FSatriyo

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 9th 2012

Sebuah Organisasi yang ingin mencapai tujuannya perlu membuat keputusan-keputusan yang akan mempengaruhi organisasi tersebut. Untuk mempermudah pengambilan keputusan diperlukan bantuan IT, karena komputer dapat membantu mengolah informasi secara cepat dengan lebih mudah, dapat menganilisis banyak alternatif secara cepat serta resikonya.

Data yang berkualitas dibutuhkan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Kualitas data akan menentukan kualitas keputusan berdasarkan data tersebut. Data yang berkualitas harus akurat, aman, relevan, timely(ada saat dibutuhkan dan mudah diakses), lengkap dan konsisten(tidak berubah-ubah). Data dikumpulkan dengan beberapa cara yakni secara manual, dengan menggunakan atau sensor, dan dengan scanning atau transfer elektronik untuk selanjutnya disimpan di data warehouse atau data marts. Data-data dikumpulkan untuk memberikan pondasi atau dasar untuk business intelligence.

Pengambilan keputusan tentu tidak bisa secara instan, proses pengambilan keputusan harus melalui beberapa tahap. Tahap-tahap ini yakni Intelligence phase, Design phase, Choice phase, dan Implementasi solusi. Pada Intelligence phase dilakukan pemeriksaan masalah. Kemudian pada Design phase ditentukan model yang digunakan, model disini berarti representasi sederhana dari realita yang ada. Terdapat 4 jenis model, Iconic model (replika fisik dari sistem), Analog model (berjalan seperti sistem yang real namun bentuknya tidak sama), Mathematical model (pemodelan secara matematis), dan Mental model (bagaimana orang berpikir terhadap sebuah situasi). Tahap selanjutnya adalah Choice phase, yakni memverifikasi dan mengujicoba solusi. Kemudian Solusi tersebut diimplementasikan.

Proses pengambilan keputusan sebuah organisasi dapat menjadi lebih mudah dengan adanya Decision Support System (DSS). DSS terdiri dari Data Management (menyediakan data), User Interface, Model Management (software finansial, statistikal atau model kuantitatif lain), dan Knowledge Management (menyediakan knowledge sebagai solusi). Untuk proses pengambilan keputusan dengan skala yang lebih besar dapat dibantu dengan Enterprise Decision Support.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php