulah Al Qur’an dalam kehidupan ini. Jika terdapat generasi yang bisa membentuk peradaban baru melalui Al Quran yang mulia inilah maka saatnya kita merenungkan bahwa generasi seperti itu telah dijanjikan pula oleh Al Qur’an untuk masa-masa lainnya hingga empat belas abad kemudian. Semuanya bisa dicapai dengan syarat-syarat yang telah ditempuh oleh generasi salafusalih. Rasulullah bersabda:

“Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada hamba di hari kiamat. Puasa akan berkata, ‘Ya Rabbi, aku telah menghalanginya dari makan dan syahwat, maka perkenankanlah aku memberikan syafa’at untuknya.’ Sedangkan Al-Quran akan berkata, ‘Ya Rabbi, aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, maka perkenankanlah aku memberikan syafa’at untuknya.’ Maka Allah Swt. memperkenankan keduanya memberikan syafa’at.” (HR Imam Ahmad dan Ath-Thabrani) Tidak lama lagi, peristiwa turunnya Al Qur’an yakni Nuzulul Al Qur’an akan diperingati. Saatnya kita mengenal lebih jauh mengenai ayat-ayat pertama yang diturunkan kepada umat manusia melalui Rasulullah SAW. Dan juga kewajiban kita berkaitan dengan Al Qur’an.

Empat kewajiban

Dari berbagai kajian ulama, dapat disebutkan disini sedikitnya empat kewajiban kita kepada Al Qur’an. Dalam bulan Ramadhan ini saatnya kita juga bersama-sama memperbaharui sikap kepada Kitab Suci terakhir ini. Pertama, seperti disebutkan dalam Surat Al Baqarah bahwa Al Qur’an adalah Al Huda dan Al Furqan. Pemandu dan Pembeda. Dalam ayat lain seperti surat Al Fath ayat 28 dimana Rasulullah menerima Al Huda dan Dinul Haq. Maka Al Quran merupakan sebuah panduan kehidupan secara individu maupun masyarakat. Tingkat nasional maupun internasional.

Disinilah kita diperintahkan untuk meyakini sedalam-dalamnya bahwa sistem kehidupan yang dibawa Al Qur’an merupakan sesuatu yang haq dan menyelamatkan umat manusia. Seluruh petunjuk Al Qur’an merupakan kerangka kesuksesan kehidupan di dunia dan akhirat.

Ambil saja sebuah surat seperti Al Alaq ayat satu Iqro (Bacalah) maka tersurat dan tersirat kewajiban kita untuk menuntut ilmu setiap hari tanpa henti dari sejak lahir sampai liang kubur.

Kedua, karena adanya keyakinan itulah Al Qur’an dijadikan sebagai hiasan dalam kehidupannya. Kemanapun dia pergi baik dalam kepentingan individu, keluarga dan komunitas Al Qur’an dijadikan sebagai sandaran utamanya. Al Qur’an menjadi perhatian kita setiap hari apalagi di bulan Ramadhan baik dengan cara mendengarkannya sesering mungkin, dibandingkan mendengar lagu-lagu pop; membacanya secara sungguh-sungguh, selembar demi selembar. Dan tentu saja kecintaan dan keyakinan itu akan mendorong kesungguhan dalam menambah khasanah bacaan Al Qur’an.

“Dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (QS Al-A’raf: 204).

Kita dianjurkan untuk tadarus Al Quran secara rutin Dikisahkan bahwa Umar bin Abdul Aziz apabila disibukkan oleh urusan kaum Muslimin, beliau mengambil Al-Quran dan membacanya walaupun hanya dua atau tiga ayat. Beliau berkata, “Agar saya tidak termasuk mereka yang menjadikan Al-Quran sebagai sesuatu yang ditinggalkan.”

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka ia memperoleh satu kebaikan, dan satu kebaikan berlipat sepuluh kali. Aku tidak katakan alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HRTirmidzi).

Ketiga, . “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (QS Shaad: 29).

Ali bin Abi Thalib Ra. berkata, “Ketahuilah tidak ada kebaikan dalam ibadah kecuali dengan ilmu, tidak ada kebaikan dalam ilmu kecuali dengan pemahaman, dan tidak ada kebaikan dalam membaca Al-Qur`an kecuali dengan tadabbur.”Oleh sebab itulah kewajiban kita adalah menghayati Al Qur’an. Menyerap semua hikmah dalam Al Qur’an adalah kewajiban kita.

