FSatriyo

Wireless and Mobile

Posted: November 26th 2012

Teknologi wireless yang berupa gadget, merupakan alat yang mudah untuk dibawa atau digunakan, mempunyai cukup tenaga komputasi untuk melakukan tugas yang produktif dan dapat berkomunikasi secara wireless dengan internet dan alat lain. Contoh gadget wireless adalah PDA, handphone, dan smartphone. Untuk melakukan transmisi, teknologi wireless tentu memerlukan media. Media tersebut dapat berupa sistem transmisi gelombang micro, yang digunakan untuk komunikasi titik ke titik, jarak jauh, dan data yang besar. Media lain yang dapat digunakan adalah transmisi satelit, dengan menggunakan 3 orbit yang berbeda. Geostationary(GEO) digunakan untuk sinyal televisi, Medium-earth-orbit(MEO) digunakan untuk GPS, Low-earth-orbit(LEO) digunakan untuk sinyal telepon. Salah satu teknologi yang menggunakan transmisi satelit adalah GPS, dengan menggunakan minimal 3 satelit yang berfungsi untuk menentukan sumbu x,y,z dari sebuah lokasi.

Jaringan komputer wireless dapat berupa, Bluetooth untuk PAN, Wi-Fi untuk WLAN, Wi-Max untuk WMAN, dan proposed untuk WWAN. Bluetooth dapat mengkoneksikan 8 alat dalam radius 8 meter dengan kecepatan transmisi mencapai 1Mbps. Wi-FI dapat mentransmisikan data dengan kecepatan mencapai 54Mbps dengan radius 50 meter. Mi-Max dapat mentransimisikan data dengan kecepatan mencapai 75Mbps dengan jangkauan mencapai 31 mil.

Mobile computing merujuk pada koneksi wireless dan real-time yang dilakukan antara mobile device dengan lingkungan komputer lain, misalnya internet atau intranet. Pengguna dapat membwae mobile device kemanapun dan dapat melakukan kontak ke sistem lain secara real-time, dan juga pengguna dapat dijangkau secara instan saat menggunakan open mobile device.

M-commerce merujuk pada transaksi e-commerce dilakukan secara wireless terutama lewat internet. Faktor yang mendukung perkembangan m-commerce diantaranya, luasnya penggunaan mobile device, budaya “cell phone”, dan bandwith yang membaik. aplikasi m-commerce antara lain Financial Services, Mobile Banking, Wireless Electronic Payment Systems, Micropayments, Mobile (Wireless) Wallets, Wireless Bill Payments.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php