FSatriyo

Software Komputer

Posted: October 1st 2012

Selain Hardware, hal yang mendukung sebuah sistem komputer adalah Software. Software merupakan perangkat lunak, atau perangkat pendukung yang tidak tampak dan berada secara elektronik di dalam sebuah sistem komputer. Software, secara garis besar dibagi menjadi 2, System Software dan Application Software.

System Software berguna untuk mengatur Hardware dan menghubungkan Application Software dengan Hardware. System Software dapat dibagi lagi menjadi 2, yakni System Control Programs dan System Support Programs. System Control Program merupakan Operating System atau sistem operasi yang digunakan oleh sebuah komputer untuk mengatur segala sumberdaya yang digunakan oleh sistem seperti hardware, software dan data. System Support Program, seperti namanya berfungsi untuk mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan sebuah sistem komputer, contohnya performance monitor yang berguna untuk memonitor penggunaan sumberdaya, dan security monitor yang berguna untuk menjaga keamanan komputer dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan Application Software, merupakan software yang berguna untuk menjalankan tugas spesifik dari user. Misalnya software pengolah kata (Microsoft Word) dan pengolah angka (Microsoft excel).

Tantangan yang dihadapi oleh pengembang software saat ini adalah, mengimbangi lingkungan bisnis yang dinamis, dan mengimbangi cepatnya perkembangan Hardware. Hal ini membuat kemampuan Sistem Informasi menjadi terbatas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php