Menyelamati dan merenungkan ayat-ayat Al Qur’an serta menghayati kebesaran Allah SWT dengan firman-firmannya seyogyanya menjadi keseharian kita. Terakhir, sesuatu yang wajar apabila kita memiliki keyakinan kepada Al Qur’an sebagai sumber keberhasilan hidup ini, maka dorongan untuk mengamalkannya menjadi alamiah.

Artinya dalam diri tidak ada paksaan karena meyakini dengan jalan inilah keselamatan dan kesuksesan hidupnya dapat diraih.Allah berfirman dalam surat Al An’am:155. “Dan Al Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat” (QS Al-An’am: 155).

Penutup Rasulullah menyatakan orang yang jenius adalah orang yang mempersiapkan dirinya untuk kehidupan hari akhir, kehidupan yang abadi. Wal akhirati khairul minal uula.

Kehidupan hari akhir lebih baik dari kehidupan dunia. Al Qur’an yang diturunkan pada bulan Ramadhan ini adalah panduan kesuksesan mempersiapkan kehidupan di hari akhirat. Jadi mereka yang membaca, mengkaji, menghayati dan mengamalkanya tergolong orang dan umat jenius.Wallahu a’lam bishshawab. (dari berbagai sumber).

Artikel lainnya :

Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami

Mengatasi demam pada anak secara alami.

Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami – Sebenarnya obat pereda demak untuk anak-anak banyak jenisnya dan mudah didapatkan di apotik.

Namun, biasanya di antara kita hanya menggunakan obat tersebut seketika suhu badan si anak benar-benar tinggi. Umumnya obat yang mampu meredakan demam pada anak adalah parasetamola atau ibuprofen.

Sayangnya keduanya memiliki efek samping tertentu.

Alangkah baiknya jika anda menghindari obat-obatan berbahan kimia itu. Memang obat tersebut dapat dengan cepat menghilangkan demam pada anak-anak.

Tetapi, apa salahnya bila anda mencoba obat alami yang bersifat tradisional yang telah diyakini manjur mengatasi demam sejak jaman dahulu. Lantas, apa saja obat demam tersebut?

Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami

Mari kita ulas satu persatu obat demam alami untuk anak-anak berikut ini.

1. Kunyit

Kunyit ternyata mampu mengatasi demam pada anak-anak. Hal ini dikarenakan kunyit mempunyai kandungan berupa minyak atsiri, turmeron, curcumin dan zingiberen.

Dimana kandungan tersebut berguna sebagai antioksidan, anti inflamasi dan antibakteri penurun panas. Anda cukup memarut kunyit berukuran 1 ruas jari. Berikan air panas pada parutan kunyit tadi.

Kemudian dinginkan dan peras ramuan untuk diambil sarinya. Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu agar semakin efektif.

2. Bawang Merah

Bawang merah yang banyak memiliki kandungan seperti sikloaliin metilaliin, minyak atsiri, floroglusin dan kuersetin mampu meredakan demam pada anak kecil.

Adapun caranya yakni memarut atau pun mengiris bawang merah secukupnya. Tambahkan sedikit minyak kelapa. Berikan campuran tersebut ke tubuh anak dan tunggu reaksi yang dihasilkan.

3. Temulawak

Temulawak mempunyai kandungan berupa zat aktif germacrene, alpha betha curcumena serta xanthorrhizol, yang mampu menjadi antibiotik dan anti inflamsi.

Langkah pertama parut 1 ruas jari temulawak dan tambahkan setengah gelas air. Aduk terlebih dahulu sebelum disaring  dan peras setelahnya. Gunakan air sarinya untuk diberikan kepada si kecil, namun tambahkan sedikit madu agar terasa lebih manis.

4. Jeruk Nipis

Berikutnya ada jeruk nipis yang memang bermanfaat baik untuk mengatasi demam pada anak. Cara yang dilakukan adalah menyiapkan jeruk nipis sebanyak setengah buah, 1 butir kuning telur ayam kampung dan madu secukupnya.

Setelah itu, peras jeruk nipis dan campur dengan air panas kira-kira setengh gelas  saja. Adul seluruh bahan hingga merata. Berikan pada anak untuk sekali minum ¼ gelas dan  2 kali sehari.

5. Air Kelapa Muda

Terakhir anda bisa memberikan air kelapa muda pada si buah hati. Air kelapa muda sudah dipercaya sebagai obat alami dalam menurunkan demam untuk anak-anak.

