FSatriyo

Ethics, Impacts, and Security

Posted: November 19th 2012

Aktivitas di dunia IT tidak bisa dilepaskan dari etika. Masalah etika yang diperhatikan dalam dunia IT berupa privasi, akurasi, properti, dan aksesibilitas. Privasi menyangkut hal apa yang dapat disimpan dan dibagikan mengenai orang lain. AKurasi menyangkut apa yang dilakukan untuk menjamin data yang otentik dan akurat. Properti menyangkut siapa yang memiliki properti intelektual dan bagaimana memberikan kompensasi terhadap properti tersebut. Aksesibilitas menyakut siapa yang dapat mengambil informasi.

IT dapat berdampak di kehidupan dalam berbagai bidang. Misalnya, dalam sebuah organisasi. IT memiliki potensial untuk mengubah organisasi secara signifikan. Struktur organisasi menjadi lebih datarĀ  atau rata, dengan menghilangkan lapisan tengah, dan dengan control yang lebih luas. Dalam bidang pekerjaan, IT akan berpengaruh pada komunikasi yang berbasiskan komputer akan lebih dibutuhkan, cara manager mengambil keputusan mungkin berubah. IT juga dapat berpengaruh pada individual, ketakutan akan penggunaan komputer sebagai pengganti sumberdaya manusia.

Sistem Informasi rentan terhadap berbagai ancaman. Baik ancaman yang terjadi secara sengaja (sebagai subyek kriminal) maupun tidak sengaja (kesalahan manusia, bencana alam, dan kesalahan produk komputer). Untuk mengatasi berbagai ancaman tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa strategi. Pertama dengan protection secara umum (keamanan fisik fasilitas dan sumberdaya, melindungi data dari akses yang tidak diperkenankan). Kedua dengan kontrol aplikasi (memastikan kualitas input, menguji kualitas proses). Ketiga dengan kontrol jaringan (mengontrol akses terhadap sumberdaya jaringan, melindungi data dengan enkripsi). Terakhir dengan evaluasi rutin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php