f x kurniawan

PTI MINGGU 12 (Data, Pengetahuan, dan Pendukung Keputusan)

Posted: November 23rd 2012

Minggu 12 :
‘Data, Pengetahuan, dan Pendukung Keputusan’

1. Apa Manajer lakukan?
# Membuat keputusan dalam proses pencapaian tujuan
=> Interpersonal peran: tokoh, pemimpin,penghubung
=> Informational peran: monitor, penyebar, juru bicara
=> Putusan peran: pengusaha, gangguan handler,pengalokasi sumber daya, negosiator

2. Mengapa Perlu Manajer TI Dukungan?
a. Volume informasi yang tersedia adalah mengejutkan
b. Manual pengolahan informasi dengan cepatsemakin sulit
c. Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas
=> Meneliti berbagai alternatif sangat cepat
=> Memberikan analisis risiko sistematik

3. Di mana kita mendapatkan data yang kita butuhkan?
a. Sumber Data
=> Data Internal
=> Data Pribadi
=> External Data
b. Metode Pengumpulan Data
=> Manual
=> Dengan instrumen dan sensor
=> Pemindaian atau transfer elektronik

4. Apa yang disebut dengan data yang baik?
# Kualitas Data
=> Kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data ini
=> Isu yang sangat penting
=> Karakteristik data berkualitas tinggi: akurat,aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

5. Penyimpanan Data dan Manajemen
a. Penyimpanan Data
=> Database atau data warehouse dan data mart
b. Manajemen Data kesulitan
=> Data Volume eksponensial meningkat dengan waktu
=> Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
=> Data mentah yang tersimpan banyak tempat dan cara hanya bagian kecil dari data yang relevan untuk situasi tertentu
=> Semakin banyak data eksternal
=> Persyaratan hukum yang berbeda yang berkaitan dengan data yang kurang baik
=> Kesulitan memilih alat manajemen data
=> Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting

6. Business Intelligence
# Tujuan ‘ultimate’ pengumpulan data adalah untuk memberikan landasan untuk intelijen bisnis
=> Semua data yang diperlukan untuk keputusan suara
=> Data diambil dari gudang data atau data mart
=> Data alat analisis yang diterapkan
=> Pengambil keputusan ‘Penghakiman’ ditambah dengan fakta, analisis, dan prakiraan

7. Pengambilan Keputusan Proses
a. Decision Support Systems menyediakan dukungan terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan
b. Akhir-pengguna aktif bekerja dengan data warehouse
c. Akhir-pengguna menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhan akan situasi keputusan

Apa yang kita maksud dengan ‘model’?
# Model – representasi yang disederhanakan dari realitas
=> Iconic (skala) model
~ Fisik replika dari suatu sistem
=> Analog model
~ Berperilaku seperti sistem nyata, tidak terlihat seperti itu
=> Matematika (kuantitatif) model
~ Model yang kompleks hubungan dan melakukan eksperimentasi dengan mereka
=> Mental Model
~ Bagaimana seseorang berpikir tentang situasi
# Sebuah Kerangka Pendukung Keputusan Komputerisasi
a. Struktur Masalah
~ Proses pengambilan keputusan jatuh di sepanjang sebuah kontinum yang berkisar dari yang sangat terstruktur keputusan yang sangat terstruktur
b. Sifat Keputusan
~ Perencanaan strategis – yang tujuan jangka panjang dan kebijakan untuk alokasi sumber daya
~ Kontrol manajemen – akuisisi dan pemanfaatan sumber daya yang efisien dalam pencapaian tujuan organisasi
~ Operasional kontrol – eksekusi efisien danefektif tugas-tugas tertentu

Pengambilan dalam keputusan :
a. Keputusan terstruktur telah lama didukung oleh komputer
b. Kelas keputusan terstruktur telah ditanganidengan model matematis Ilmu Manajemen
~ Tentukan masalah
~ Klasifikasikan masalah ke dalam kategori standar
~ Buatlah sebuah model matematika standar
~ Cari solusi potensial
~ Memilih dan merekomendasikan solusi yang spesifik

8. Sistem Pendukung Keputusan
a. Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur
b. Karakteristik dan Kemampuan
=> Pengambil keputusan Dukungan di semua tingkat manajerial
=> Dukungan saling tergantung dan / atau berurutan beberapa keputusan
=> Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan dan gaya
=> Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi
=> Mudah untuk membangun
=> Memanfaatkan model dan link untuk data-dan
=> Basis pengetahuan
=> Jalankan analisis sensitivitas

c. Analisis Sensitivitas
=> Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model
d. Apabila Analisis
=> Memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan
e. Goal-seeking Analisis
=> Menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output
f. Komponen dan Struktur DSS
=> Data Management
~ Termasuk database (s) berisi data yang relevanuntuk situasi keputusan
=> User Interface
~ Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
=> Model Manajemen
~ Termasuk perangkat lunak dengan keuangan,statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatiflainnya
=> Manajemen Pengetahuan
~ Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu sub sistem lain atau bertindak sebagai komponen independen

