Joni friswan

PTI

Posted: November 24th 2012

Pertemuan -11

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Chapter Outline

  • w7.1 Wireless Technologies
  • w7.2 Wireless Computer Networks and Internet Access
  • w7.3 Mobile Computing and Mobile commerce
  • w7.4 Pervasive Computing
  • w7.5 Wireless Security

7.1 Wireless Technologies

– Perangkat nirkabel cukup kecil untuk dengan mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.

  • Sertakan PDA, telepon selular, ponsel pintar.
  • Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.
  • Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media

– Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point.

  • Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.

– Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:

  • Geostationary (GEO)
  • Medium-earth-orbit (MEO)
  • Low-earth-orbit (LEO)

– Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.
– Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
– Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

Types of Orbits

– Geostasioner orbit bumi (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
– Sedang bumi orbit (MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
– Bumi orbit rendah (LEO) adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.
Global Positioning Systems
– GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.
Internet over Satellite (IOS)

– IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.

  • Hanya tersedia di beberapa daerah pilihan.
  • Dapat mengalami keterlambatan propagasi atau terganggu oleh kondisi lingkungan.

Radio

– Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
– Satellite Radio (radio digital) menawarkan terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)
– Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

7.2 Wireless Computer Networks and Internet Access

– IEEE standards for wireless computer networks include:
  • IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).
  • IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)
  • IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)
  • IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

Bluetooth

– Bluetooth digunakan untuk membuat PANS kecil:

  • dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter;
  • menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis;

– dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.
Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

Zigbee

– Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah:

  • memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth;
  • Dapat menangani ratusan perangkat sekaligus;
  • aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter.

– Fokus saat ini adalah untuk menghubungkan sensor nirkabel yang tertanam dalam kontrol industri, peralatan medis, alarm asap dan penyusup dan bangunan dan rumah robot.

Wireless Local Area Networks (WLANs)

– WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet.
  • Wireless network interface card (NIC) yang diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.
  • Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa).
– IEEE standard for WLANs is the 802.11 family, known as Wi-Fi, for Wireless Fidelity.
  • 802.11a can transmit up to 54 Mbps within 30 meters; 802.11b can transmit up to 11 Mbps within 30-50 meters; 802.11g – 54 Mbps, 50 meters.
  • Benefits are low cost and simple Internet access.

Problems with Wi-Fi

– Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.
– Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.
– Biaya – komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.

WiMax

– Worldwide Interoperability for Microwave Access, dikenal sebagai WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16.

  • Akses nirkabel jarak hingga 31 mil;
  • Kecepatan transfer data 75 Mbps;
  • Aman sistem yang menawarkan suara dan video.

7.3 Mobile Computing and Mobile Commerce

– Handphone komputasi mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.

  • 1 Mobilitas – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.
  • 2 jangkauan luas – pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

– 2 karakteristik, mobilitas dan jangkauan yang luas, menciptakan lima nilai tambah atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu:

  • Ubiquity;
  • kenyamanan;
  • Konektivitas instan;
  • personalisasi;
  • Lokalisasi produk dan jasa.

Mobile Commerce

– M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet.
– Pengembangan m-commerce adalah didorong oleh faktor-faktor berikut:

  • Meluasnya ketersediaan perangkat mobile
  • Tidak perlu untuk PC
  • The “your phone budaya”
  • penurunan harga
  • Bandwidth peningkatan

Mobile Commerce Applications

– Financial Services
– Mobile Banking
– Wireless Electronic Payment Systems
– Micropayments
– Mobile (Wireless) Wallets
– Wireless Bill Payments
Intrabusiness Applications
– mengakses Informasi

  • Mobile Portal agregat dan menyediakan konten dan layanan untuk pengguna ponsel yang meliputi berita, olahraga, email, hiburan, perjalanan dan informasi restoran, layanan masyarakat, dan perdagangan saham.
  • Voice Portal adalah sebuah situs Web dengan antarmuka audio dan juga dapat diakses melalui standar atau telepon selular.

