Flowr Blog

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: November 4th 2012

Pada bab ini akan dibahas mengenai komponen dan teknologi dalam telekomunikasi serta konfigurasi dan penggunaan jaringan dalam bisnis.

Komunikasi komputer adalah proses yang memiliki 2 atau lebih komputer atau alat untuk mentransfer data, instruksi, dan informasi. Sedangkan sistem telekomunikasi merupakan perangkat lunak atau keras yang mentransmisi informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Komponen telekomunikasinya meliputi :

a. perangkat keras (hardware)

b. media

c. jaringan (networks)

d. data communication providers

e. protocols

f. aplikasi

Sinyal telekomunikasi terbagi menjadi 2 jenis yaitu sinyal analog yang terdiri dari gelombang-gelombang dan sinyal digital yang terdiri dari pulsa-pulsa diskret dan informasinya dituliskan dengan angka-angka biner.

 

Saluran telekomunikasi dialirkan melalui kabel-kabel, berikut jenis-jenisnya :

a. twisted-pair wire (kabel telepon) –> murah dan mudah digunakan tetapi lambat dan tingkat keamanan rendah

b. coaxial cable –> membawa banyak data tetapi lebih mahal, susah digunakan, dan keamanan rendah

c. fiber-optic cable –> membawa informasi seperti gelombang dalam fiber glass, cepat, kapasitas besar, aman, tetapi susah digunakan

d. microwave –> kapasitas besar

e. satelite –> kapasitas sangat esar, area terjangkau luas, tetapi sangat mahal dan membutuhkan enkripsi untuk keamanan

f. radio –> cocok untuk jarak dekat

Jaringan merupakan alat komunikasi, media, dan perangkat lunak untuk menyambungkan 2 atau lebih sistem komputer. Lingkungannya terdiri dari LAN (Local Area Network) da WAN (Wireless Area Network). LAN merupakan jaringan yang mempunyai cakupan yang sempit seperti rumah atau di perkantoran. Sedangkan WAN mempunyai cakupan wilayah yang lebih luas seperti di seluruh dunia.Dalam penggunaannya di area bisnis, jaringan akan diimplementasikan ke dalam bentuk topologi jaringan agar mudah diakses. Jaringan mempunyai topologi berupa client / server processing dan peer to peer processing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php