Perusahaan Pendukung Keputusan
# Eksekutif Sistem Informasi
=> Memenuhi kebutuhan informasi eksekutif
~ Sangat terbatas waktu
~ Perlu untuk memantau dan mengidentifikasi tren bermasalah
~ Perlu eksternal serta informasi internal
=> Rapid akses ke data yang diperlukan untuk eksekutif
=> Antarmuka Sangat mudah pengguna
=> Sangat grafis
=> Sering berhubungan dengan layanan informasi online (misalnya, Dow Jones Berita Retrieval)
=> Menggabungkan email

=> Kemampuan EIS
~ Menelusuri
~ Faktor keberhasilan kritis dan indikator kinerja utama
~ Status akses
~ Trend analisis
~ Ad hoc analisis
~ Exception pelaporan
~ Cerdas EIS
~ Integrasi dengan DSS; aksesibilitas web

# Sistem Pendukung Keputusan Kelompok
=> Memfasilitasi solusi keputusan semi structure ddan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
=> Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negatif
=> Mendukung proses kelompok oleh generasi ide mendorong, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk masalah

# GDSS Implementasi
=> (Face-to-face) pertemuan – keputusan kamar’khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih
=> Perusahaan ‘perang kamar’ – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan untuk semua untuk melihat
=> Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratifuntuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender,polling, dll

9. Apa yang bisa kita lakukan dengan data yang tersimpan?
a. Analytical Processing – kegiatan analisis data akumulasi
b. Pengolahan analisis online (OLAP)
~ Sebuah aktivitas pengguna akhir
~ Libatkan set data yang besar dengan hubungan yang kompleks
~ Gunakan Sistem Dukungan Keputusan model
~ Apakah retrospektif

10. Online Analytical Processing (OLAP)
a. Analisis oleh pengguna akhir dari desktopmereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spread sheet
b. Menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis
c. Libatkan data agregat
d. Bandingkan data agregat selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan)
e. Hadir data dalam perspektif yang berbeda
f. Melibatkan perhitungan yang kompleks antara elemen data
g. Merespon dengan cepat permintaan pengguna

Apa yang bisa kita lakukan dengan data yang tersimpan?
# Data mining – pencarian cerdas dari data yang disimpan dalam data mart atau gudang
=> Cari informasi prediktif
=> Temukan pola diketahui
# Akhir pengguna melakukan tugas pertambangan dengan alat yang sangat kuat
# Alat Pertambangan menerapkan teknikkomputasi canggih (belajar, kecerdasan)

11. Data Visualisasi
# Data dianalisa bahkan bisa lebih berguna jika disajikan dengan menggunakan teknik Visualisasi Data
=> Modeling Interaktif Visual – tampilan grafik konsekuensi keputusan
=> Simulasi Interaktif Visual – Model simulasianimasi dan dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pengambil keputusan
=> Sistem Informasi Geografis – menampilkan data yang berhubungan dengan lokasi geografis menggunakan peta digital

12. Apa itu Manajemen Pengetahuan?
# Konsep Kunci
=> Aset Pengetahuan – pasar mengenai, produk,teknologi, dan organisasi yang memiliki bisnis atau perlu memiliki
=> Praktek Terbaik – koleksi solusi yang paling sukses dan / atau studi kasus
=> Intelektual modal – koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun
=> Pengetahuan sistem – mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database,memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna
=> Intelijen kompetitif – pengumpulan informasi kompetitif

13. IT Support untuk Manajemen Pengetahuan
a. Identifikasi Pengetahuan – apa yang penting?
b. Pengetahuan penemuan dan analisis -menemukan dan mengatur pengetahuan
c. Pengetahuan akuisisi – pergi dan mendapatkan pengetahuan yg dibutuhkan dengan bertanyaatau mempromosikan generasi ide
d. Pembentukan basis pengetahuan organisasi -pengetahuan perusahaan menyimpan dan organisasi
c. Pengetahuan distribusi dan penggunaan -memastikan bahwa mereka yang membutuhkan pengetahuan dapat mengaksesnya

14. Menerapkan Manajemen Pengetahuan
a. Mereorganisasi sebagai berbasis pengetahuan organisasi
b. Menciptakan posisi baru, petugas pengetahuan kepala (CKO)
=> Menciptakan infrastruktur manajemen pengetahuan
=> Membangun budaya pengetahuan
=> Sehingga melunasi
c. Memfasilitasi pembelajaran organisasi belajar dari pengalaman mereka untuk bertahan hidup

Mempromosikan Generasi Idea
~ Sumber kunci pengetahuan adalah ide kreatif generasi oleh individu atau kelompok
~ Software alat (GDSS) dapat mempromosikan generasi ide produktif bagi kelompok
~ Perangkat lunak juga tersedia bagi individu untuk membantu merangsang produksi kreatif ide


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php