franklin

Penerapan IT Untuk Keunggulan Kompetitif

Posted: November 25th 2012

Electronic Commerce

Merupakan proses dari jual beli,atau pertukaran produk,layanan,dan iinformasi melalui jaringan komputer,terutama jaringan internet.Perkembangan electronic commerce sudah dimulai sejak tahun 1970 an dimana pada saat itu akses internet belum dapat di peroleh sebebas saat ini.

Perkembangan electronic commerce saat ini banyak sekali dipergunakan dalam berbagai keperluan bisnis misalnya :

  • Bisnis Periklanan
  • Perbankan
  • Bisnis Jual Beli Alat Elektronik
  • Jual Beli Saham
  • Melakukan Pelelangan

Dan dapat juga digunakan untuk mencari pekerjaan,melakukan kolaborasi dengan sesama mitra bisnis di seluruh dunia.Terdapat 3 jenis electronic commerce antara lain :

  1. Traditional Commerce dimana bisnis yang dijalankan belum secara online,biasanya transaksi ini berlaku di toko toko,karna Traditional Commerce semua dimensi transaksinya terkait dengan fisik dalam hal ini berupa bangunan berupa toko.
  2. Pure Electronic Commerce dimana bisnis yang dijalankan jasanya tersedia dalam jaringan internet atau jaringan yang terus online.Transaksi yang Pure ini pada umumnya hanya dilakukan oada jaringan komputer dan tidak memiliki toko seperti pada Traditional Commerce.
  3. Partial Electronic Commerce dimana bisnis yang dijalankan memiliki bangunan dan juga terdapat jasa yang disediakan secara online.

Terdapat 8 tipe E-Commerce yakni :

  1. Business-to-business EC (B2B)
  2. Collaborative commerce (c-commerce)
  3. Business-to-consumer EC (B2C)
  4. Consumer-to-businesses (C2B)
  5. Consumer-to-consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  7. Government-to-citizens (G2C) and others
  8. Mobile commerce (m-commerce

Persyaratan dari E-Commerce yakni Terdapat Infrastruktur yang mendukung terjadinya transaksi,komunikasi,dan juga kolaborasi.Transaksi yang umumnya dilakukan antara lain :

  • Pembayaran dengan menggunakan e-cash,contohnya menggunakan credit cards
  • Electronic funds transfer yakni transfer uang secara electronic dari dan kepada institusi finasial menggunakan jaringan telekomunikasi.
  • Electronic Wallets

Pada E-Commerce juga memerlukan suatu enkripsi yang membuat para konsumen merasa lebih aman karena dengan proses enkripsi membuat pesan menjadi tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci diskripsi yang sesuai.

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php