Location-based Applications

– Belanja dari Perangkat Nirkabel – vendor online memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dari perangkat nirkabel.
– Lokasi berbasis Periklanan adalah ketika pemasar mengetahui lokasi saat ini dan preferensi pengguna ponsel, mereka dapat mengirim pengguna – tertentu pesan iklan ke perangkat nirkabel tentang toko-toko terdekat, mal dan restoran.
– Lokasi Layanan berbasis memberikan informasi kepada pelanggan tentang layanan lokal dan kondisi melalui ponsel.

Wireless Telemedicine

  • Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyediaan perawatan klinis untuk individu terletak pada jarak dan untuk transmisi informasi untuk memberikan perawatan itu.

Telemedicine Applications

– Menyimpan dan mentransfer gambar digital dari satu lokasi ke lokasi lain.
– Membiarkan pasien dalam satu lokasi untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di lain secara real time melalui videoconference.
– Menggunakan robot untuk melakukan operasi jarak jauh, dalam banyak kasus, pasien di daerah pedesaan dan spesialis adalah di daerah perkotaan.      – Teknologi nirkabel telah maju cara di mana resep diisi.
– Komunikasi mobile telah menyediakan sebuah aplikasi telemedicine yang berharga untuk situasi darurat yang timbul selama penerbangan pesawat.

Telemetry Applications

– Telemetri adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.

  • Teknisi dapat menggunakan telemetri untuk mengidentifikasi masalah pemeliharaan peralatan;
  • Dokter dapat memonitor pasien dan mengontrol peralatan medis dari jarak jauh;
  • Produsen mobil menggunakan telemetri untuk diagnosis kendaraan jarak jauh dan pemeliharaan preventif.

7.4 Pervasive Computing

– Komputasi Pervasif (komputasi Ubiquitous) tidak terlihat “di mana-mana komputasi” yang tertanam dalam benda-benda di sekitar kita – lantai, lampu, mobil kita, mesin cuci, oven microwave, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya. (misalnya, rumah pintar, peralatan pintar)

Radio Frequency Identification

– Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan mereka melalui sinyal radio.
– Auto-ID membuat jaringan yang menghubungkan komputer ke objek, sebuah Internet “hal”.
– Internet hal ini akan memberikan kemampuan untuk melacak setiap item ketika mereka bergerak dari pabrik untuk menyimpan rak ke fasilitas daur ulang.
– Masalah dengan RFID telah biaya.

Wireless Sensor Networks (WSNs)

– Wireless Sensor Networks are networks of interconnected, battery-powered, wireless sensors called motes that are placed into the physical environment.
  • Motes collect data from many points over an extended space.
  • Each mote contains processing, storage, and radio frequency sensors and antennaes.
  • Motes provide information that enables a central computer to integrate reports of the same activity from different angles within the network.
– Mesh Network is composed of motes, where each mote wakes up for a fraction of a second when it has data to transmit and then relays that data to its nearest neighbor.
– An advantage is if one mote fails, another one can pick up the data.
– Very efficient and reliable.
7.5 Wireless Security
– Four major threats
  • Rogue access point is an unauthorized access point to a wireless network.
  • War driving is the act of locating WLANs while driving around a city or elsewhere.
  • Eavesdropping refers to efforts by unauthorized users to try to access data traveling over wireless networks.
  • RF (Radio frequency) jamming is when a person or a device intentionally or unintentionally interferes with your wireless network transmissions.
– To avoid those previously mentioned threats implement the following solutions:
  • Detect unauthorized access points with devices from NetStumbler;
  • Block your SSIDs;
  • Encrypt wireless transmissions with Wi-Fi Protected Access (WPA);
  • Know who is using your network and what they are doing on it;
  • Automatically shift to a different wireless channel when there is interference.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php