FSatriyo

Hardware Komputer

Posted: September 24th 2012

Hardware atau perangkat keras dalam sebuah sistem informasi terdiri dari 4 komponen, yakni CPU (Central Processing Unit), Memory (primary and secondary storage), Input devices, dan Output Devices. CPU dan Memory adalah dua komponen utama dalam sebuah Motherboard, CPU berfungsi untuk mengatur insruksi mengenai apa yang harus dilakukan komputer, sedangkan memory berfungsi untuk tempat menyimpan sementara data dan instruksi.

CPU (Central Processing Unit) merujuk pada sebuah microprocessor yang menjalankan instruksi. CPU terdiri dari komponen, Control Unit, Arithmetic-Logic Unit (ALU), Registers, Primary Storage. Control Unit bertugas untuk mengakses instruksi dari sebuah program kemudian mengartikan instruksi tersebut, dan mengatur aliran data dari sistem. Arithmetic-Logic Unit bertugas untuk melakukan komputasi data. Register merupakan tempat menyimpan data dan instruksi dengan kecepatan tinggi, register berfungsi untuk menyimpan instruksi saat instruksi tersebut diartikan, menyimpan data saat ALU memprosesnya, dan menyimpan hasil komputasi.

Memory terdiri dari dua jenis, yakni primary storage dan secondary storage. primary storage adalah tempat penyimpanan sementara informasi yang sedang dikerjakan, software aplikasi yang sedang digunakan, dan software sistem operasi. Secondary storage bersifat nonvolatile (data tidak hilang ketika daya listrik hilang), data yang disimpan dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram ulang. Secondary storage umumnya memliki kapasitas yang besar, harga yang lebih murah namun kecepatan yang lebih lambat dibandingkan primary storage.

Input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer, contohnya keyboard, mic, mouse, dan sensor. Output devices adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan informasi yang sudah diolah, contohnya monitor, speaker, dan printer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php