FSatriyo

E-Commerce

Posted: November 12th 2012

E-Commerce yang merupakan kepanjangan dari electronic commerce, secara sederhana berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Namun, sesungguhnya e-commerce mencakup lebih dari itu. Electronic COmmerce merupakan proses yang mencakup membeli, menjual, atau bertukar barang, maupun jasa dan informasi lewat jaringan komputer, terutama lewat internet. Konsep penggunaan EC dapat dibagi menjadi murni EC, yang berupa organisasi yang hanya menjual barang dan jasa secara online, sebagian EC, organisasi yang menjalankan kegiatan EC, namun tetap menjalankan kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam E-Commerce adalah pertama infrastructure, berupa hardware, software, dan network yang dibutuhkan untuk melakukan e-commerce. Kedua mekanisme pembayaran elektronik, dapat berupa cek elektronik, kartu kredit elektronik, ataupun uang elektronik. Ketiga keamanan, hal ini merupakan sebuah kebutuhan dasar dalam sebuah proses yang rentan terhadap ancaman. Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan dalam melakukan e-ccomerce, diantaranya enkripsi, electronic certificates, secure socket layer, dan secure electronic transaction protocol.

Sekarang ini E-commerce sudah banyak diterapkan di banyak kegiatan jual-beli. Misalnya tempat jual-beli online seperti amazon dan ebay, yang membuat kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah. Contoh lain adalah forum jual beli yang dimiliki oleh kaskus. Ada pula situs yang menyediakan jasa pembayaran elektronik yang bertindak sebagai pengganti pembayaran tradisional seperti cek, yakni PayPal. Namun kita tetap perlu untuk waspada terhadap ancaman yang mungkin terjadi, dan dapat merugikan kita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php