Flowr Blog

Review Week 1

Posted: September 13th 2012

IT dalam Lingkungan Bisnis

Sekarang ini IT (Information Technology) berkembang semakin luas. Tidak hanya di dalam bidang IT itu sendiri tetapi juga menjajah bidang lainnya seperti komunikasi, bangunan, bisnis, dll. Dalam pembahasan ini membahas IT dalam kaitannya dengan bidang bisnis yang sekarang ini sangat meluas peranannya dalam mengembangkan bisnis. Beberapa tekanan bisnis mengharuskan IT menjadi jalan keluar satu-satunya dari beberapa permasalahan bisnis. Permasalahan tersebut semakin bermacam-macam seperti kompetisi global bisnis pertukaran, operasi yang real time, informasi yang terlalu banyak, berorientasi terhadap pelanggan. Dalam melakukan bisnis yang menggunakan IT, dilakukan sederetan rangkaian agar dapat menjalankannya. Strategi IT menjadi dasar untuk menjalankan Strategi IS (Information System) yang kemudian keduanya akan menggerakkan Strategi Bisnis yang diharapkan. Untuk itu, perlu adanya pengetahuan tentang IT terlebih dahulu.

IT menurut beberapa ahli adalah suatu komponen yang berbasis system informasi (Turban & Rainer, 2003).  Sedangkan IS sendiri adalah sebuah system yang mengumpulkan, memprses, menyimpan, dan menganalisa data dan menyebarluaskan informasi untuk manfaat yang spesifik (Turban & Rainer, 2003). Dari pengertian di atas dapat dilihat jelas bahwa hubungan IT dan IS sangat erat dan keduanya diperlukan untuk membangun strategi bisnis yang membutuhkan IT sebagai solusi dari permasalahannya.

IT sangat erat kaitannya dengan Personal Computer. Untuk itu, pengenalan komponen komputer sangatlah penting bagi orang awam. Komponen komputer terbagi menjadi 2 bagian besar yaitu :

1. Hardware : perangkat keras dari komputer

a. Input

Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi

b. Sistem unit

Sekumpulan komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data

c. Output

Perangkat keras yang dapat menampilkan informasi kepada pengguna

d. Penyimpanan / storage

Perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi

e. Komunikasi / network

Sekumpulan computer dan perangkat komunikasi yang terhubung bersamaan

2. Software : sekumpulan instruksi yang member perintah kepada computer

a. Sistem software

b. Aplikasi software

Pada dasarnya, pengetahuan tentang IT dan komponen-komponen sangat membantu orang yang bergerak dalam bidang bisnis untuk lebih menggerakkan bisnisnya agar bisnis yang berjalan lebih efektif. IT dapat menjadi satu-satunya solusi dalam permasalahn bisnis sekarang ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php