Oleh karena itu, jika si kecil mengalami demam atau panas segera berikan air kelapa muda.Pasalnya saat anak demam tubuh akan kehilangan cairan berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuh.

Dimana air kelapa muda banyak mengandung mineral dan kalium yang dapat menggantikan ion pada tubuh.

Demikian cara alami dalam mengatasi demam atau panas pada anak.

Setidaknya anda tidak usah khawatir jika anak menderita demam lantaran saat ini obat alami untuk meredakannya.

Baca juga :

Masker Buah Untuk Memutihkan Wajah Dengan Cepat

Cara Memutihkan Wajah secara Alami
Cara Memutihkan Wajah secara Alami

Masker Buah Untuk Memutihkan Wajah Dengan Cepat – Memiliki kulit wajah yang putih cerah dan bersinar merupakan impian bagi setiap orang, terutama untuk kaum wanita.

Sebenarnya banyak cara yang bisa membuat kulit wajah tampak lebih putih. Salah satunya adalah menjaga kebersihan kulit seara teratur. Pasalnya selepas aktivitas sepanjang hari kotoran dan bakteri bercampur dan menempel di permukaan kulit.

Hal  itulah yang menyebabkan jerawat dan kulit terasa kusam.

Nah, menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat saja tidak cukup untuk mengatasi masalah wajah kusam dan berkeriput. Tentunya mengguakan bahan alami seperti buah-buahan ataupun tanaman tradisional menjadi solusi utamanya.

Bukan hanya murah, bahan alami sebagai pemutih wajah juga lebih aman daripada memakai produk kecantikan.

Masker Buah Untuk Memutihkan Wajah Dengan Cepat

Berikut ini ada masker buah yang memutihkan wajah secepatnya. 

1. Bengkoang

Bengkoang memang sudah dipercaya ampuh untuk memutihkan kulit wajah. Cara pengolahannya dengan mengupas bengkoang dan diblender sampai lembut.

Selanjutnya oleskan ke seluruh wajah sebagai masker. Diamkan hingga sarinya menyerap ke dalam kulit dan tunggu sampai ampasnya kering. Bersihkan menggunakan air hangat.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan serat tinggi, sehingga dapat melembabkan sekaligus memutihkan kulit wajah. Selain itu, juga mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya sekalipun.

Langkah pertama siapkan 1 butir telur dan kocoklah. Tambahkan 1 atau 2 buah jeruk nipis. Terapkan pada wajah hingga merata.

Jika sudah kering nantinya putih telur akan mengeras dan terasa kaku, barulah anda membasuhnya dengan waslap hangat.

2. Alpukat

Buah alpukat atau avocado banyak mengandung lemak yang baik. Maka jangan heran, alpukat menjadikan kulit lebih kencang dan tetap awet muda.

Untuk membuatnya ambillah buah alpukat setengahnya saja. Berikan 1 buah kuning telur dan tambahkan susu 1/4 cangkir. Aduk setelahnya hingga merata dan membentuk seperti pasta.

Gunakan sebagai masker wajah, lalu diamkan selama 30 menit atau sampai mengering. Barulah anda membilasnya denagn waslap hangat.

4. Pepaya

Pepaya sangat bermanfaat untuk  peremajaan kulit dan membantu sel kulit mati agar mengelupas. Dengan begitu kulit secara perlahan akan berubah menjadi putih.

Anda cukup memblender pepaya sebanyak 50-100 gram. Tambahkan madu sedikit saja. Aplikasikan pada wajah dan diamkan sekitar beberapa menit. Gunakan waslap hangat untuk membersihkannya.

Lakukan secara rutin agar anda bisa melihat perubahannya.

5. Stroberi

Sama seperti buah pepaya, stroberi juga berkhsaiat dalam membuat kulit mengelupas dan menggantinya dengan sel kulit yang baru, sehingga dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah.

Siapkan sekitar 7-8 buah stroberi untuk diblender. Berikan susu segar secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama beberapa jam. 

Bersihkan menggunakan air hangat. Sebaiknya anda melakukan perawatan kulit minimal 2 kali dalam sehari, di pagi dan malam hari.

Jika membasuh wajah di pagi hari akan membuat kulit terasa lebih sehat dan kencang. Sedangkan pada malam hari berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, sisa make-up dan bakteri.

Semoga tips memutihkan wajah secara alami dari kami ini bermanfaat ya!

Baca juga: Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami