franklin

Jaringan dan Telekomunikasi

Posted: November 4th 2012

Jaringan dan Telekomunikasi

Komunikasi adalah Proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi, Sedangkan Hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya disebut dengan sistem telekomunikasi.Komponen-komponen dalam sistem komunisasi antara lain :

  • Hardware
  • Media
  • Jaringan
  • Software
  • Data communication providers
  • Protocols
  • Applications
Sinyal telekomunikasi terbagi atas 2 gelombang yaitu sinyal analog,dan sinyal digital.Karakteristik dari ke dua sinyal tersebut antara lain :
Sinyal Analog
  1. Gelombang bersifat continue.
  2. Informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang.
Sinyal Digital
  1. Gelombang bersifat Diskret.
  2. Informasi di sampaikan dalam bentuk biner.
  3. Mudah dipahami oleh komputer.
Beberapa media yang dapat digunakan dalam jaringan antara lain :
Kabel Telepon : Kelebihan dari kabel telepon yaitu murah dan mudah dipergunakan namun kekurangan nya adalah lambat, mudah terkena gangguan, dan tingkat keamanan yang rendah.
Coaxial cable :Kelebihan dari kabel coaxial yaitu mampu membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan
namun kekurangan nya yaitu lebih mahal, tingkat keamanan rendah.
Kabel fiber-optik: Kelebihan dari kabel fiber-optik adalah dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber,cepat, kapasitas besar, aman,namun harga kabel ini termasuk mahal.
Microwave : Kelebihan microwave adalah kapasitas besar, relatif murah dari pada wire namun sering terganggu oleh lingkungan sekitar.
Satelite :

Kelebihan satelit yaitu kapasistasnya yang sangat besar, Jangkuan area lebih luas kekurangan satelite adalah mahal, membutuhkan enkripsi untuk keamanan data.
Lingkungan Pada Jaringan yaitu :
-Local Area Network
Merupakan jaringan yang jarak cakupan geografis nya relatif kecil,LAN dapat menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing,Untuk membuat jaringan LAN ini berbagai topologi dapat digunakan,Macam-macam topologi antara lain : topologi bus,star,ring,hybrid dan lain lain.
-Wide Area Network
Merupakan jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas,Internet adalah salah satu contoh Wide Area Network,layanan Wide Area Network ini disediakan oleh operator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php